PELATIHAN REBRANDING DAN DIGITALISASI MARKETING BERBASIS WEBSITE PADA UMKM NYI LEHA BATIK

  • akh fawaid akh fawaid STIE Bakti Bangsa
  • Masdukil Makruf Universitas Islam Madura
  • Lutfiyanto Lutfiyanto STIE Bakti Bangsa

Abstrak

Permasalahan yang dihadapi UMKM ‘Nyi Leha Batik’ yakni masih rendahnya branding produk. Dengan produk utama batik, UMKM ‘Nyi Leha Batik’ berusaha keras untuk bersaing dengan produk yang hampir serupa di pasaran. Termasuk akses pemasaran juga, menjadi salah satu masalah yang dihadapi UMKM ‘Nyi Leha Batik.Tujuan: .Agar bisa bersaing dengan produk lainya, maka UMKM ‘Nyi Leha Batik’ harus naik kelas. Kemudahan .Metode: Metode yang digunakan yakni melaksanakan pelatihan rebranding dan  digital marketing berbasis website.Hasil: Hasil kegiatan ini diantaranya, meningkatnya pengetahuan pengelola UMKM ‘Nyi Leha Batik’ tentang rebranding dan  digital marketing berbasis website.Rekomindasi: partisipasi pemerintah maupun swasta agar usaha mikro kecil dapat terus berkembang. Lebih lanjut, adanya kemudahan akses pendanaan pun sangat dibutuhkan untuk pengembangan usaha mikro kecil

 

Kata Kunci: rebranding; digital marketing; msmeS;

Referensi

. D. Hernikawati. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kota Palembang.Majalah Ilmiah Semi Populer Komunikasi Massa Vol. 3 No. 1 Desember 2 Hal: 9 - 17 . 2022.

. V., Rifianita.,dkk. Pelatihan Branding Produk Umkm Dan Digital Branding Kerupuk Kulit “Rambakku“.Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LP UMJ Universitas Muhammadiyah Jakarta.2022.

. N.Fitri., dkk., Analisis pendapatan pengusaha industri rumah tangga batik di Kota Jambi. Jurnal Paradigma Ekonomika Vol.17. No.2, April – Juni,ISSN: 2085-1960 (print); 2684 -7868 (online) 2022.

. Y.Darmadi Pengaruh Modal, Kualitas Sumber Daya Manusia Dan Promosi Terhadap Peberdayaan Umkm (Studi Pada Umkm Di Kecamatan Rambah) Hirarki: Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis , Vol.03, No. 02, Juni 2021

. R.,Nasri.,Pemberdayaan Ukm Melalui Peran Perguruan Tinggi Guna Memperoleh Pembiayaan Syariah Proceeding Seminar Nasional Isbn: 978-979-636-147-2 Dan Call For Papers Sancall 2013 Surakarta, 23 Maret 2013

. Kotler, Philip & Armstrong Gary. 2006. Prinsipprinsip Pemasaran. Terjemahan oleh Bob Sabran. Edisi ke 13. Jilid 2. Jakarta : Erlangga

. Landa, R., 2006. Designing Brand Experiences. New York: Thomson Delmar Learning.

. Chiaravalle, & Schenk. (2007). Branding For Dummies. Canada: Wiley Publishing

. Wheeler, A. 2012. Designing Brand Identity Fourth Edition: An Essential Guide for the Whole Branding Team. Canada: John Wiley & Sons, Inc, Hoboken, New Jersey

. Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2016). Digital Marketing: Strategy, Implementation and practice (6th ed.). Pearson

. Dedi Purwana, Rahmi, Shandy Aditya. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani,“Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit”. Vol 1 No 1, (Jakarta: Universitas Negeri Jakarta: 2017)

. Tulus Tambunan. 2012. UMKM di Indonesia. Jakarta: Ghalia Indonesia.

. Aufar. (2014). Definisi UMKM menurut Kementrian Koperasi dan UMKM dalam Aufar (2014:8)

Diterbitkan
2024-02-28
Bagian
Articles
PDF
Abstrak views: 56
downloads: 34