PENINGKATAN MANAJEMEN KEUANGAN DAN PEMASARAN PADA UKM UBI JALAR BERBASIS WEB

  • Aviv Yuniar Rahman Universitas Widyagama Malang
  • Chauliah Fatma Putri Universitas Widyagama Malang
  • Adya Hermawati Universitas Widyagama Malang

Abstrak

Usaha Kecil menengah di Indonesia masih banyak yang harus di tingkatkan untuk memudahkan sebuah pekerjaan dalam setiap bidangnya. Salah satunya yaitu pada bidang manajemen keuangan dan pemasaran. Kali ini, banyak UKM di Indonesia masih banyak menggunakan sistem pemasaran dan keuangan yang bersifat manual. Sistem ini dikatakan manual, karena masih menggunakan cara-cara tradisional seperti menghitung keuangan manual, proses pemasaran yang harus menggunakan sistem face to face. Dalam hal ini tim pengabdi menguraikan permasalahan tersebut untuk meningkatkan sistem pemasaran dan keuangan pada UKM Ubi Jalar. Karena banyak di tempat tersebut masih menggunakan sistem manual yang nantinya akan di ganti menjadi sistem berbasis website. Hasil dalam konsep manajemen keuangan mitra sebelumnya benar 75% telah meningkat sebanyak 90%. Kemudian dari yang salah pada konsep manajemen keuangan dari yang sebelumnya 25% menjadi 10%. Hal ini terjadi peningkatan pada pengetahuan mitra tentang konsep manajemen keuangan. Selanjutnya yaitu tujuan manajemen, sebelumnya mitra bisa menjawab benar dengan tingkat 70% menjadi 100%. Kemudian mitra menjawab salah dari yang sebelumnya 30% terjadi penurunan menjadi 0%. Peningkatan mitra pada pengetahuan tujuan manajemen keuangan ini terbilang sangat tinggi karena telah mencapai 100%. Hasil dalam pentingnya manajemen pemasaran dari sebelumnya mitra menjawab benar 85% menjadi benar 100%. Kemudian dari hasil yang salah sebelumnya `15% menjadi salah 0%. Hal ini terjadi peningkatan, karena mitra mengetahui pentingnya manajemen pemasaran. Kemudian dalam menentukan target pasar, sebelumnya mitra menjawab benar sebesar 70%, menjadi 100%. Dan hasil salah sebelumnya 30% menjadi 0%. Peningkatan dalam menentukan target pasar ini meningkat dalam pengetahuan mitra UKM Ubi Jalar.

Kata Kunci: Ubi Jalar, Manajemen, Aplikasi kas, Pemasaran

Referensi

B. M. Wibawa et al., “Model Pelatihan dan Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis Cloud Bagi Pelaku UMKM,” Sewagati, vol. 3, no. 3, pp. 51–56, 2019, doi: 10.12962/j26139960.v3i3.5962.

R. N. Haryadi, Anda Rojali, Khumidin, and M. Fauzan, “Sosialisasi Penggunaan Online Shop berbasis Website di UMKM Cimanggis,” J. Pengabdi. Bina Mandiri, vol. 1, no. 1, pp. 10–16, 2021, doi: 10.51805/jpmm.v1i1.3.

A. Y. Rahman, F. W. Setiawan, and A. L. Hananto, “Pemasaran Pakan Cacing Berbahan Sampah Organik Menggunakan Fanspage Di Kecamatan Sukun Kota Malang,” JOINTECS (Journal Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 4, no. 3, p. 111, 2019, doi: 10.31328/jointecs.v4i3.1193.

A. Y. Rahman, F. W. Setiawan, and A. L. Hananto, “Pemberdayaan kepada Kelompok Pengolah Sampah Organik sebagai Pakan Cacing di Kecamatan Sukun Kota Malang,” J. Abdimas Mahakam, vol. 4, no. 1, pp. 44–53, 2020, doi: 10.24903/jam.v4i1.753.

