PENINGKATAN KETERAMPILAN BRANDING UMKM TARAKAN MELALUI PEMANFAATAN TEKNOLOGI DIGITAL DI ERA 4.0
DOI:
https://doi.org/10.36341/jpm.v8i2.5522Kata Kunci:
umkm, branding, media sosial, tarakanAbstrak
Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Tarakan seringkali menghadapi tantangan dalam memanfaatkan branding dan teknologi di era digital untuk meningkatkan daya saing produk mereka, termasuk bersaing dengan brand nasional dari luar kota. Rendahnya pengetahuan mengenai strategi branding yang efektif dan kurangnya pemahaman dalam penggunaan teknologi, seperti desain grafis dan media sosial, menjadi kendala utama dalam memperluas jangkauan pemasaran. Oleh karena itu, berdasarkan permasalahan tersebut diusulkan pengabdian berupa kegiatan seminar dan workshop yang berfokus pada peningkatan keterampilan branding melalui pemanfaatan teknologi digital. Metode pelaksanaan berbasis PAP (Project Action Plan) dengan tahapan: survei lokasi, persiapan, pelaksanaan seminar dan workshop, evaluasi dan pelaksanaan, serta pelaporan dan persiapan publikasi. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan dampak positif, dimana kemampuan pelaku UMKM di Kota Tarakan mengalami peningkatan dalam memanfaatkan teknologi digital untuk membuat dan mengelola branding mereka dengan lebih baik, serta terampil dalam menggunakan software editing dan media sosial untuk mendukung promosi produk mereka. Manfaat yang diperoleh dari kegiatan ini tidak hanya membantu UMKM Kota Tarakan beradaptasi dengan tantangan dan peluang di era digital, tetapi juga memperluas jangkauan pemasaran produk serta meningkatkan daya saing di pasar lokal dan nasional. Secara keseluruhan, kegiatan ini turut andil berkontribusi dalam meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan daya saing UMKM di Kota Tarakan, serta mendukung pertumbuhan ekonomi lokal yang berkelanjutan.
Unduhan
Referensi
N. A. Yuniarti, “Kualitas SDM dan literasi keuangan pada UMKM di era digitalisasi: Systematic literature review,” J. Manaj. Dan Prof., vol. 5, no. 2, 2024.
L. M. Hamza and D. Agustien, “Pengaruh Perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Terhadap Pendapatan Nasional Pada Sektor UMKM di Indonesia,” J. Ekon. Pembang., vol. 8, no. 2, pp. 127–135, 2019, doi: 10.23960/jep.v8i2.45.
C. N. Halimatussa’diyah and S. Andarini, “Pendampingan UMKM Melalui Brand Equity Sebagai Upaya Peningkatan Volume Penjualan Di Desa Bareng MSMEs Assistance Through Brand Equity As An Effort To Increase Sales Volume In Villages Together,” J. Masy. Mengabdi Nusant., vol. 2, no. 3, pp. 148–160, 2023.
Murdiastuti and Wukirsari, “Terdapat 26.200 UMKM Di Tarakan,” RRI. Accessed: Feb. 20, 2025. [Online]. Available: https://www.rri.co.id/tarakan/umkm/1213116/terdapat-26-200-umkm-di-tarakan
N. M. Ali Lutfi Munirudin, Elly Jumiati, “faktor yang mempengaruhi produksi usaha mikro kecil dan Lokasi dan Waktu Penelitian Analisis Data menggunakan komputer dengan menggunakan,” J. Ilmu Pertan., vol. 2, no. 1, pp. 6–11, 2019.
S. Aminah and R. Novendra, “Pengembangan UMKM Food and Beverage Kelurahan Medokan Semampir Melalui Pendekatan Digital Branding dalam Menghadapi Era Digital,” JURAI J. ABDIMAS Indones., vol. 1, no. 2, pp. 64–74, 2023.
S. D. Setiawati, M. Retnasari, and Diny Fitriawati, “Strategi membangun branding bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah,” J. ABDIMAS BSI J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 1, pp. 125–136, 2019.
Y. Jusman, M. T. Assary, H. Febriani, D. Anisya, and M. A. Tumahadi, “Pengembangan Umkm Wedang Uwuh ‘Mbak Duk’ Di Desa Mangunan, Bantul, Yogyakarta,” J. Pengabdi. Masy. Multidisiplin, vol. 5, no. 3, pp. 148–154, 2022, doi: 10.36341/jpm.v5i3.2494.
K. A. Akhmad, “Pemanfaatan Media Sosial bagi Pengembangan Pemasaran UMKM (Studi Deskriptif Kualitatif pada Distro di Kota Surakarta),” DutaCom J., vol. 9, no. 1, pp. 43–54, 2015.
A. A. Ajibulloh, A. I. Mahendra P, and N. Yudhistira, “Pelatihan Pemasaran Pada Umkm Sumber Sehat Sebagai Cara Untuk Memperkenalkan Produk,” J. Pengabdi. Masy. Multidisiplin, vol. 7, no. 1, pp. 16–24, 2023, doi: 10.36341/jpm.v7i1.3458.
Z. Abidin Achmad, T. Zendo Azhari, W. Naufal Esfandiar, N. Nuryaningrum, A. Farah Dhilah Syifana, and I. Cahyaningrum, “Pemanfaatan Media Sosial dalam Pemasaran Produk UMKM di Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik,” J. Ilmu Komun., vol. 10, no. 1, pp. 17–31, 2020, doi: 10.15642/jik.2020.10.1.17-31.
A. F. Akh fawaid, M. Makruf, and L. Lutfiyanto, “Pelatihan Rebranding Dan Digitalisasi Marketing Berbasis Website Pada Umkm Nyi Leha Batik,” J. Pengabdi. Masy. Multidisiplin, vol. 7, no. 2, pp. 176–186, 2024, doi: 10.36341/jpm.v7i2.4015.
M. Nurkamid, I. Lina Putra, and A. Tri Saputra, “Pemanfaatan Media Sosial sebagai Strategi Pemasaran ProdukLokal UMKM Berbahan Limbah Ampas Kopi Aroma Kopi Terapi pada UMKM Pati,” Ikra-Ith Abdimas, vol. 8, no. 2, pp. 136–141, 2024, doi: 10.37817/ikra-ithabdimas.v8i2.3168.
M. Rahmawati, S. R. Pratiwi, R. Wahyuni, K. Kartini, and I. Asas, “UMKM Cakap Digital melalui Penerapan E-Commerce: Studi Empiris di Kota Tarakan,” J. Alwatzikhoebillah Kaji. Islam. Pendidikan, Ekon. Hum., vol. 10, no. 2, pp. 318–331, 2024.
Y. F. Edy Jogatama Purhita, Sarwo Nugroho, Santi Widiastuti, Ahmad Zainudin, Ayyub H.B.N.MS, “Peningkatan Kapasitas SDM dalam Memahami Pentingnya Branding dan Packaging Produk UMKM Desa,” urnal Pengabdi. Kpd. Masy. Nusant., vol. 4, no. 4, pp. 4455–4462, 2023.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
1. Copyright of all journal manuscripts is held by the Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin.Formal legal provisions to access digital articles of electronic journal are subject to the provision of the Creative
2. Commons Attribution-ShareAlike license (CC BY-NC-SA), which means that Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin is rightful to keep, transfer media/format, manage in the form of databases, maintain, and
3. publish articles.Published manuscripts both printed and electronic are open access for educational, research, and library purposes. Additionally, the editorial board is not responsible for any violations of copyright law.
licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.