HUBUNGAN POLA ASUH OTORITER IBU DENGAN SELF-REGULATED LEARNING SISWA SDIT BINTANG CENDEKIA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiric hubungan antara pola asuh otoriter ibu dengan self-regulated learning. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 78 siswa kelas 5 dan kelas 6 SDIT dan Leadership Bintang Cendekia. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala pola asuh otoriter dari teori Ormrod (2009) dan skala self-regulated learning dari teori Ormrod (2009). Metode analisa data pada penelitian ini menggunakan SPSS statistik versi 19.00 dengan teknik korelasi Pearson produck moment. Hasil analisa data menunjukkan r = -0,034 dan p = 0,003 (p < (0,05). Pada penelitian menunjukkan hubungan negatif antara pola asuh otoriter ibu dengan self-regulated learning siswa SDIT dan Leadership Bintang Cendekia. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan pada penelitian ini dapat diterima.
1. Copyright of all journal manuscripts is held by the Psychopolytan : Jurnal Psikologi
2. Formal legal provisions to access digital articles of electronic journal are subject to the provision of the Creative Commons Attribution-ShareAlike license (CC BY-NC-SA), which means that Psychopolytan : Jurnal Psikologi is rightful to keep, transfer media/format, manage in the form of databases, maintain, and publish articles.
3. Published manuscripts both printed and electronic are open access for educational, research, and library purposes. Additionally, the editorial board is not responsible for any violations of copyright law.
licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.