A. Y. Rahman, F. W. Setiawan, A. L. Hananto, and F. Nurdiansyah, “Pelatihan Desain Kemasan Produk Untuk UKM Produk Herbal Dan Organik,” … Innov. …, no. Ciastech, pp. 1185–1190, 2020, [Online]. Available: http://publishing-widyagama.ac.id/ejournal-v2/index.php/ciastech/article/view/2026%0Ahttp://publishing-widyagama.ac.id/ejournal-v2/index.php/ciastech/article/viewFile/2026/1428

Y. I. Syifa, M. K. Wardani, S. D. Rakhmawati, and F. E. Dianastiti, “Pelatihan UMKM Melalui Digital Marketing untuk Membantu Pemasaran Produk Pada Masa Covid-19,” ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdi. Kpd. Masyarakat), vol. 2, no. 1, pp. 6–13, 2021.

A. J. Prasetya, Y. T. Laksono, and W. Hidayat, “Pengabdian Kepada Masyarakat (Pkm) Pengembangan Marketing Website Dan Desain Kemasan Pada Ukm Bumi Cipta Sejahtera Surabaya,” JPM17 J. Pengabdi. Masy., vol. 5, no. 01, pp. 92–98, 2020, doi: 10.30996/jpm17.v5i01.3254.

A. Yulianto, R. Setiadi, and A. Premana, “Pelatihan Pemasaran Produk UMKM ‘Remojong’ Berbasis Internet Di Kabupaten Brebes,” J. BUDIMAS, vol. 04, no. 02, pp. 2–5, 2022.

A. Y. Rahman, B. Setyawan, F. W. Setiawan, and A. L. Hananto, “Model Supply Chain Management (SCM) Pada Pupuk Organik Berbahan Cacing,” JOINTECS (Journal Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 5, no. 1, p. 33, 2020, doi: 10.31328/jointecs.v5i1.1198.

N. Alinsari, “Peningkatan Literasi Keuangan pada UMKM melalui Pelatihan dan Pendampingan Pembukuan Sederhana,” Magistrorum Sch. J. Pengabdi. Masy., vol. 1, no. 2, pp. 256–268, 2021, doi: 10.24246/jms.v1i22020p256-268.

T. Sugiharto, A. J. Jaelani, and ..., “Pengenalan Dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Berbasis Web Bagi Masyarakat Desa Cibinuang, Kuningan Provinsi Jawa Barat,” Empower. J. …, vol. 04, pp. 104–110, 2021, [Online]. Available: https://journal.uniku.ac.id/index.php/empowerment/article/view/4002

Y. Jusman, F. E. Prianto, F. F. Bachtiar, I. M. Putri, and P. Thelima, “Pendampingan Dan Pemanfaatan Media Marketplace Dan Pembukuan Keuangan Secara Online,” vol. 6, no. 1, pp. 1–7, 2022.

A. Y. Rahman et al., “Pembuatan Fanspage Untuk Pemasaran Pupuk,” Conf. Innov. Appl. Sci. Technol., no. Ciastech, pp. 143–150, 2019.

T. Kristanto, D. Rahmawati, A. E. Wahyuni, M. Nasrullah, R. A. Fadillah, and A. Amalia, “Pelatihan dan Pendampingan Pemasaran Online Produk Nasi Tiwul di Masa Pandemi Covid-19,” JMM (Jurnal Masy Mandiri), vol. 5, no. 4, pp. 1–5, 2021, doi: 10.31764/jmm.v5i4.4901.

L. Cempaka and N. Asiah, “Sharing Session Manajemen Keuangan Bisnis Dan Pengelolaan Pangan Yang Baik Di Masa Pandemi,” J. Pengabdi. Masy. Multidisiplin, vol. 5, no. 3, pp. 102–110, 2022, doi: 10.36341/jpm.v5i3.2340.

P. Irfan, K. Kartarina, and C. Satria, “Sistem Informasi Pemasaran Produk Desa Berbasis Web,” Ilk. J. Ilm., vol. 11, no. 3, pp. 214–221, 2019, doi: 10.33096/ilkom.v11i3.471.214-221.

Diterbitkan
2023-07-01
Bagian
Articles
PDF
Abstrak views: 190
downloads: 98