OPTIMALISASI PEMANFAATAN SMARTPHONE SEBAGAI ALAT SEDERHANA DALAM MEMBUAT FILM BAGI SISWA SMA DI PEKANBARU
Abstract
Saat ini smartphone sudah memiliki fitur yang mumpuni untuk membuat film. Rata-rata smartphone yang beredar sudah dibelaki dengan kamera video dengan kualitas HD (high definition). Smartphone juga dapat dipasangkan aplikasi yang berguna untuk mengedit video. Sehingga pekerjaan pembuatan film yang awalnya dikerjakan dengan kamera profesional dan di komputer dapat dikerjakan dengan smartphone saja. Kehadiran smartphone ini sebenarnya menjadi peluang besar bagi individu-individu yang kreatif, tidak terkecuali bagi pengguna di usia remaja seperti siswa SMA. Seharusnya bagi siswa SMA penggunaan smartphone sejatinya tidak hanya untuk kegunaan dasar seperti nelpon, sms, searching, games ataupun medsos, melainkan dapat juga digunakan sebagai alat sederhana dalam membuat produk berupa film.Pengabdian ini berbentuk pelatihan tentang optimalisasi pemanfaatan smartphone kepada siswa SMA. Muatan pengabdian ini dalam bentuk materi, terutama yang mengarah pada kemampuan untuk dapat mengoptimalkan smartphone yang mereka miliki. Mulai dari dasar penggunaan smartphone untuk film, pengenalan aplikasi untuk membuat video dengan smartphone, pengenalan dasar-dasar teknik pengambilan gambar, praktik pengambilan gambar dengan smartphone dan pelatihan editing hingga proses finalisasi video.
Copyright (c) 2019 Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. Copyright of all journal manuscripts is held by the Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin.Formal legal provisions to access digital articles of electronic journal are subject to the provision of the Creative
2. Commons Attribution-ShareAlike license (CC BY-NC-SA), which means that Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin is rightful to keep, transfer media/format, manage in the form of databases, maintain, and
3. publish articles.Published manuscripts both printed and electronic are open access for educational, research, and library purposes. Additionally, the editorial board is not responsible for any violations of copyright law.
licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.