Pengembangan Dan Validasi Kueisoner Untuk Mengukur Kepuasan Pasien Terhadap Penerapan Telefarmasi Di Apotek

  • Martania Pratiwi Universitas Islam Indonesia
  • Umatul Khoiriyah Department of Medical Faculty,Universitas Islam Indonesia, Indonesia
  • Suci Hanifah Departemen Magister Farmasi, Universitas Islam Indonesia, Indonesia

Abstrak

Survei kepuasan pelanggan mengukur bagaimana kepuasan konsumen atas atribut produk atau pelayanan yang relevan dan pentingnya atribut tersebut. Secara umum survei menggunakan skala lima poin (Schiffman, Kanuk, and Wisenblit 2010). Kepuasan pasien dapat diungkap melalui beberapa alat ukur., kuesioner atau instrumen asesmen adalah alat yang digunakan untuk menerapkan semua metode validitas isi. Hasil akhir dari validitas isi adalah penilaian tentang kelayakan isi tes. Lawshe mengajukan cara yang disebut rasio validitas isi sebagai hasil ukur penilaian ahli atas kesetujuannya terhadap validitas isi yang menggunakan teknik statistik kesepahaman antar penilai. Proses reviwe butir oleh panel ahli dengan memberikan masukan dari validator yang dijadikan acuan untuk menyusun kalimat lebih sesuai dengan aspek-aspek dan mudah dipahami Sehingga untuk mendapatkan kuesioner kepuasan pasien terhadap penerapan telefarmasi di apotek dibutuhkan beberapa bukti validasi yang nantinya dapat menghasilkan kuesioner yang layak, valid dan reliabel digunakan dalam analisis kepuasan pasien telefarmasi diapotek. Untuk mengumpulkan bukti validitas mengetahui dan mendapatakan alat intrumen (kuisioner) yang dapat digunakan untuk mengukur kepuasan pasien terhadap penerapan pelayanan telefarmasi di apotek. Expert review (dianalisis CVI), Proses respon, Evaluasi struktur;internal struktur dengan EFA (eksplratory factor analysis) dan reliabilitas. Dari Hasil SPSS analisis nilai loading faktor dengan cronbach’s alpha menunjukan total skor reliability atribut harapan adalah 0,977 untuk faktor 1 harapan 0.973 dan 0.926 untuk faktor 2 harapan 0.926. Sedangkan hasil uji reliability kenyataan total skor Cronbach’s alpha adalah 0.979 dengaan nilai cronbach’s alpha faktor 1 kenyataan 0.976 dan faktor 2 kenyataan 0.931. Dari data reliabilitas yang digunakan dari masing-masing sub skala diatas 0.9 sehingga item pernyataan soal dengan nilai cronbach’s alpha dibawah 0.9 akan mengalami eliminasi. Sebanyak 10 soal tereliminasi dikarenakan nilai reliabilitasnya dibawah 0.9. Semakin tinggi nilai cronbach’alpha maka suatu item soal itu dikatakan semakin valid, bagus dan reliabel. Kueisioner kepuasan pasien memiliki bukti validitas yang cukup meliputi bukti validitas isi, proses respon dan struktur internal.

