MANAJEMEN PRODUKSI PROGRAM AFTERNOON SHOW DALAM MENGGUNAKAN SIARAN STREAMING DI RADIO ADITYA FM PEKANBARU
Abstract
Manajemen pada siaran radio sangat di perlukan dalam menentukan keberhasilan sebuah stasiun siaran saat melakukan siaran. Perkembangan radio siaran saat ini telah memanfaatkan internet sebagai salah satu media penyiaran melalui siaran streaming, yang bertujuan untuk memudahkan para pendengar yang berada di luar jangkauan siaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses manajemen produksi pada program di radio Aditya FM Pekanbaru dalam menggunakan siaran streaming. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif, dalam metode ini peneliti berfikir secara induktif yang mana peneliti menangkap berbagai fakta dan fenomena sosial melalui pengamatan langsung dilapangan, yang kemudian dianalisis berdasarkan apa yang diamati. Teknik pemgumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan pada penelitian ini berjumlah 4 orang yaitu station manager, koordinator siaran, produser dan tim produksi. Hasil dari penelitian ini adalah radio Aditya 87,6 FM telah mampu menjalankan proses manajemen produksi dengan menggunakan strategi manajemen planning, organizing, actuating, dan controlling. Proses planning yang diterapkan oleh radio Aditya FM yaitu melakukan meeting antara produser dan penyiar untuk menentukan tema siaran, yang telah diatur berdasarkan ketentuan yang telah diterapkan. Proses organizing pada radio Aditya FM yaitu membentuk team khusus yang bertangguang jawab terhadap program-program siaran dan menjalin komunikasi yang baik antar tim tersebut, membagi dan mengarahkan tugas kepada para staff sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang diterapkan oleh radio Aditya FM. Proses actuating diterapkan oleh pihak produksi itu sendiri dengan arahan pihak produser. Proses controlling dilakukan dengan cara berinteraksi secara langsung dengan para pendengar melalui WA maupun IG resmi Aditya, apakah siaran tersebut sudah sesuai dengan apa yang telah diharapkan dan ditetapkan sebelumnya.
1. Copyright of all journal manuscripts is held by the Communiverse : Jurnal Ilmu Komunikasi
2. Formal legal provisions to access digital articles of electronic journal are subject to the provision of the Creative Commons Attribution-ShareAlike license (CC BY-NC-SA), which means that Communiverse : Jurnal Ilmu Komunikasi is rightful to keep, transfer media/format, manage in the form of databases, maintain, and publish articles.
3. Published manuscripts both printed and electronic are open access for educational, research, and library purposes. Additionally, the editorial board is not responsible for any violations of copyright law.
licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.