Analisis Isi Pesan Komika Stand Up Comedy Di Kompas TV
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana isi pesan yang terkandung dalam naskah materi comic, dengan menggunakan teori analisis isi milik Bernard Barelson. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode analisis isi (content analysis). Pada penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dikarenakan perumusan masalah pada penelitian ini adalah mengkaji tentang pesan yang terkandung dalam materi stand up comedycomic. Mengingat pendekatan dan jenis penelitian ini menggunakan analisis isi kualitatif, maka pengertian dari metode tersebut adalah sebuah metode analisis yang integratif dan lebih secara konseptual untuk menemukan, mengidentifikasi, mengolah dan menganalisis dokumen atau teks dalam rangka untuk memahami makna, signifikansi dan relevansinya. Hasil penelitian menunjukan bahwa pesan-pesan yang dihasilkan dari materi comic lebih bersifat informatif. Tuturan yang disampaikan oleh comic pada hakikatnya dilandasi oleh maksud dan tujuan tertentu yang didalamnya tercakup berbagai dimensi makna dan maksud yang luas. Pertunjukan stand up comedy tidak hanya sekedar hiburan semata, tetapi juga dapat berperan sebagai media didaktis karena informasi atau materi yang disampaikan mengandung pesan-pesan yang bersifat informatif dan mengedukasi para penonton.
1. Copyright of all journal manuscripts is held by the Communiverse : Jurnal Ilmu Komunikasi
2. Formal legal provisions to access digital articles of electronic journal are subject to the provision of the Creative Commons Attribution-ShareAlike license (CC BY-NC-SA), which means that Communiverse : Jurnal Ilmu Komunikasi is rightful to keep, transfer media/format, manage in the form of databases, maintain, and publish articles.
3. Published manuscripts both printed and electronic are open access for educational, research, and library purposes. Additionally, the editorial board is not responsible for any violations of copyright law.
licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.