EFEKTIVITAS PROGRAM POLICE GOES TO SCHOOL DALAM MENINGKATKAN KESADARAN BERLALU LINTAS PADA PELAJAR DI KABUPATEN SIDOARJO
DOI:
https://doi.org/10.36341/jdp.v8i01.5416Keywords:
EFEKTIVITAS, LALU LINTAS, PELAJAR, POLICE GOES TO SCHOOLAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa efektivitas program Police Goes to School dalam meningkatkan kesadaran berlalu lintas pada pelajar di Kabupaten Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian dianalisa menggunakan teori efektivitas Kreitner dan Kinicki dengan hasil penelitian menunjukkan pencapaian tujuan dapat dinyatakan efektif dengan pendekatan waktu dan sasaran yang tepat. Terdapat akuisisi sumber daya dapat dinyatakan efektif sesuai dengan terpenuhinya unsur sumber daya manusia, sumber daya modal dan sumber daya peralatan. Proses Internal dapat dinyatakan cukup efektif dilihat dari pendekatan komunikasi yang dilaksanakan dengan baik, namun perlu adanya peningkatan komitmen dari pelaksana. Kepuasan Konstituensi Strategis dapat dinyatakan efektif, hal ini sesuai dengan hasil penurunan angka pelanggaran lalu lintas pada pelajar dan respon positif dari pihak yang terlibat.
Downloads
References
Amri, Restumy, Desna Aromatica, and Roni Ekha Putera. 2020. “Efektivitas Pelaksanaan Program Peningkatan Keselamatan Lalu Lintas Oleh Dinas Perhubungan Kota Padang.” Jurnal Administrasi Publik dan Pembangunan 2(1):
doi:10.20527/jpp.v2i1.2769.
Fransiska, Yola. 2017. “EFEKTIVITAS PROGRAM KERJA UNIT PENDIDIKAN MASYARAKAT DAN REKAYASA (DIKYASA) SATLANTAS POLRESTA PEKANBARU TAHUN 2015.” Jom Fisip 4(1): 1–15.
Indonesia, Pemerintah Republik. 2009. Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan. Indoenesia: BPK RI.
Kreitner, Robert, and Angelo Kinicki. 2014. Organizational Behavior. 9th ed. ed.
Dedy Halim. Jakarta: Salemba empat.
Maulana, Derry, and Arif Nugroho. 2019. CV. AA Rizky Kebijakan Publik (Cara Mudah Memahami Kebijakan Publik). 1st ed. ed. Khaeruman. Serang.
Pasolong, Harbani. 2008. Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.
Polri, Lemdiklat. 2019. Buku Fungsi Teknis Lalu Lintas. eds. S.M. Handayani, Noffan Widyayoko, Henny Wuryandari, and Yusdan Ibnuza Mahany. Jakarta: Bagian Kurikulum Bahan Ajar Pendidikan dan Pembentukan Biro Kurikulum Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri.
Ramadhan, Naufal Rizki (Akademi Kepolisian Republik Indonesia). 2017. “Optimalisasi Police Goes To School Dalam Menekan Angka Kecelakaan Lalu Lintas Yang Melibatkan Pelajar Di Polres Purworejo.” Advances in Police
Science Research Journal 1(March): 813–76.
Rohman, Fathur. 2017. “Optimalisasi Unit Dikyasa Dalam Mengatasi Kemacetan Arus Lalu Lintas Melalui Dikmas Lantas Di Polres Magelang.” Advances in Police Science Research Journal 1(4).
Siyoto, Sandu, and Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. 1st ed. ed. Ayup.
Yogyakarta: literasi media.
Syamsuadi, Amir. 2023. “PERAN LINTAS SEKTOR DALAM KONVERGENSI PERCEPATAN PENURUNAN STUNTING DI KABUPATEN ROKAN HULU.” 6(1): 1–30.
Trisnawati, Liza, Amir Syamsuadi, Seri Hartati, and Intan Reskiyanti. 2021. “Koordinasi Pemerintah Dan Swasta Dalam Program Corporate Social Responsibility (CSR) School Improvement Di Kabupaten Pelalawan.” Journal of Governance and Local Politics (JGLP) 3(2): 115–23.
Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.
Petunjuk Pelaksanaan Kapolri No. Pol: Juklak/V/05/2003 Tentang Pendidikan Masyarakat Bidang Lalu Lintas.
Downloads
Published
Issue
Section
License
1. Copyright of all journal manuscripts is held by the JDP (Jurnal Dinamika Pemerintahan)
2. Formal legal provisions to access digital articles of electronic journal are subject to the provision of the Creative Commons Attribution-ShareAlike license (CC BY-NC-SA), which means that JDP (Jurnal Dinamika Pemerintahan) is rightful to keep, transfer media/format, manage in the form of databases, maintain, and publish articles.
3. Published manuscripts both printed and electronic are open access for educational, research, and library purposes. Additionally, the editorial board is not responsible for any violations of copyright law.
licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.