EDUKASI PENINGKATAN KESADARAN REMAJA MENGENAI DAMPAK DARI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DI SMAN 1 SUSUT

  • Arnesia Udariani Universitas Pendidikan Nasional
  • Dewa Ayu Putu Adhiya Garini Putri Universitas Pendidikan Nasional
  • Putu Budiarnaya Universitas Pendidikan Nasional

Abstract

Saat ini di Indonesia media sosial semakin banyak digunakan, dengan persentase 75,50% dari keseluruhan total pengguna media sosial di Indonesia menjadikan kalangan remaja menempati posisi yang tinggi. Bali menjadi salah satu provinsi yang padat penduduk dan juga media sosial menjadi penghubung antara individu yang satu dengan lainnya secara lebih mudah khususnya daerah Bangli. Namun, dari sekian banyak dampak positif yang diberikan, tentu ada dampak negatifnya. Penyalahgunaan media sosial menjadikan media sosial memiliki citra yang negatif di kalangan masyarakat, seperti penerimaan informasi yang salah hingga kecanduan dalam menggunakan media sosial. Sehingga sangat diperlukan pengetahuan tambahan untuk mampu menggunakan media sosial secara baik dan bijak sesuai dengan harapan awal. Metode yang digunakan adalah dengan observasi lokasi untuk analisis masalah yang menjadi isu di masyarakat, menyiapkan kajian literatur lalu pemberian edukasi dan dilanjutkan dengan evaluasi pemahaman. Pemberian edukasi yang diwakilkan oleh siswa di SMA Negeri 1 Susut, dengan materi bijak dalam menggunakan media sosial. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat untuk memberikan kesadaran akan dampak yang diberikan oleh media sosial dan diperkuat oleh hasil evaluasi pemahaman siswa yang cukup baik setelah pemberian edukasi diharapkan siswa mampu lebih kritis dalam menerima informasi, juga mampu memberikan edukasi lebih lanjut kepada masyarakat luas khususnya di daerah Desa Sulahan

Keywords: Social Media, Teenagers, Education.

References

H. Siregar, “Analisis Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Sosialisasi Pancasila,” Pancasila J. Keindonesiaan, no. 1, pp. 71–82, 2022, doi: 10.52738/pjk.v2i1.102.

H. Gunawan and C. H. Primasari, “Pemanfaatan Media Sosial Untuk Peningkatan Komunitas,” Senadimas, pp. 267–271, 2018, [Online]. Available: http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sndms/article/view/2445%0Ahttps://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sndms/article/view/2445/2186

M. Nisfiannoor, Y. Kartika Dosen Fakultas Psikologi Universitas Tarumanagara, and J. Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Tarumanagara, “Hubungan Anatara Regulasi Emosi Dan Penerimaan Kelompok Teman Sebaya Pada Remaja,” 2004.

F. Augustinah and Widayati, “Produk-Produk Yang Ditawarkan,” J. Dialekt., vol. 4, no. 2, pp. 1–20, 2019.

A. S. Cahyono, “Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial,” Introd. to High Perform. Comput. Sci. Eng., vol. x, pp. 194–210, 2021.

D. A. Faradila, “Hubungan Konsep Diri dan Perilaku Konsumtif Online Shopping Produk Pakaian pada Mahasiswa,” pp. 1–64, 2018, [Online]. Available: https://eprints.umm.ac.id/39266/1/DISZA ALIEF FARADILA %28201310230311103%29.pdf

G. M. Warouw, “Gambaran Adiksi Media Sosial Pada Remaja,” J. Psikol., pp. 1–30, 2020, [Online]. Available: https://www.mendeley.com/catalogue/5b9db872-0514-3709-a3be-885d4ef0778f/?utm_source=desktop&utm_medium=1.19.8&utm_campaign=open_catalog&userDocumentId=%7B5c3a4bd8-e997-43d5-a369-6191a7754bb7%7D

F. I. R. Firamadhina and H. Krisnani, “PERILAKU GENERASI Z TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK: TikTok Sebagai Media Edukasi dan Aktivisme,” Share Soc. Work J., vol. 10, no. 2, p. 199, 2021, doi: 10.24198/share.v10i2.31443.

L. Somantri, “Keunggulan pulau Bali sebagai daerah tujuan wisata andalan indonesia,” pp. 1–10, 2011.

T. Hartati, “Pendampingan Remaja Desa Munjul Dalam Menggunakan Media Sosial Secara Bijak dan Bertanggungjawab,” J. PARAHITA ABDIMAS J. Pengabdi. Masy., vol. 1, no. 2, pp. 95–105, 2020.

Q. R. H. Kalingga et al., “ABDI PARAHITA : Jurnal Pengabdian Masyarakat – Universitas Quality,” vol. 1, pp. 67–75, 2022.

Y. C. Candrasari, Dyva Claretta, and Sumardjiajti, “Pengembangan Dan Pendampingan Literasi Digital UntukPeningkatan Kualitas Remaja Dalam Menggunakan Internet,” Din. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 4, pp. 611–618, 2020, doi: 10.31849/dinamisia.v4i4.4003.

I. Pratiwi, H. Hendrik, G. Atmadiredja, and B. Utama, Konsentrasi Belajar Siswa SMA dan Penggunaan Gawai. 2019.

H. Hasanah, “Teknik-Teknik Observasi,” vol. 8, no. 1, p. 21, 2017, doi: 10.21580/at.v8i1.1163.

Rustiana, “Persepsi Digital Dependent terhadap Pemanfaatan Media Sosial dan Dampak Sosial Ekonominya,” J. ILMU Komun., vol. 15, no. 1, pp. 17–32, 2018, doi: 10.24002/jik.v15i1.1325.

R. Ortega, J. Calmaestra, and J. M. Merchán, “Cyberbullying | Cyberbullying,” no. 43, pp. 22–31, 2008, [Online]. Available: http://www.scopus.com/inward/record.url?eid=2-s2.0-54349105131&partnerID=MN8TOARS

C. Juditha, “Interaksi Komunikasi Hoax di Media Sosial Serta Antisipasinya,” J. Pekommas, vol. 3, no. 1, pp. 31–34, 2018.

D. A. N. Triastuti, Endah, Dimas Adrianto, Kajian Dampak Penggunaan Media Sosial Bagi Anak Dan Remaja. 2017.

A. A. Gea, “Time Management: Menggunakan Waktu Secara Efektif dan Efisien,” Humaniora, vol. 5, no. 2, p. 777, 2014, doi: 10.21512/humaniora.v5i2.3133.

N. Shabrina, D. Darmadi, and R. Sari, “Pengaruh Motivasi dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan CV. Muslim Galeri Indonesia,” J. Madani Ilmu Pengetahuan, Teknol. dan Hum., vol. 3, no. 2, pp. 164–173, 2020, doi: 10.33753/madani.v3i2.108.

Published
2023-10-27
How to Cite
Udariani, A., Putri, D. A. P. A. G., & Budiarnaya, P. (2023). EDUKASI PENINGKATAN KESADARAN REMAJA MENGENAI DAMPAK DARI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DI SMAN 1 SUSUT. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 7(1), 1-8. https://doi.org/10.36341/jpm.v7i1.3328
Section
Articles
PDF (Bahasa Indonesia)
Abstract views: 148
downloads: 132