EFEKTIFITAS MEDIA VIDEO TERHADAP PENGETAHUAN SADARI
DOI:
https://doi.org/10.36341/jomis.v6i2.2509Kata Kunci:
Effectiveness, Video Media, SADARI KnowledgeAbstrak
Data dari Global Burden of Cancer (GLOBOCAN) yang dirilis oleh Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) menyebutkan bahwa jumlah kasus dan kematian akibat kanker sampai dengan tahun 2018 sebesar 18,1 juta kasus dan 9,6 juta kematian di tahun 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pendidikan kesehatan kepada remaja Usia 15-20 thn dengan media video terhadap Pengetahuan Pemeriksaan Payudara Sendiri. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode Quasi-Eksperimen, Desain quasi-eksperimen yang digunakan adalah “One -Group Pretest-Posttest Designâ€, yang terdiri dari satu kelompok subjek, Populasi dalam penelitian adalah remaja Usia 15-20 thn di SMAN 14 Jakarta Periode 2020/2021. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik Random Cluster sampel. Dalam penelitian ini analisa bivariat dilakukan untuk mengetahui Efektivitas Media Video dalam pengetahuan tentang SADARI, dilakukan menggunakan Wilcoxon Sign Test. Jika p<0,05 maka terdapat pengaruh yang bermakna pada tingkat evektifitas media video saat dilakukan pretest dan posttest.Hasil penelitian menunjukan bahwa intervensi edukasi Kesehatan tentang SADARI yang diberikan melalui media Video kepada Siswi SMAN 14 Jakarta dapat meningkatkan pengetahuan para siswi sebesar 5 yaitu dari 3 (sebelum intervensi) naik menjadi 8 (setelah intervensi)
Unduhan
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
1. Copyright of all journal manuscripts is held by the JOMIS : Journal of midwifery scinece
2. Formal legal provisions to access digital articles of electronic journal are subject to the provision of the Creative Commons Attribution-ShareAlike license (CC BY-NC-SA), which means that JOMIS : Journal of midwifery scinece is rightful to keep, transfer media/format, manage in the form of databases, maintain, and publish articles.
3. Published manuscripts both printed and electronic are open access for educational, research, and library purposes. Additionally, the editorial board is not responsible for any violations of copyright law.
licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.