Dilatasi Memori; Leksikon Bahasa Inggris Melalui Musik

  • Subhan Ajrin Sudirman Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Fitriah M Suud Universitas Muhammadiah Yogyakarta
  • Dewi Purnama Sari Universitas Muhammadiah Yogyakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara menghafal kosa kata bahasa Inggris melalui musik dengan tidak menggunakan musik. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Taman Kanak-Kanak berusia antara 5,0 - 6,5 tahun. Dalam penelitian ini, musik digunakan sebagai sarana pengajaran kosa kata dalam bahasa Inggris.Temuan penelitian menunjukkan bahwa dalam hal tes kecerdasan tidak berbeda secara signifikan pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Penelitian ini juga menemukan bahwa kemampuan untuk mengingat leksikon bahasa Inggris anak saat pre tes antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Berdasarkan hasil perhitungan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa antara kedua kelompok tersebut secara bersama-sama mengalami peningkatan kemampuan mengingat leksikon bahasa Inggris baik yang disampaikan dengan metode konvensional maupun melalui musik dengan menggunakan lagu anak-anak berbahasa Inggris.

Keywords: memori, leksikon bahasa inggris, musik
Published
2019-02-10
Section
Articles
pdf
Abstract views: 591
downloads: 586