Politik Hujat dalam Sistem Komunikasi Politik Indonesia (Studi Fenomenologi Cebong-Kampret)

  • M. Tazri Fakultas Ilmu Komunikasi-Universitas Muhammadiyah Riau

Abstract

Penelitian ini mengelaborasi dinamika komunikasi politik di Indonesia. Dalam diskursus kontestasi politik di Indonesia menjelang pemilihan presiden (pilpres) tahun 2019, muncullah istilah cebong dan kampret. Dua istilah ini merupakan labelisasi hujatan kepada masing-masing pendukung dua calon presiden, dimana dua istilah ini memiliki konotasi negatif pada makna sebenarnya. Dengan menggunakan studi fenomenologi, penelitian ini bertujuan untuk mengelaborasi politikhujat dalam sistem komunikasi politik Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hujatan cebong dan kampret merupakan ekspresi sinisme politik yang berlebihan. Pelabelan cebong dan kampret juga merupakan bentuk penurunan kualitas bahasa komunikasi politik di Indonesia. 

Published
2019-07-25
Section
Articles
pdf (Bahasa Indonesia)
Abstract views: 466
downloads: 355