PELATIHAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN PROMOSI DIGITAL UNTUK UMKM

  • Lalu Yayan Ardiansyah Universitas Bumigora, Mataram
  • Juliana Palit Universitas Bumigora, Mataram
  • Rahman Prasetyo Universitas Bumigora, Mataram

Abstract

Usaha kecil dan menengah semakin berkembang seiring dengan kemajuan teknologi industri dan pariwisata di Lombok. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik, kota Mataram menempati urutan pertama UMKM terbanyak di NTB dengan jumlah 22.473 per juli 2021. Permasalahan UMKM di kota Mataram masih terkendala pada permodalan, perizinan, bahan baku, pemasaran produk, pengelolaan keuangan dan inovasi. Temuan dari penelitian yang telah dilakukan oleh Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Bumigora, dari total 100 UMKM yang telah disurvey menyatakan bahwa modal menjadi kendala terbesar dari para pelaku UMKM dalam mengembangkan bisnis dengan presentase 37%, pengelolaan keuangan 30%, promosi 17%, bahan baku 15%, dan lain-lain 11%. Berdasarkan dari data observasi maka diperlukan suatu tindakan utuk mengatasi permasalahan UMKM dan membantu mengembangkan usaha dari para pelaku UMKM yang di Kota Mataram. Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Bumigora mencoba memfasilitasi para UMKM dalam menghadapi tantangan terutama yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan dan promosi dengan melakukan pelatihan untuk para pelaku UMKM. Pelatihan UMKM dikemas dalam bentuk workshop yang disertai praktik dalam membuat laporan keuangan dan melakukan promosi secara digital sebagai tindak lanjut dari pelatihan ini.

Keywords: Pengabdian Masyarakat, Pelatihan Keuangan, Promosi Digital, UMKM

References

. A. Lusardi dan O. S. Mitchelli, “Financial Literacy and Retirement Preparedness: Evidence and Implications for Financial Education,” Bus. Econ., vol. 42, no. 1, hlm. 35–44, Jan 2007, doi: 10.2145/20070104.

. Y. Afiyanti, “Focus Group Discussion (Diskusi Kelompok Terfokus) sebagai Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif,” J. Keperawatan Indones., vol. 12, no. 1, hlm. 58–62, Mar 2008, doi: 10.7454/jki.v12i1.201.

. P. A. A. Setiawan dan I. N. Suarmanayasa, “Pengaruh Literasi Keuangan dan Sikap Keuangan terhadap Pengelolaan Keuangan UMKM di Kecamatan Gerokgak pada Masa Pandemi COVID-19,” vol. 12, no. 2, 2022.

. K. Dewi, Y. P. Kristiutami, W. Fauzzia, dan R. Setiyariski, “Upaya Peningkatan Penjualan dengan Strategi Pemasaran Digital pada Usaha Kopi ‘Kopikitaku,’” J. Pengabdi. Kpd. Masy., 2022.

. N. Fajrinah, “Pengaruh Literasi Digital, Literasi Keuangan dan Inovasi Terhadap Kinerja Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah,” LP2M-Univ. Negeri Makassar, 2023.

. D. Aribawa, “Pengaruh literasi keuangan terhadap kinerja dan keberlangsungan UMKM di Jawa Tengah,” J. Siasat Bisnis, vol. 20, no. 1, hlm. 1–13, Jan 2016, doi: 10.20885/jsb.vol20.iss1.art1.

. Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

. https://www.idx.co.id/id/produk/saham

. https://ojk.go.id/id/kanal/edukasi-dan-perlindungan-konsumen/Pages/literasi-keuangan.

. https://data.ntbprov.go.id/

. Prasetyo, Adi. A. 2022. Strategi Efektif Internet Marketing. Kompas Gramedia. PT Elex Media Komputindo. Jakarta.

. Ritonga, A., Romus, M., & Nofianti, L. (2020). Analisis Tingkat Literasi Keuangan Syariah dan Dampaknya Terhadap Pendapatan Usaha Mikro di Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat.

Published
2024-04-02
How to Cite
Ardiansyah, L., Palit, J., & Prasetyo, R. (2024). PELATIHAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN PROMOSI DIGITAL UNTUK UMKM. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 7(2), 217-232. https://doi.org/10.36341/jpm.v7i2.4356
Section
Articles
PDF (Bahasa Indonesia)
Abstract views: 61
downloads: 37