INOVASI SISTEM PELAYANAN MELENGKAPI IDENTITAS ORANG TERLANTAR DAN PEREKAMAN DISABILITAS UNTUK LENGKAPI IDENTITAS (SIPINTAR PEDULI) DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA PEKANBARU
DOI:
https://doi.org/10.36341/jdp.v8i01.5542Kata Kunci:
Inovasi, Pelayanan Publik, SIPINTAR PEDULIAbstrak
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pekanbaru menciptakan inovasi pelayanan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat rentan untuk mendapatkan identitas kependudukan yaitu, Sistem Pelayanan melengkapi Identitas Orang Terlantar dan Perekaman Disabilitas Untuk Lengkapi Identitas (SIPINTAR PEDULI). SIPINTAR PEDULI diterapkan sebagai solusi terhadap kendala yang dialami oleh masyarakat rentan dalam mengakses layanan publik akibat tidak mempunyai identitas kependudukan. SIPINTAR PEDULI merupakan sistem pelayanan administrasi kependudukan berbasis elektronik, dengan tujuan mengatasi kesenjangan administrasi kependudukan sehingga memudahkan masyarakat rentan dalam mendapatkan identitas kependudukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatahui inovasi Sistem Pelayanan Melengkapi Identitas Orang Terlantar dan Perekaman Disabilitas Untuk Lengkapi Identitas (SIPINTAR PEDULI) dan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat inovasi Sistem Pelayanan Melengkapi Identitas Orang Terlantar dan Perekaman Disabilitas Untuk Lengkapi Identitas (SIPINTAR PEDULI). Dalam penelitian ini, menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan secara observasi, wawancara dan dokumentasi serta dilakukan analisis data yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini adalah dengan adanya inovasi Sistem Pelayanan Melengkapi Identitas Orang Terlantar dan Perekaman Disabilitas Untuk Lengkapi Identitas (SIPINTAR PEDULI) dapat memenuhi kebutuhan masyarakat rentan dan memudahkan masyarakat rentan dalam mendapatkan identitas kependudukan.
Unduhan
Referensi
Amalia, Dini Ananda Nur, and Isnaini Rodiyah. 2024. “Efektivitas Program Aplikasi Sipraja Dalam Pelayanan Administrasi Berbasis Digital Di Desa Karangtanjung Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo.” Jdp (Jurnal Dinamika Pemerintahan) 7(2): 153–75. doi:10.36341/jdp.v7i2.4506.
Diana, Fitri, and Adianto. 2023. “Service Innovation Accelerates the Issuance of Population Documents for Displaced Persons in Pekanbaru City.” Jurnal Ilmu
Sosial dan Ilmu Politik Malikussaleh (JSPM) 4(1): 79.
doi:10.29103/jspm.v4i1.9785.
Fadiyah, Dina, Ayi Karyana, Daniel Pasaribu, Nong Ayu Triyanti Utami Hakim, Sapto Setyo Nugroho, and Laras Ayu Andini. 2023. “PENYUSUNAN DAN PENGAPLIKASIAN MODEL DESA DIGITAL BERBASIS TATA KELOLA DI PEMERINTAH DESA TEGAL KECAMATAN KEMANG KABUPATEN BOGOR.”
Jurnal Pengabdian Masyarakat: BAKTI KITA 4(1): 76–90.
Fulthoni, Renata Arianingtyas, Siti Aminah, and Uli Parulian Sihombing. 2009. Memahami Kebijakan Administrasi Kependudukan. The Indonesian Legal Resource Center (ILRC).
Haqie, Zulfa Auliana, R Nadiah, and Oktavira Puteri Ariyani. 2022. “INOVASI PELAYANAN PUBLIK SUROBOYO BIS DI KOTA SURABAYA Rifda Eka
Nadiah.” Journal Of Public Sector Innovations 5(1): 23–30.
Indrayani, Etin. 2020. E-Government: Konsep, Implementasi Dan Perkembangannya Di Indonesia. LPP Balai Insan Cendekia.
