Perceived Social Support dan Teacher Behavior Sebagai Prediktor Student Engagement Pada Pembelajaran Daring Mahasiswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Perceived social support dan teacher behavior terhadap student engagement pada mahasiswa. Student engagement menjadi penting karena berperan dalam proses belajar dan hasil belajar. Faktor yang mempengaruhi student engagement diantaranya social support dan teacher behavior. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan analisis regresi berganda. Subjek penelitian adalah mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Raden Fatah Palembang berjumlah 178 orang, berusia 21 tahun yang terdiri dari 131 Perempuan dan 47 laki-laki. Menggunakan teknik purposive sampling serta pengumpulan data menggunakan skala Psychological Engagement,Multidimensional Perceived Social Support Scale (MSPSS), dan skala TSQ teacher behavior. Berdasarkan hasil uji analisis regresi linear berganda dengan taraf signifikansi 0.000 (p ≤ 0.05) dan nilai R square 0.138 menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara perceived social support, teacher behavior terhadap school engagement pada mahasiswa. Ini berarti semakin tinggi perceived social support dan teacher behavior maka semakin tinggi pula student engagement mahasiswa. Dimana social support memiliki sumbangsih terhadap school engagement yang lebih besar dibanding teacher behavior pada mahasiswa.
Copyright (c) 2022 Psychopolytan : Jurnal Psikologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. Copyright of all journal manuscripts is held by the Psychopolytan : Jurnal Psikologi
2. Formal legal provisions to access digital articles of electronic journal are subject to the provision of the Creative Commons Attribution-ShareAlike license (CC BY-NC-SA), which means that Psychopolytan : Jurnal Psikologi is rightful to keep, transfer media/format, manage in the form of databases, maintain, and publish articles.
3. Published manuscripts both printed and electronic are open access for educational, research, and library purposes. Additionally, the editorial board is not responsible for any violations of copyright law.
licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.