PSIKOEDUKASI TENTANG ASESMEN DAN PENANGANAN ANAK AUTISME PADA TERAPIS & STAFF PLA NAIMATA
PSYCHOEDUCATION ON ASSESSMENT AND TREATMENT OF CHILDREN WITH AUTISM FOR THERAPISTS & STAFF OF PLA NAIMATA
Abstract
Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat mengangkat tema psikoedukasi tentang asesmen dan penanganan anak Autisme karena berdasarkan analisis masalah dan kebutuhan dari para staff dan terapis PLA Naimata. Tujuannya memberikan pengetahuan dan keterampilan pada peserta agar mampu secara efisien dan optimal mengasesmen dan menangani anak Autisme dengan keunikan dan keberagamannya di Pusat Layanan Autis (PLA) Naimata. Kegiatan ini menggunakan metode Participatory Action Research (PAR) yang iterative terdiri atas tahap diagnose, lalu perencanaan aksi yang disusun berdasarkan identifikasi masalah dan kebutuhan. Penerapan aksi menggunakan metode ceramah, tanya-jawab, simulasi dan roleplay pada 14 peserta yang terdiri dari 4 terapis, 6 staff, dan 4 relawan yang bertugas di PLA Naimata. Berdasarkan metode pengukuran dan evaluasi secara kualitatif dan kuantitatif diperoleh hasil bahwa keseluruhan pelaksanaan kegiatan PKM dapat menjawab kebutuhan dari permasalahan peserta terapis dan staff non terapis di PLA Naimata, serta memberikan pemahaman terkait cara mengasesmen, dan menangani anak autis. Hasil rata-rata data kuantitatif pada sesi pertama berada pada kategori baik. Lalu mengalami kenaikan rata-rata jawaban pada sesi kedua dan ketiga yaitu pada kategori sangat baik. Data secara kualitatif berdasarkan observasi partisipan dan mood-meter peserta juga mendukung dan selaras dengan temuan data kuantitatif. Dari hasil tersebut, psikoedukasi tentang asesmen dan penanganan anak Autisme dapat direkomendasikan untuk digunakan secara luas oleh akademisi, praktisi, psikolog, konselor, dan pemerintah.
References
E. Y. Astuti, S. S. H. Shaleha, Y. B. Santoso, and D. E. Pertiwi, “Penyusunan instrumen asesmen perilaku bagi anak,” J. Spec. Educ. (J Speed), vol. 6, no. 1, pp. 83–94, 2022.
R. Resmisari, “Penerapan Metode ABA ( Applied Behavior Analysis ) untuk Meningkatkan Kontak Mata pada Anak dengan Gangguan Autis : Sebuah Laporan Kasus,” 2nd Psycology Humanit., pp. 19–20, 2016.
T. Alfinna, Y. Dyah, and P. Santik, “Kejadian autism spectrum disorder pada anak di Kota Semarang,” HIGEIA (Journal Public Heal. Res. Dev., vol. 3, no. 4, pp. 635–645, 2019.
Universitas Gadjah Mada, “Tenaga Ahli Autisme di Indonesia Masih Terbatas,” Univ. Gadjah Mada, no. April, p. https://www.ugm.ac.id/id/berita/15966-tenaga-ahli-, 2018.
D. A. W. A. Puteri, “Studi Kasus Pelaksanaan Supervisi Pada Pusat Layanan Autis,” Ilmu Pendidik. J. Kaji. Teor. dan Prakt. Kependidikan, vol. 3, no. 2, pp. 175–182, 2019.
F. W. Thoomaszen et al., “Pendampingan dan Psikoedukasi Pengasuhan Anak Autism Spectrum Disorder pada Staff dan Orangtua Dampingan PLA Naimata,” War. LPM, vol. 26, no. 1, pp. 103–117, 2023.
M. Ahmad, M. A. Nawawi, A. Ruslan, and G. Erlangga, “Edukasi Terhadap Orang Tua dalam Mendampingi Anak Memasuki Sekolah Dasar,” Din. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 6, no. 5, pp. 1353–1358, 2022.
A. Afandi, “Participatory Action Research (Par) Metodologi Alternatif Riset Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Transformatif,” Malang, 2020.
S. Rahmelia, P. Prasetiawati, A. Surya, and V. Adri Politon, “Pembinaan Guru Sekolah Hari Minggu (Shm) Di Gke Balukon Kabupaten Pulang Pisau,” J. Pengabdi. Masy. Multidisiplin (LPPM Univ. Abdurrab), vol. 6, no. 3, pp. 359–371, 2023.
E. James, M. Milenkiewicz, and A. Bucknam, “Cycles of PAR: The Power of the Iterative Process,” in Participatory Action Research for Educational Leadership: Using Data-Driven Decision Making to Improve Schools, 2005, pp. 145–158.
M. Tetui, A. B. Coe, A. K. Hurtig, E. Ekirapa-Kiracho, and S. N. Kiwanuka, “Experiences of using a participatory action research approach to strengthen district local capacity in Eastern Uganda,” Glob. Health Action, vol. 10, no. 1346038, pp. 104–115, 2017.
D. H. S, M. B. Santoso, and Y. Rachmasari, “Peran Pekerja Sosial Dalam Penanganan Anak Autis,” Share Soc. Work J., vol. 7, no. 2, p. 38, 2017.
Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. Copyright of all journal manuscripts is held by the Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin.Formal legal provisions to access digital articles of electronic journal are subject to the provision of the Creative
2. Commons Attribution-ShareAlike license (CC BY-NC-SA), which means that Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin is rightful to keep, transfer media/format, manage in the form of databases, maintain, and
3. publish articles.Published manuscripts both printed and electronic are open access for educational, research, and library purposes. Additionally, the editorial board is not responsible for any violations of copyright law.
licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.