OPTIMALISASI TEKNOLOGI ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI SMPN 40 PEKANBARU
OPTIMALISASI TEKNOLOGI ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI SMPN 40 PEKANBARU
DOI:
https://doi.org/10.36341/jpm.v8i2.5786Keywords:
Artificial Intelligence; Digital Learning; Technology Literacy; Educational InnovationAbstract
Penerapan Artificial Intelligence (AI) dalam pendidikan memiliki potensi besar untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Namun, adopsinya masih terkendala oleh keterbatasan infrastruktur dan rendahnya literasi teknologi di kalangan guru. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan pada Januari 2025 di SMPN 40 Pekanbaru dengan tujuan (1) meningkatkan literasi teknologi AI bagi tenaga pendidik agar mereka mampu memahami konsep dasar AI dan manfaatnya dalam dunia pendidikan, dan (2) mengembangkan keterampilan guru dalam mengintegrasikan AI ke dalam strategi pembelajaran untuk meningkatkan efektivitas pengajaran. Metode yang digunakan meliputi sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan langsung, dengan evaluasi melalui survei berbasis skala Likert. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman guru tentang AI sebesar 80%, serta antusiasme dalam pemanfaatannya untuk personalisasi pembelajaran dan otomatisasi tugas administratif. Namun, kendala seperti keterbatasan perangkat dan kebutuhan pelatihan lanjutan masih ditemukan. Oleh karena itu, diperlukan peningkatan infrastruktur, pelatihan berkelanjutan, serta pengembangan strategi pembelajaran berbasis AI untuk memastikan penerapannya lebih optimal dan berkelanjutan.
Downloads
References
X. Zhai et al., "A Review of Artificial Intelligence (AI) in Education from 2010 to 2020," Complexity, vol. 2021, no. 1, p. 8812542, 2021. doi: 10.1155/2021/8812542.
V. Dulewicz and M. Higgs, "Emotional intelligence–A review and evaluation study," J. Managerial Psychol., vol. 15, no. 4, pp. 341-372, 2000. doi: 10.1108/02683940010330993.
A. M. Lutfi, "Analisis Dampak Teknologi Artificial Intelligence Terhadap Kualitas Pembelajaran Matematika," Ph.D. dissertation, IAIN Parepare, 2024.
E. Ismanto and A. Safitri, "Sosialisasi & Edukasi: Optimalisasi Bakat dan Minat Siswa Berbasis Sistem Pakar Dengan Pendekatan Artificial Intelligence," J. Pengabdian UntukMu NegeRI, vol. 8, no. 3, pp. 307-312, 2024.
S. Kim, S. Kim, M. Lee, and H. Kim, "Review on artificial intelligence education for K-12 students and teachers," J. Korean Assoc. Comput. Educ., vol. 23, no. 4, pp. 1-11, 2020.
M. N. Kholis, R. Hertati, and M. Y. Amrullah, "Pembuatan Rumah Ikan (Rumpon) Lubuk Larangan Di Dusun Tebat Kabupaten Bungo Provinsi Jambi," J. Pengabdian Dharma Laksana, 2022.
P. D. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2010.
M. W. Cheng and I. H. Yim, "Examining the use of ChatGPT in public universities in Hong Kong: a case study of restricted access areas," Discover Education, vol. 3, no. 1, p. 1, 2024.
L. Chen, P. Chen, and Z. Lin, "Artificial intelligence in education: A review," IEEE Access, vol. 8, pp. 75264-75278, 2020. doi: 10.1109/ACCESS.2020.2983457.
W. Widya et al., "Pelatihan pembuatan bahan ajar digital menggunakan aplikasi kvsoft flipbook dan web anyflip di SMP Negeri 41 Padang," J. Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, vol. 4, no. 3, pp. 183-189, 2021.
Y. Y. Prasetya et al., "Teachers' Perception of Artificial Intelligence Integration in Learning: A Cross-Sectional Online Questionnaire Survey," in Proc. 2024 10th Int. Conf. Educ. Technol. (ICET), 2024, pp. 179-185. doi: 10.1109/ICET.2024.0123456.
W. Yulianti, "Pengenalan Aplikasi Robomind Kepada Santriwan/santriwati di Pondok Pesantren Al Munawarrah," J. Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, vol. 4, no. 3, pp. 194-199, 2021.
I. Rachmayanti and M. A. Alatas, "Pemanfaatan AI sebagai Media Pembelajaran Digital dalam Foreign Language Development Program (FLDP) IAIN Madura," Ghancaran: J. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, vol. 4, no. 3, pp. 214-226, 2023.
S. Supriyanto and N. Toifah, "Efektifitas Penggunaan Artificial Intelligence (AI) Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Era Society 5.0: Systematic Literature Review," Lugawiyyat, vol. 6, no. 2, pp. 42-54, 2024.
J. R. Handayani and M. Marsofiyati, "Pengaruh Penggunaan Artificial Intelligence (AI) dan Media Quizizz Terhadap Minat Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Teknologi Digital Pendidikan," Mutiara: J. Penelitian dan Karya Ilmiah, vol. 3, no. 1, pp. 54-75, 2025.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
1. Copyright of all journal manuscripts is held by the Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin.Formal legal provisions to access digital articles of electronic journal are subject to the provision of the Creative
2. Commons Attribution-ShareAlike license (CC BY-NC-SA), which means that Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin is rightful to keep, transfer media/format, manage in the form of databases, maintain, and
3. publish articles.Published manuscripts both printed and electronic are open access for educational, research, and library purposes. Additionally, the editorial board is not responsible for any violations of copyright law.
licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.