Benarkah Empati dapat menurunkan Bystander Effect Pada Remaja?

  • Auliya Syaf Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Politik, Universitas Abdurrab
  • Rulyza Ramadhani Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Politik, Universitas Abdurrab
  • Ardian Adi Putra Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Politik, Universitas Abdurrab

Abstract

Bystander Effect adalah pengurangan perilaku menolong yang disebabkan adanya kehadiran orang lain. Faktor yang mempengaruhi bystander effectadalah empati. Empati adalah kemampuan untuk memahami kondisi dan ikut merasakan sebagian emosional orang lain. Penelitian ini ingin melihathubungan antara empati dengan bystander effect pada remaja. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis regresi berganda. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 200 remaja yang berusia 10- 21 tahun (41 laki-laki dan 159 perempuan) dengan menggunakan teknik quota sampling. Penelitian menemukan terdapat hubungan yang signifikan antara empati dengan bystander effect yang menunjukkan bahwa semakin tinggi empati makan semakin rendah bystander effect dan bila empati rendah maka bystander effect akan tinggi. Penelitian ini dapat menjadi masukkan untuk menurunkan perilaku  bystander effect dengan cara meningkatkan empati baik dari aspek afektif maupun aspek kognitif.

Keywords: bystander effect, empati, mahasiswa

References

Asri, D., & Anggriana, T. . (2012). Efektivitas Bibliokonseling Untuk Meningkatkan Empati Remaja di Rumah Pintar “Bunga Padi” Kecamatan Balerejo Kabupaten Madiun. Counsellia Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(2).

Cherry,K. (2020). The Bystander Effect. http://psychology.about.com//od/socialpsychology/a/bystandereffect.htm, diakses tanggal 6 Juni 2022 pukul 11.59 WIB.

Crocker, L., &Algina, J. (2008). Introduction To Classicaland Modern Test Theory. United States Of America: Cengage Learning.

Fahmi, A. B. (2017). Dari Mengabaikan ke Menolong: Tinjauan Studi Bystander-Effect.

Jurnal Ilmiah Penelitian Psikologi: Kajian Empriris & Non-Empiris, 3 (1), 45–52.

Farzand, M., Safdar, A., Gill, T.A., Aqeel, M., Umair, A. (2022). Psychometric Development and Validation of Bystander Effect Scale in Pakistani University Students. 10.53107/nnjp.v2i1.24.g21.

Goleman, D. (2007). Kecerdasan Emosi untuk Mencapai Puncak Prestasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hendri, N. (2019, November 08). Kronologi Siswa SMP di Riau Di bully dan Dianiaya 2 Temannya Berawal dari Informasi Korban Alami Luka. TribunNews Pekanbaru. Diambil dari https://pekanbaru.tribunnews.com/amp/2019/11/08/kronologi-siswa- smp-di-riau-dibully-dan-dianiaya-2-temannya-berawal-dari-informasi-korban-alami- luka?page=2

Hortensius R, de Gelder B. (2018). From Empathy to Apathy: The Bystander Effect Revisited. doi: 10.1177/0963721417749653.

Howe, D. (2015). Empati Makna dan Pentingnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jolliffe, D., & Farrington, D. P. (2006). Development And Validation Of The Basic Empathy Scale. Journal of Adolescence, 29(4), 589–611. https://doi.org/10.1016/j.adolescence.2005.08.010

Konrath, S. (2012). The Empathy Paradox: Increasing Disconnection in The Age o Increasing Connection. In R. Luppicini (Ed.), Handbook of Research on Technoself: Identity in A Technological Society. IGI Global.

Lestari, W. D., Anggriana, T. M., & Pratama, B. D. (2020). Pengaruh Empati dan Bystander Effect Terhadap Perilaku Prososial Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling. Vol 4, No 1.

Machackova, H., Dedkova, L., & Mezulanikova, K. (2015). Brief report: The bystander effect in cyberbullying incidents. Journal of Adolescence, 43, 96– 99. https://doi.org/10.1016/j.adolescence.2015.05.010

Machackova, H., Dedkova, L., Sevcikova, A. & Cerna, A. (2016). Bystanders’ Supportive and Passive Responses to Cyberaggression. Journal of School Violence, 17, 99-110. DOI: 10.1080/15388220.2016.122249.

Mak, Y.M., Leung, D.,& Loke, A.Y. (2019). The Vulnerability to Alcohol, Tobacco, and Drug Use of Adolescent in Hong Kong: A Phenomenological Study. Research Article: BMC Pediatrics. https://doi.org/10.1186/s12887-019-1678-1.

Mercer , J & Clayton, D. (2012). Psikologi Sosial. Jakarta: Penerbit Erlangga

Puspita, R.S.D., & Gumelar, G. (2014). Pengaruh empati terhadap perilaku prososial dalam berbagai informasi atau retweet kegiatan sosial di jejaring sosial twitter. Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi,3(1), 1-7.

Rizkiki, H. (2018). Empati pada generasi millennial?. Radar Jember. Diunduh dari : https://radarjember.jawapos.com/2018/12/ 18/empati-pada-generasi-millennial-2/.

Rizkyanti, C.A., Cahyani, A.H., Salsabilla, S., & Aulia, A. (2021). Empati dan Peran Bystander dalam Cyberbullying: Family Communication Pattien sebagai mediator. Jurnal Psikohumanika. Vol 13, No 2. DOI: 10.31001/j.psi.v13i2.1355

Salmivalli, C., Voeten, M., & Poskiparta, E. (2011). Bystanders matter: Associations between reinforcing, defending, and the frequency of bullying behavior in classrooms. Journal of Clinical Child and Adolescent Psychology, 40(5), 668–676. doi:10.1080/ 15374416.2011.597090.

Sierksma, J., Thijs, J., & Verkuyten, M. (2014). Children’s intergroup helping: The role of empathy and peer group norms. Journal of Experimental Child Psychology, 126, 369–383. doi: 10.1016/j.jecp.2014.06.002.

Song, J., & Oh, I. (2017). Investigation of the bystander effect in school bullying: Comparison of experiential, psychological and situational factors. School Psychology International, 38(3), 319–336. doi:10.1177/0143034317699997

Taylor, S.E., Peplau, L.A., Sears, D.O. (2012). Psikologi Sosial Edisi Kedua belas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Van Cleemput, K., Vandebosch, H., & Pabian, S. (2014). Personal characteristics and contextual factors that determine “helping,”“joining in,” and “doing nothing” when witnessing cyberbullying. Aggressive behavior, 40(5), 383-396. DOI: 10.1002/ab.21534.

Wiradharma, G & Septiyadi, R. 2016. Bystader Effect: Ketidakpedulian orang urban. Journal.

Vol. no. hal 101.

Zaedy, S.A.A., Setiawan, A., Iriansyah, T. (2021). Persepsi citra visual dan pengaruh bystander effect terhadap kehidupan sosial di masyarakat. Jurnal Kreasi Seni & Budaya, Vol 4, No 1.

Published
2023-09-11
Section
Articles
pdf
Abstract views: 457
downloads: 381