PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MELALUI DIKLAT DARING MASIF DAN TERBUKA (DIDAMBA) PADA MATA DIKLAT ENGLISH FOR TEACHING SCIENCE YANG DISELENGGARAKAN OLEH PPPPTK IPA

  • Lili Indarti Universitas Pendidikan Indonesia
  • Diding Nurdin Universitas Pendidikan Indonesia

Abstrak

Peningkatan kualitas guru mutlak diperlukan untuk mewujudkan pembelajaran berkualitas agar dapat bersanding dan bersaing dengan bangsa lain. PPPPTK IPA sebagai unit pelaksana teknis Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melaksanakan program peningkatan kompetensi guru melalui diklat daring. Diklat daring ini merupakan alternatif solusi bagi guru untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme tanpa dibatasi oleh keterbatasan dana dan waktu. Diklat daring yang ditawarkan kepada guru bersifat terbuka. DIDAMBA bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Pendidik dan Tenaga Kependididkan (PTK) Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dalam melaksanakan tugasnya melalui peningkatan kompetensi serta memiliki performa sebagai pendidik dan pemimpin bagi peserta didik dan warga sekolah. Sebuah penelitian dilakukan untuk mengetahui efektivitas pelatihan terhadap peningkatan kompetensi para peserta pelatihan ini. Target sample diambil dari DIDAMBA Angkatan 15 dan 16 Kelas English for Teaching Science dengan masing-masing peserta pada setiap Angkatan 17 orang guru. Metode quasi experiment dengan desain one-group pretest-postest digunakan dalam penelitian ini. Data penelitian diambil menggunakan instrument soal tes. Efektifitas pelatihan diketahui berdasarkan nilai gain ternormalisasi. Selain itu, data diolah menggunakan t-test: Two-sample Assuming Equal Variances untuk mengetahui signifikansi peningkatan pengetahuan peserta antar Angkatan. Hasil pengolahan data menunjukan nilai gain ternormalisasi Angkatan 15 adalah 0,74 dengan kategori efektifitas tinggi dan 0,60 dengan ketegori efektifitas sedang untuk Angkatan 16. Temuan ini menghasilkan rekomendasi bahwa DIDAMBA cukup efektif dalam mendukung upaya peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan di Indonesia.  Berbagai tema kelas lainnya dapat dikembangkan dan ditawarkan kepada para pendidik dan tenaga kependidikan di Indonesia dalam mendukung upaya peningkatan kualitas Pendidikan.

Kata Kunci: diklat daring, kompetensi, efektivitas, pendidik, tenaga kependidikan

Referensi

Goad, Tyler, Emily Jones, "Training Online Physical Educators: A Phenomenological Case Study", Education Research International, vol. 2017, Article 3757489, 12 pages, https://doi.org/10.1155/2017/3757489. (2017).

Huaying Zhang, "Recommendation Method of Online Teaching Resources in Colleges and Universities Considering Different User Preference Factors", Wireless Communications and Mobile Computing, vol. 2022, Article ID 7276495, 9 pages, https://doi.org/10.1155/2022/7276495. (2022).

Peng, Danhua. Zonggen Yu. A Literature Review of Digital Literacy Over Two Decades. Hindawi Education Research International. Volume 2022, Article ID 2533413, 8 pages https://doi.org/10.1155/2022/2533413. (2022)

Ellitan, Lena, “Competing in the Era of Industrial Revolution 4.0 and Society 5.0” Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneuship Vol. 10 No. 01. P. 1-12. (2020)

Svetlana Tishkovskaya & Gillian A. Statistical Education in the 21st Century: A Review of Challenges, Teaching Innovations and Strategies for Reform, Journal of Statistics Education, 20:2, DOI: 10.1080/10691898.2012.11889641. Lancaster. (2017).

Josselin, JM., Le Maux, B. Quasi-experiments. In: Statistical Tools for Program Evaluation. Springer, Cham. https://doi.org/10.1007/978-3-319-52827-4_14. (2017).

Andrew J Rotherham and Daniel Willingham, “Skills: The Challenges Ahead,” Education Leadership. Northcentral University. (2009).

Diterbitkan
2022-10-31
Bagian
Articles
PDF
Abstrak views: 152
downloads: 123