Maulidiah, Sri. 2014. PELAYANAN PUBLIK, Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN). ed. R Rauf. Bandung: CV. Indah Prahasta.
Muharam, Riki Satia, and Fitri Melawati. 2019. “INOVASI PELAYANAN PUBLIK DALAM MENGHADAPI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DI KOTA BANDUNG.”
Jurnal Administrasi Publik 1(1).
Mursyidah, Lailul, and Ilmi Usrotin Choiriyah. 2020. Manajemen Pelayanan Publik.
Umsida Press.
Mustanir, A, M R R Razak, E Koisin, M R Fitrianto, and ... 2022. Pengantar Ilmu Administrasi Publik. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=gfyUEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA 141&dq=%22amir+syamsuadi%22&ots=TNCRbv_ND3&sig=7DWbdO7fBx06I- dZN2rwj6T3TmM.
Nugroho, Sapto Setyo, Fajar Alan Syahrier, Liza Trisnawati, and Luluk Elvitaria. 2024. “Implementasi Pemerintahan Digital Pada Sistem Penilaian Kinerja Secara Elektronik (E-Sikap) Organisasi Perangkat Daerah.” SUMUR-Jurnal Sosial Humaniora 2(1): 12–20.
Raharjo, M, and Icuk. 2021. MANAJEMEN PELAYANAN PUBLIK. PT. Bumi Aksara. Razak, Muhammad Rais Rahmat, Ade Putra Ode Amane, Buyamin Buyamin,
Bonataon Maruli Timothy Vincent Simandjorang, Paisal Halim, Surjanto Surjanto, Supratman Tahir, et al. 2024. Eureka Media Aksara Administrasi Publik Di Era Digitalisasi. ed. Agus Hendrayady. Eureka Media Aksara.
Riani, N. 2021. “STRATEGI PENINGKATAN PELAYANAN PUBLIK.” Jurnal Inovasi
Penelitian 1(11): 2443–52.
Saputra, Trio, and Widia Astuti. 2018. Suara Pelayanan Publik (Reformasi Birokrasi Melalui Inovasi Pelayanan Publik). CV. Jakad Publishing.
Sari, D. 2019. “ANALISIS INOVASI PELAYANAN PUBLIK ‘KELAS PERAHU’KABUPATEN PANGKAJENE DAN KEPULAUAN.” Jurnal SAP 3(3): 225–32.
Setijaningrum, Erna. 2017. Inovasi Kebijakan Pelayanan Publik - Best Practice Di Indonesia. Airlangga University Press.
Sinaga, Angela Olivia, and Februati Trimurni. 2022. “INOVASI PELAYANAN PUBLIK MELALUI APLIKASI LAYANAN TUNGGU (LAGU) OLEH DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA PEKANBARU.” Jurnal
Ilmiah Kajian Politik Lokal dan Pembangunan 8(3): 7–17.
Soraya, T. 2019. “INOVASI PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN
SECARA ONLINE DI KABUPATEN PATI.” Journal Of Politic And Government Studies: 1–10.
Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta. Suwarno, Yogi. 2008. INOVASI DI SEKTOR PUBLIK.
Yuza, Ahmad Fitra, Dita Fisdian Adni, and Asri Muhammad Saleh. 2022. “Inovasi Pelayanan Pemerintah Nagari Painan Timur Painan Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan.” Jurnal Manajemen Pendidikan dan Pelatihan 6(3).
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
1. Copyright of all journal manuscripts is held by the JDP (Jurnal Dinamika Pemerintahan)
2. Formal legal provisions to access digital articles of electronic journal are subject to the provision of the Creative Commons Attribution-ShareAlike license (CC BY-NC-SA), which means that JDP (Jurnal Dinamika Pemerintahan) is rightful to keep, transfer media/format, manage in the form of databases, maintain, and publish articles.
3. Published manuscripts both printed and electronic are open access for educational, research, and library purposes. Additionally, the editorial board is not responsible for any violations of copyright law.
licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.