Kata Kunci: Kepuasan Pasien, Kuesioner, Validasi

Referensi

Afiyanti, Y., 2008. Focus Grup Discussion (Diskusi Kelompok Terfokus) sebagai Metode Pengumpulan
Data Penelitian Kualitatif. Jurnal Keperawatan Indonesia 12.
Alwi, I., 2012. Kriteria Empirik dalam Menetukan Ukuran Sampel pada Pengujian Hipotesis Statistika dan
Analisis Butir. Jurnal Formatif 2.
Arikunto, S., 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, XIII. ed. PT. Rineka Cipta, Jakarta.
Awaludin, M., Mantik, H., Fadillah, F., 2023. Penerapan Metode SERQUAL pada Skala Likert untuk
Mendapatkan Kualitas Pelayanan Kepuasan Pelanggan. Jurnal Sistem Informasi Universitas
Suryaderma 10, 89–106.
Azwar, S., 2006. Reliabilitas dan Validitas , ketiga. ed. Pustaka Belajar, Yogyakarta.
Pratiwi et al.,
Journal of Pharmacy and Science | Vol. 7 No. 1 | Dec 2023
135
Cook, D.A., Beckman, T.J., 2006. Current Concepts in Validity and Reliability for Psychometric
Instruments: Theory and Application. Am J Med 119, 166.e7-166.e16.
https://doi.org/10.1016/j.amjmed.2005.10.036
Downing, S.M., 2003. Validity: on the meaningful interpretation of assessment data. Med Educ 37, 830–
837. https://doi.org/10.1046/j.1365-2923.2003.01594.x
Hamid, M., Sufi, I., Konadi, W., Akmal, Y., 2019. Analisis Jalur dan Aplikasi SPSS Versi 25, 1st ed. Sefa
Bumi Persada, Lhokseumawe, Aceh.
Ihsan, H., 2015. Validitas Isi Alat Ukur Penelitian: Konsep dan Panduan Penilaiannya. PEDAGOGIA Jurnal
Ilmu Pendidikan 13, 173. https://doi.org/10.17509/pedagogia.v13i3.6004
Ilma, D.L., Mustikaningtias, I., Salsabila, I.Y.N., Sholihat, N.K., Parmasari, D.H., 2023. Analisis Tingkat
Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Apoteker Terkait Penggunaan Telefarmasi: Studi Cross-Sectional.
JPSCR: Journal of Pharmaceutical Science and Clinical Research 8, 179.
https://doi.org/10.20961/jpscr.v8i2.65680
Imaninda, V., Azwar, S., 2018. Modifikasi Patient Satisfaction Questionnaire Short Form (PSQ-18) ke
dalam Bahasa Indonesia. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP) 2, 8.
https://doi.org/10.22146/gamajop.31864
Kowsalya, D.N., Venkat, L.H., Suresh, Dr.K.P., 2012. Development and Validation of a Scale to assess
Self-Concept in Mild Intellectually Disabled Children. international Journal Soc.Sci&Education 2.
Lambert, S.D., Loiselle, C.G., 2008. Combining individual interviews and focus groups to enhance data
richness. J Adv Nurs 62, 228–237. https://doi.org/10.1111/j.1365-2648.2007.04559.x
LYNN, M.R., 1986. Determination and Quantification Of Content Validity. Nurs Res 35, 382???386.
https://doi.org/10.1097/00006199-198611000-00017
Muljono, 2002. Penyusunan dan Pengembangan Instrumen Penelitian. Lokakarya Peningkatan Suasana
Akademik Jurusan Ekonomi (pp.1-27).
Polit, D.F., Beck, C.T., 2006. The content validity index: Are you sure you know what’s being reported?
critique and recommendations. Res Nurs Health 29, 489–497. https://doi.org/10.1002/nur.20147
Schiffman, L.G., Kanuk, L.L., Wisenblit, J., 2010. Consumer behavior, X. ed. Prentice Hall, an imprint of
Pearson Education Inc., Upper Saddle River, N.J, English.
Setiyawan, A., 2014. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Reliabilitas Tes. Jurnal An Nur VI, 341–354.
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif dan kualitatif, R&D. CV. Bandung
Alfabeta. 2011, Bandung.
Suharsimi Arikunto, 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, 13th ed. PT. Ronerka Cipta,
Jakarta.
Wijaya, T., 2009. Analisis Data Penelitian Menggunakan SPSS, C.5. ed. Universitas Atma Jaya Yogyakarta,
Yogyakarta.
Wijayanto, A., 2008. Analisis Korelasi Product Moment Pearson. Journal data Undip.
Diterbitkan
2023-12-31
PDF
Abstrak views: 144
downloads: 132