Pengaruh Label Halal Pada Produk Kosmetik Terhadap Keputusan Membeli
Abstract
Abstrak : Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya upaya produsen untuk membujuk konsumennya dalam pemilihan produk yang sesuai dengan kebutuhannya yaitu dengan mencari informasi yang terdapat pada atribut produk. Atribut produk menjadi unsur yang dipandang penting oleh konsumen dan dijadikan dasar dalam pengambilan keputusan membeli. Atribut yang dimaksud salah satunya adalah label halal yang memudahkan konsumen untuk mengidentifikasi dan memperoleh informasi yang benar, jelas dan lengkap mengenai kuantitas, isi (bahan halal atau haram) dan kualitas maupun hal-hal lain yang diperlukan mengenai produk yang beredar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh komunikasi label halal pada produk kosmetik Wardah terhadap keputusan membeli konsumen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh komunikasi label halal pada produk kosmetik Wardah terhadap keputusan membeli konsumen. Kerangka teori dalam penelitian ini adalah komunikasi yang terdiri dari pengirim pesan, penerima pesan, medium atau saluran pesan, pesan, umpan balik (feedback), label halal yang terdiri dari gambar , tulisan, kombinasi gambar dan tulisan, menempel pada kemasan dan keputusan membeli yang terdiri dari mengenali kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan membeli, perilaku pasca pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif dengan metode penelitian kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang menggunakan kosmetik Wardah dengan sampel sebanyak 100 orang. Teknik pengambilan sampel dengan cara purposive sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data adalah melakukan penyebaran angket dan dokumentasi. Untuk menganalisis data digunakan analisis regresi linier sederhana di mana proses perhitungannya menggunakan SPSS for Windows versi 22.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh Komunikasi Label Halal (X) terhadap keputusan pembelian (Y) memiliki nilai sebesar 20,534 dan nilai ttabel sebesar 1,990 dengan tingkat signifikan sebesar 0,05 maka terlihat bahwa : thitung> ttabel atau 20,534 > 1,990. Hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga dapat dikatakan terdapat pengaruh signifikan antara komunikasi label halal terhadap keputusan konsumen.
1. Copyright of all journal manuscripts is held by the Communiverse : Jurnal Ilmu Komunikasi
2. Formal legal provisions to access digital articles of electronic journal are subject to the provision of the Creative Commons Attribution-ShareAlike license (CC BY-NC-SA), which means that Communiverse : Jurnal Ilmu Komunikasi is rightful to keep, transfer media/format, manage in the form of databases, maintain, and publish articles.
3. Published manuscripts both printed and electronic are open access for educational, research, and library purposes. Additionally, the editorial board is not responsible for any violations of copyright law.
licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.