PELATIHAN PENGGUNAAN SOFWARE STRUCTURAL ANALYSIS PROGRAM (SAP) PADA STRUKTUR BANGUNAN GEDUNG DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 DUMAI

  • Fitra Ramdhani Universitas Abdurrab

Abstract

Mengingat semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi serta Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang berimplikasi pada persyaratan kompetensi yang tinggi untuk memasuki dunia kerja, menyebabkan perlunya dilakukan usaha kemitraan dengan SMK yang menjadi salah satu penghasil tenaga kerja terampil di dunia industri. Oleh karena itu kami memilih program Pelatihan Structural Analysis Program(SAP) pada bangunan gedung agar dapat menambah dan meningkatkan pengetahuan, keterampilan siswa tentang software design di dunia kerja. Ada tiga metode yang di terapkan yaitu: 1)metode presentasi untuk memperkenalkan sofware SAP, memberikan penjelasan materi mengenai langkah-langkah dasar penggunaan software SAP dan mencontohkan cara menggunakan program SAP tersebut dalam beberapa contoh perencanaan bangunan sederhana, gedung bertingkat dan jembatan, 2)metode demonstrasi untuk pengoperasionalisasi program SAP dan mencontohkan secara langsung desain bangunan sederhana, dan 3)metode praktek untuk melakukan praktek software SAP secara langsung oleh siswa. Dengan adanya pelatihan pengunaan sofware SAP di SMK Negeri 2 Dumai ini memberikan wawasan ilmu pengetahuan yang baru di kalangan siswa SMK yang selama duduk di bangku sekolah mereka hanya bisa menggunakan software autocad saja sekarang sudah bisa menggunakan software SAP dalam merencanakan bangunan gedung. Dari hasil praktek penggunaan Sofware SAP ini hampir semua siswa bisa menggunakan software SAP ini dengan cepat yang dapat dilihat dari hasil praktek nya.

 

Published
2018-01-11
How to Cite
Ramdhani, F. (2018). PELATIHAN PENGGUNAAN SOFWARE STRUCTURAL ANALYSIS PROGRAM (SAP) PADA STRUKTUR BANGUNAN GEDUNG DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 DUMAI. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 1(1), 72-80. https://doi.org/10.36341/jpm.v1i1.401
Section
Articles
PDF (Bahasa Indonesia)
Abstract views: 380
downloads: 493