PELATIHAN APLIKASI MAPLE PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA
Matematika, Alat bantu hitung, Media visual, Maple
Abstract
Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang penuh dengan angka dan grafik untuk siswa/siswi tingkat SMA. Seiring perkembangan teknologi, maka alat bantu matematika pun semakin berkembang yaitu dengan menggunakan komputer seperti aplikasi Maple. Maple adalah suatu program interaktif yang mengintegrasikan kemampuan komputasi baik numerik ataupun simbolik, visualisasi (grafik) dan pemrograman. Sehingga, tujuan dari pengabdian ini adalah memperkenalkan program Maple ini kepada siswa siswi tingkat SMA yang mana dapat dikatakan sangat canggih dan sangat membantu sekali dalam menyelesaikan soal matematika. Pelatihan ini dilakukan secara langsung kepada siswa/siswi dalam ruang kelas dengan menggunakan perangkat komputer/laptop serta infokus. Tahapan pelaksanaan dilakukan berupa pemberian pengetahuan tentang manfaat Maple, cara menginstal Maple, dan cara mengoperasikannya. Dengan diadakannya pelatihan ini, siswa/siswi mendapat pengetahuan tentang Maple dan dapat menggunakannya sebagai alat bantu hitung serta dapat menyelesaikan persoalan yang membutuhkan media visual seperti persoalan dimensi tiga sehingga keabstrakan materi dapat dikurangi.
Copyright (c) 2018 Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. Copyright of all journal manuscripts is held by the Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin.Formal legal provisions to access digital articles of electronic journal are subject to the provision of the Creative
2. Commons Attribution-ShareAlike license (CC BY-NC-SA), which means that Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin is rightful to keep, transfer media/format, manage in the form of databases, maintain, and
3. publish articles.Published manuscripts both printed and electronic are open access for educational, research, and library purposes. Additionally, the editorial board is not responsible for any violations of copyright law.
licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.