PEMANFAATAN POJOK LITERASI NUMERASI DI PANTI ASUHAN AISYIAH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PENGETAHUAN MATEMATIKA SANTRI

  • Meria Ultra Gusteti Universitas Adzkia
  • Suci Wulandari Universitas Adzkia
  • Sri Novia Martin
  • Widdya Rahmalina
  • Khairul Azmi
  • Asrina Mulyati
  • Siti Nur Hikmah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar serta pengetahuan matematika santri di Panti Asuhan Aisyiah melalui kegiatan pembuatan Pojok Literasi Numerasi. Metode yang digunakan adalah demonstrasi dan diskusi kelompok. Ruangan belajar santri di panti dirubah menjadi sebuah pojok literasi numerasi yang didekorasi dengan media pembelajaran matematika. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 3 Juni 2022 dan melibatkan santri dan pembina di Panti Asuhan Aisyiah sebagai sasaran. Setelah melaksanakan kegiatan, angket yang disebar menunjukkan tingkat kepuasan santri yang tinggi dengan skor rata-rata sebesar 4,15. Selain itu, santri dan pembina juga menunjukkan antusiasme yang tinggi terhadap kedatangan tim dan meminta adanya bimbingan lebih lanjut untuk meningkatkan semangat belajar matematika. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan pembuatan Pojok Literasi Numerasi efektif dalam meningkatkan motivasi belajar serta pengetahuan matematika santri di Panti Asuhan Aisyiah. Rekomendasi dari pengabdian ini adalah untuk melanjutkan bimbingan lanjutan guna semakin mendorong semangat dan keterampilan belajar matematika santri di Panti Asuhan Aisyiah

Kata Kunci: Numeracy Literacy Corner

Referensi

Nudiati, D. & Elih, S. (2020). Literasi Sebagai Kecakapan Hidup Abad 21 Pada Mahasiswa. Indonesia Journal of Learning Education and Counseling, 3(1), 34-40.

. Gerakan Literasi Nasional. 2017. Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

. Direktorat Sekolah Dasar. (2021). Modul Literasi Numerasi di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jenderal Paud, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah-Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

. Sunuyeko, N., Argarini, D. F., Patricia, F. A., & Wafa, M. A. (2022). Pemanfaatan Pojok Literasi Sekolah dalam Gerakan Literasi Sekolah Dasar Negeri 3 Bandungrejo. ABDIKAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains dan Teknologi, 1(2), 160-164.

. Kemendikbud, B. (2019). Pendidikan di Indonesia belajar dari hasil PISA 2018. Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang KEMENDIKBUD, 021, 1–206. http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/16742.

. Dirjen Paud Dikdas dan Dikmen Kemendikbud. (2021). Panduan Penguatan Literasi Dan Numerasi Di Sekolah. In Repostori Kemendikbud. https://lpmpjatim.kemdikbud.go.id/jelita/panduan-penguatan-literasi-dan-numerasi-di-sekolah/

. International Association for the Evaluation of Educational Achievement. (2015). International Mathematics Achievement. Timss 2015, 2015. http://timssandpirls.bc.edu/timss2015/international-results/timss-2015/mathematics/student-achievement/

. Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(9), 1–58.

. Ratnasari, E. M. (2020). Outdoor Learning terhadap Literasi Numerasi Anak Usia Dini.

. Sari, S. P., Natuna, D. A., & Riau, U. (2022). Jurnal PAJAR ( Pendidikan dan Pengajaran ) Volume 6 Nomor 1 Januari 2022 | ISSN Cetak : 2580 - 8435 | ISSN Online : 2614 - 1337 Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Literasi Numerasi Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Matematika Sekolah Menengah Pertama ( Sm. 6(2021), 290–297.

. Patta, R., & Muin, A. (2021). JIKAP PGSD : Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan Kemampuan Literasi Numerasi Ditinjau Dari Gaya Kognitif. 212–217.

. Lessy, D. (2022). MATAPPA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Pembekalan Literasi Numerasi Bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah. April, 26–33. https://doi.org/10.31100/matappa.v5i1.1745

. Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi numerasi siswa dalam pemecahan masalah tidak terstruktur. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69-88.

. Gusteti, M. U., Wulandari, S., Rahmalina, W., Putri, M., & Putri, E. K. (2023). Development of Electronic Handouts Using Numerical Literacy-Based Mathemagics Methods for Learning in the Digital Era. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 7(1), 115-125.

. Meri, M. U. G., Martin, S. N., Indriani, N., Miftahurrisqi, U., & Permatasari, P. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Membuat Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Di Masa Pandemi. Panrita Abdi-Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 6(2), 277-284.

Diterbitkan
2023-07-01
Bagian
Articles
PDF
Abstrak views: 226
downloads: 204