PSIKOEDUKASI TENTANG ASESMEN DAN PENANGANAN ANAK AUTISME PADA TERAPIS & STAFF PLA NAIMATA

PSYCHOEDUCATION ON ASSESSMENT AND TREATMENT OF CHILDREN WITH AUTISM FOR THERAPISTS & STAFF OF PLA NAIMATA

  • Friandry Windisany Thoomaszen Institut Agama Kristen Negeri Kupang
  • Philia Ch. Octavianus Institut Agama Kristen Negeri Kupang
  • Berti Toabnani Institut Agama Kristen Negeri Kupang
  • Omri Boki Institut Agama Kristen Negeri Kupang
  • Resinta Febriyanti Tade Institut Agama Kristen Negeri Kupang

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat mengangkat tema psikoedukasi tentang asesmen dan penanganan anak Autisme karena berdasarkan analisis masalah dan kebutuhan dari para staff dan terapis PLA Naimata. Tujuannya memberikan pengetahuan dan keterampilan pada peserta agar mampu secara efisien dan optimal mengasesmen dan menangani anak Autisme dengan keunikan dan keberagamannya di Pusat Layanan Autis (PLA) Naimata. Kegiatan ini menggunakan metode Participatory Action Research (PAR) yang iterative terdiri atas tahap diagnose, lalu perencanaan aksi yang disusun berdasarkan identifikasi masalah dan kebutuhan. Penerapan aksi menggunakan metode ceramah, tanya-jawab, simulasi dan roleplay pada 14 peserta yang terdiri dari 4 terapis, 6 staff, dan 4 relawan yang bertugas di PLA Naimata. Berdasarkan metode pengukuran dan evaluasi secara kualitatif dan kuantitatif diperoleh hasil bahwa keseluruhan pelaksanaan kegiatan PKM dapat menjawab kebutuhan dari permasalahan peserta terapis dan staff non terapis di PLA Naimata, serta memberikan pemahaman terkait cara mengasesmen, dan menangani anak autis. Hasil rata-rata data kuantitatif pada sesi pertama berada pada kategori baik. Lalu mengalami kenaikan rata-rata jawaban pada sesi kedua dan ketiga yaitu pada kategori sangat baik. Data secara kualitatif berdasarkan observasi partisipan dan mood-meter peserta juga mendukung dan selaras dengan temuan data kuantitatif. Dari hasil tersebut, psikoedukasi tentang asesmen dan penanganan anak Autisme dapat direkomendasikan untuk digunakan secara luas oleh akademisi, praktisi, psikolog, konselor, dan pemerintah.

Keywords: Psychoeducation, assessment, autism spectrum disorder (ASD), participatory action research (PAR), PLA (Autism Service Center)

References

E. Y. Astuti, S. S. H. Shaleha, Y. B. Santoso, and D. E. Pertiwi, “Penyusunan instrumen asesmen perilaku bagi anak,” J. Spec. Educ. (J Speed), vol. 6, no. 1, pp. 83–94, 2022.

R. Resmisari, “Penerapan Metode ABA ( Applied Behavior Analysis ) untuk Meningkatkan Kontak Mata pada Anak dengan Gangguan Autis : Sebuah Laporan Kasus,” 2nd Psycology Humanit., pp. 19–20, 2016.

T. Alfinna, Y. Dyah, and P. Santik, “Kejadian autism spectrum disorder pada anak di Kota Semarang,” HIGEIA (Journal Public Heal. Res. Dev., vol. 3, no. 4, pp. 635–645, 2019.

Universitas Gadjah Mada, “Tenaga Ahli Autisme di Indonesia Masih Terbatas,” Univ. Gadjah Mada, no. April, p. https://www.ugm.ac.id/id/berita/15966-tenaga-ahli-, 2018.

D. A. W. A. Puteri, “Studi Kasus Pelaksanaan Supervisi Pada Pusat Layanan Autis,” Ilmu Pendidik. J. Kaji. Teor. dan Prakt. Kependidikan, vol. 3, no. 2, pp. 175–182, 2019.

F. W. Thoomaszen et al., “Pendampingan dan Psikoedukasi Pengasuhan Anak Autism Spectrum Disorder pada Staff dan Orangtua Dampingan PLA Naimata,” War. LPM, vol. 26, no. 1, pp. 103–117, 2023.

M. Ahmad, M. A. Nawawi, A. Ruslan, and G. Erlangga, “Edukasi Terhadap Orang Tua dalam Mendampingi Anak Memasuki Sekolah Dasar,” Din. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 6, no. 5, pp. 1353–1358, 2022.

A. Afandi, “Participatory Action Research (Par) Metodologi Alternatif Riset Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Transformatif,” Malang, 2020.

S. Rahmelia, P. Prasetiawati, A. Surya, and V. Adri Politon, “Pembinaan Guru Sekolah Hari Minggu (Shm) Di Gke Balukon Kabupaten Pulang Pisau,” J. Pengabdi. Masy. Multidisiplin (LPPM Univ. Abdurrab), vol. 6, no. 3, pp. 359–371, 2023.

E. James, M. Milenkiewicz, and A. Bucknam, “Cycles of PAR: The Power of the Iterative Process,” in Participatory Action Research for Educational Leadership: Using Data-Driven Decision Making to Improve Schools, 2005, pp. 145–158.

M. Tetui, A. B. Coe, A. K. Hurtig, E. Ekirapa-Kiracho, and S. N. Kiwanuka, “Experiences of using a participatory action research approach to strengthen district local capacity in Eastern Uganda,” Glob. Health Action, vol. 10, no. 1346038, pp. 104–115, 2017.

D. H. S, M. B. Santoso, and Y. Rachmasari, “Peran Pekerja Sosial Dalam Penanganan Anak Autis,” Share Soc. Work J., vol. 7, no. 2, p. 38, 2017.

Published
2024-06-29
How to Cite
Thoomaszen, F., Octavianus, P. C., Toabnani, B., Boki, O., & Febriyanti Tade, R. (2024). PSIKOEDUKASI TENTANG ASESMEN DAN PENANGANAN ANAK AUTISME PADA TERAPIS & STAFF PLA NAIMATA. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 7(3), 240-252. https://doi.org/10.36341/jpm.v7i3.4499
Section
Articles
PDF (Bahasa Indonesia)
Abstract views: 204
downloads: 118