PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS IT UNTUK SISWA SD MUHAMMADIYAH TAMANTIRTO

  • Yessi Jusman Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Halim Purnomo Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Masayu Alya Nur'aini Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Abstract

Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah Tamantirto Bantul merupakan salah satu lembaga pendidikan sekolah dasar dibawah naungan yayasan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kasihan. Kendala yang sering dihadapi di SD tersebut adalah kurangnya motivasi belajar siswa saat pembelajaran tatap muka. Pengabdian ini mengusulkan solusi berupa pelatihan pembuatan video bahan ajar menggunakan Microft Power Point dan Youtube. Pemilihan Microsoft Power Point sebagai aplikasi penunjang pembuatan video karena interface aplikasi ini dirasa sudah lebih familiar terutama dikalangan guru namun penggunaanya masih belum maksimal. Pada pelatihan ini guru dikenalkan dengan tools record slide show untuk membuat video dari slide presentasi yang telah disiapkan. Dari pelatihan ini para guru mendapatkan keterampilan baru yang diharapkan dapat menumbuhkan dan memotivasi para guru untuk saling berkolaborasi memberikan inovasi baru dalam membuat sebuah media pembelajaran yang efektif bagi siswa.

Keywords: Sekolah Dasar; Karakter Religius; Psikologi Islam; Teknologi digital; Media Pembelajaran

References

Yusrizal, Y., I. Safiah, and N. Nurhaidah, Kompetensi Guru dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (Tik) di SD Negeri 16 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2017. 2(2).

Khayroiyah, S. and A.S. Nasution, Penggunaan TIK Dan Internet Sebagai Media Belajar Untuk Meningkatkan Kinerja Guru. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2018. 3(1).

Husain, C., Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tarakan. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 2014. 2(2).

Sri S. Dewantik H, A.M., Edi Waluyo, Penerapan Pembelajaran Berbasis Komputer Sebagai Dasar Pengenalan Teknologi Informasi Pada Guru Taman Kanak-Kanak Di Kota Semarang. Jurnal Abdimas, 2010. 14(2).

Indra, Z., N. Zamin, and J. Jaafar. A clustering technique using single pass clustering algorithm for search engine. in 2014 4th World Congress on Information and Communication Technologies (WICT 2014). 2014.

Purnomo, H., Implementasi Reward Dan Punishment Untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Agama Dan Perubahan Perilaku Siswadi Sd Muhammadiyah 3 Kota Cirebon. FKIP e-PROCEEDING, 2016: p. 46-51.

Anisah, A.S., Pola asuh orang tua dan implikasinya terhadap pembentukan karakter anak. Jurnal Pendidikan UNIGA, 2017. 5(1): p. 70-84.

Lidyasari, A.T., Pola Asuh Otoritatif Sebagai Sarana Pembentukan Karakter Anak Dalam Setting Keluarga. Tersedia di Http://staff. new. uny. ac. id> upload> penelitian. [diakses pada 2 Desember 2017], 2013.

Safitri, Y. and E. Hidayati, Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Tingkat Depresi Remaja di SMK 10 November Semarang. Jurnal Keperawatan Jiwa, 2013. 1(1).

Published
2023-02-27
How to Cite
Jusman, Y., Purnomo, H., & Nur’aini, M. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS IT UNTUK SISWA SD MUHAMMADIYAH TAMANTIRTO. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 6(2), 127-135. https://doi.org/10.36341/jpm.v6i2.3114
Section
Articles
PDF (Bahasa Indonesia)
Abstract views: 240
downloads: 179