INOVASI PRODUKSI PACKAGING MANAJEMEN USAHA DAN DIGITAL MARKETING BERBASIS ENVIRONMENTAL SUSTAINABILITY BAGI PETANI GARAM JONO

  • Ali Shodiqin Universitas PGRI Semarang
  • AB Prabowo KA Universitas PGRI Semarang
  • Sri Suneki Universitas PGRI Semarang
  • Mahmud Yunus Universitas PGRI Semarang
  • Ira Yuliana Kartika Universitas PGRI Semarang

Abstract

Kebutuhan garam secara nasional tiap tahun selalu meningkat seiring perkembangan penduduk. Desa Jono Kecamatan Tawangharjo Grobogan Jawa Tengah sudah dikenal sebagai sentra pembuatan garam. Sumber mata air bumi berupa belik, selanjutnya oleh warga dimanfaatkan untuk membuat garam.  Meskipun jauh dari laut akan tetapi air sumber itu berasa asin dan juga hangat. Pembuatan garam telah ada selama ratusan tahun. Pada tahun 1960, telah ada ratusan petani garam, kini tersisa puluhan orang. Hal ini membutuhkan perhatian dari berbagai pihak. Tujuan program pengabdian kepada masyarakat pada kelompok Tani garam Desa Jono dengan memberikan solusi berdasarkan pada analisis situasi terhadap kebutuhan, tantangan atau permasalahan yang ada di masyarakat dan melakukan kegiatan yang dapat memberdayakan masyarakat. Secara khusus dengan pengabdian dengan mitra kelompok garam diharapkan dapat meningkatkan produksi Garam tersebut, memberikan pengemasan produk garam tersebut lebih modern. Serta pengabdian ini dapat meningkatkan  pemasaran garam tersebut bisa dijual di toko modern hanya bisa masuk dipasar tradisional. Berdasarkan hasil kajian menunjukkan bahwa garam Jono tersebut lebih gurih dan enak. Dari segi air belik sebelum di buat garam, air terasa hangat dan banyak mengandung mineral sehingga bagus untuk kesehatan, baik untuk penyakit kulit dan penyakit lain-lain. Metode  pelaksanaan pengabdian dilaksanakan dengan melakukan sosialisasi program oleh tim pengabdi kepada mitra petani garam Jono, dengan tahapan pelatihan dan pendampingan program pengabdian. Pelatihan dan pendampingan program meliputi peningkatan produksi garam dengan metode tunel, pelatihan pengemasan dengan menggunakan Teknologi Pengemasan Mesin dan pendampingan manajemen usaha dan pendampingan pemasaran. Selanjutnya penerapan teknologi berupa metode tunnel untuk proses pengeringan garam, teknologi pengemasan menggunakan mesin pengemasan garam, pendampingan dan evaluasi serta keberlanjutan program.

Keywords: Salt, Production Innovation, Packaging, and Marketing

References

R. A. Permodo and Y. Rochwulaningsih, “Problematika Usaha Garam: Tantangan dan Peluang Petani Garam di Desa Jono, Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobogan,” J. Historiogr., vol. 3, no. 1, pp. 76–84, 2022.

R. S. Ali, “Produksi Garam Rakyat di Desa Jono Kecamatan Tawangharjo Kabupaten 1970an-1990an,” Universitas Gadjah Mada, 2020.

W. Y. Pratama and Ali Zainal Abidin, “Kajian Eksistensi Produk Garam Darat di Desa Jono , Kecamatan,” vol. 7, no. 2, pp. 351–361, 2023.

Y. U. Hoiriyah, “Peningkatan Kualitas Produksi Garam Menggunakan Teknologi Geomembran,” J. Stud. Manaj. dan Bisnis, vol. 6, no. 2, pp. 71–76, 2019, doi: 10.21107/jsmb.v6i2.6684.

L. Y. Ardiansyah, J. Palit, and R. Prasetyo, “Pelatihan Pengelolaan Keuangan Dan Promosi Digital Untuk Umkm,” J. Pengabdi. Masy. Multidisiplin, vol. 7, no. 2, pp. 217–232, 2024, doi: 10.36341/jpm.v7i2.4356.

A. F. Akh fawaid, M. Makruf, and L. Lutfiyanto, “Pelatihan Rebranding Dan Digitalisasi Marketing Berbasis Website Pada Umkm Nyi Leha Batik,” J. Pengabdi. Masy. Multidisiplin, vol. 7, no. 2, pp. 176–186, 2024, doi: 10.36341/jpm.v7i2.4015.

A. Zaki, S. Yadi, T. Wahyono, and F. L. Alfa’izun, “Pengembangan Sarana Prasarana Dasar Wisata Bendungan Pabelan,” J. Pengabdi. Masy. Multidisiplin, vol. 6, no. 1, pp. 38–44, 2022, doi: 10.36341/jpm.v6i1.2677.

A. N. Safitri and Qomarun, “Pengembangan Desa Wisata Berbasis Sentra Industri Garam di Desa Jono, Kecamatan Tawangharjo, Grobogan,” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2022.

M. I. Joesidawati and S. Suwarsih, “Pelatihan Produksi Garam Rakyat Dengan Metode Tunnel Bersirip,” J. Ilm. Abdi Mas TPB Unram, vol. 1, no. 2, pp. 0–4, 2019, doi: 10.29303/amtpb.v1i2.26.

S. N. Putri, Y. I. Satria, and N. Hendrianie, “Pra Desain Pabrik Garam Industri dari Garam Rakyat,” J. Tek. ITS, vol. 9, no. 2, 2021, doi: 10.12962/j23373539.v9i2.54321.

S. Redjeki and Iriani, “Produksi Garam Industri Dari Garam Rakyat Industrial Salt Production From People’S Salt,” J. Tek. Kim., vol. 16, no. 1, pp. 35–38, 2021.

A. N. Aini, G. Sari, and A. Shodiqin, “Aplikasi Metode Lowest Supply Lowest Cost (Lslc) Pada Masalah Transportasi Tidak Seimbang (Studi Kasus Pada Distribusi Garam Ud. Aditya Mandiri),” J. Ilm. Teknosains, vol. 5, no. 1, pp. 28–34, 2019, doi: 10.26877/jitek.v5i1.3763.

A. Wibowo, “Potensi Pengembangan Standar Nasional Indonesia (SNI) Produk Garam Konsumsi Beryodium Dalam Rangka Meningkatkan Daya Saing,” Pertem. dan Present. Ilm. Stand., vol. 2020, pp. 79–88, 2021, doi: 10.31153/ppis.2020.95.

Published
2024-10-28
How to Cite
Shodiqin, A., KA, A. P., Suneki, S., Yunus, M., & Kartika, I. Y. (2024). INOVASI PRODUKSI PACKAGING MANAJEMEN USAHA DAN DIGITAL MARKETING BERBASIS ENVIRONMENTAL SUSTAINABILITY BAGI PETANI GARAM JONO. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 8(1), 68-74. https://doi.org/10.36341/jpm.v8i1.5285
Section
Articles
PDF (Bahasa Indonesia)
Abstract views: 0
downloads: 0