PENINGKATAN PENGETAHUAN REMAJA TENTANG DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KESEHATAN FISIK DAN MENTAL DENGAN PENDEKATAN PEER GROUP DI SMPN 21 PEKANBARU
Abstract
Perkembangan media sosial dengan berbagai fitur yang dapat diakses dimanapun membuat semakin banyak pengguna media sosial dari berbagai kalangan seperti remaja. Penggunaan media sosial dengan berbagai dampaknya perlu disosialisasikan kepada remaja karena saat ini media sosial memiliki dampak positif dan negatif terhadap kesehatan fisik dan mental. Tujuan umum dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk mengetahui gambaran pengetahuan remaja tentang dampak positif dan negatif penggunaan media sosial bagi kesehatan jiwa. Metode dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah pendidikan kesehatan dengan pendekatan peer group. Hasil kegiatan ini didaptkan pre-test dan post-test, terjadi peningkatan pengetahuan dengan nilai rata-rata pre-test 78,6 dan post-test 96,6. Perbedaan peningkatan nilai rata-rata yaitu sebesar 18,1. Hasil uji statistik didapatkan nilai 0,000 (p<0,05) yang dapat disimpulkan ada perbedaan yang signifikan antara pre-test dan post-test yang dilakukan oleh para siswa di SMPN 21 Pekanbaru. Saran untuk pihak sekolah adalah untuk memasukkan kegiatan peningkatan pengetahuan remaja tentang media sosial, dampak positif serta dampak negatif dari penggunaan media sosial ke dalam jadwal ekstrakulikuler sekolah. Hal ini dapat dilakukan dalam kelompok-kelompok/ peer group bersama duta media sosial yang telah dipilih.
Copyright (c) 2020 Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. Copyright of all journal manuscripts is held by the Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin.Formal legal provisions to access digital articles of electronic journal are subject to the provision of the Creative
2. Commons Attribution-ShareAlike license (CC BY-NC-SA), which means that Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin is rightful to keep, transfer media/format, manage in the form of databases, maintain, and
3. publish articles.Published manuscripts both printed and electronic are open access for educational, research, and library purposes. Additionally, the editorial board is not responsible for any violations of copyright law.
licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.