Pelatihan Dzikir untuk Menurunkan Stres Akademik Siswa
Abstract
Tingginya standar akademik yang diharapkan sekolah dan orangtua, banyaknya tugas serta ujian membuat siswa mengalami stres akademik. Ketidakmampuan siswa mengelola stres akademik menimbulkan dampak negatif pada fisik dan prestasi akademiknya. Dzikir merupakan salah satu bentuk ibadah dalam Islam yang digunakan dalam mengelola stres. Penelitian ini bertujuan meneliti pengaruh pelatihan dzikir terhadap penurunan stres akademik siswa. Subyek penelitian berjumlah 58 siswa berusia 12 hingga 15 tahun di kelas 7 dan 8 SMPN 2 Sine. Terdapat 27 siswa pada kelompok eksperimen, yaitu 13 laki-laki dan 14 perempuan. Sedangkan kelompok kontrol berjumlah 27 siswa, 11 laki-laki dan 16 perempuan. Pengukuran stres akademik menggunakan skala stres akademik. Rancangan penelitian ini adalah kuasi-eksperimen dengan desain pre-post control group design. Analisis data menggunakan tekhnik uji beda non parametrik mann-withney dengan melihat gained score, pre-test dan post-test. Uji Mann whitney gained Score Test Pre-test dan post-test kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukkan tidak adanya perbedaan stres akademik, dengan nilai Z= -1,222, p=0,111 (P>0.50). Berdasarkan hasil analisa dapat disimpulkan bahwa pelatihan dzikir tidak berpengaruh secara signifikan pada penurunan stres akademik siswa.
References
Ali, M. S., Ismail, M. S., Jusoh, W. H. W., Hadzrullathfi, S., Omar, S., & Razak, R. A. (2018). Healing Stress Through Surah Al- Fatihah: An Alternative. 9(8), 6.
Amir, F., Mastutik, G., Taat Putra, S., & Hasinuddin, M. (2018). Dhikr (Recitation) And Relaxation Improve Stress Perception And Reduce Blood Cortisol Level In Type 2 Diabetes Mellitus Patients With Oad. Folia Medica Indonesiana, 54. Https://Doi.Org/10.20473/Fmi.V54i4.10707
Azwar, S. (2010). Sikap Manusia Teori Dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fischer, F. M., Radosevic-Vidacek, B., Koscec, A., Teixeira, L. R., Moreno, C. R. C., & Lowden, A. (2008). Internal And External Time Conflicts In Adolescents: Sleep Characteristics And Interventions. Mind, Brain, And Education, 2(1), 17–23. Https://Doi.Org/10.1111/J.1751-228x.2008.00024.X
Hamid, A., Anwar, Z., & Fasikhah, S. S. (2012). Metode Dzikir Untuk Mengurangi Stres Pada Wanita Single Parent. 10.
Kamil, M. (2012). Model Pendidikan Dan Pelatihan (Konsep Dan Aplikasi). Bandung: Alfabeta.
Lal, K. (2014). Academic Stress Among Adolescent In Relation To Intelligence And Demographic Factors. American International Journal Of Research In Humanities, Arts And Social Sciences, 5, 123–129.
Liem, A., Budiman Onggowijoyo, R., Santoso, E., Kurniastuti, I., & Yuniarti, K. (2013, Agustus 21). Exploring Stressful Live Events On Indonesian Adolescents. Dipresentasikan Pada Proceedings Of The 10th Asian Association Of Social Psychology Biennial Conference.
Nist-Olejnik, S., & Holschuh, J. (2016). College Rules! How To Study, Survive, And Succeed In College (Fourth Edition). Berkeley: Ten Speed Press.
Pascoe, M. C., Hetrick, S. E., & Parker, A. G. (2019). The Impact Of Stress On Students In Secondary School And Higher Education. International Journal Of Adolescence And Youth, 1–9. Https://Doi.Org/10.1080/02673843.2019.1596823
Subandi, M. A. (2009). Psikologi Dzikir: Studi Fenomenologi Pengalaman Transfomasi Religius. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sucinindyasputeri, R., Mandala, C. I., Zaqiyatuddinni, A., & Adityas, A. M. (2017). Pengaruh Terapi Zikir Terhadap Penurunan Stres Pada Mahasiswa Magister Profesi Psikologi. 8(1), 30–41.
Wahyu Rochdiat, M., Hestu, E., & Lestiawati, E. (2019). Dhikr As Nursing Intervention To Reduce Stress In Health Science Students. 4(1), 1–8.
Wahyuni, S., Anis, Soejoenoes, A., Putra, S. T., & Syukur, M. A. (2018). Spiritual Dhikr Reduces Stress And Depression Symptom On Primigravidas. Pakistan Journal Of Medical And Health Sciences, 12, 1368–1371.
Wulandari, I., & Huriyaty, A. (2015). Anxiety’s Level Of Bantenes Patient’s: The Effect Of Dhikr Therapy Before Surgical Procedure. International Journal Of Research In Medical Sciences, 3, 36–40.
Yan, Y.-W., Rongmao, L., Su, Y.-K., & Liu, M.-Y. (2018). The Relationship Between Adolescent Academic Stress And Sleep Quality: A Multiple Mediation Model. Social Behavior And Personality: An International Journal, 46, 63–77. Https://Doi.Org/10.2224/Sbp.6530
Yuwono, S. (2010). Mengelola Stres Dalam Perspektif Islam Dan Psikologi. Psycho Idea, 8(2), 14–26.
1. Copyright of all journal manuscripts is held by the Psychopolytan : Jurnal Psikologi
2. Formal legal provisions to access digital articles of electronic journal are subject to the provision of the Creative Commons Attribution-ShareAlike license (CC BY-NC-SA), which means that Psychopolytan : Jurnal Psikologi is rightful to keep, transfer media/format, manage in the form of databases, maintain, and publish articles.
3. Published manuscripts both printed and electronic are open access for educational, research, and library purposes. Additionally, the editorial board is not responsible for any violations of copyright law.
licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.