EDUKASI FISIKA MELALUI FILM FIKSI ILMIAH DALAM KEGIATAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

PHYSICS EDUCATION THROUGH SCIENCE FICTION FILM IN COMMUNITY SERVICE ACTIVITIES

Penulis

  • Alfikri Dwi Mauluda Universitas Kebangsaan Republik Indonesia
  • Naily Ulya Universitas Kebangsaan Republik Indonesia
  • Devi Nurhanivah Universitas Kebangsaan Republik Indonesia https://orcid.org/0009-0004-0867-7363

DOI:

https://doi.org/10.36341/jpm.v8i2.5538

Kata Kunci:

Literasi Fisika, Listrik dan Magnet, Film Fiksi Ilmiah, Pengabdian Kepada Masyarakat

Abstrak

Kemajuan teknologi di era globalisasi tidak dapat dilepaskan dari konsep dasar fisika, terutama dalam bidang listrik dan magnet. Namun, kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa banyak siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep tersebut karena pembelajaran yang masih bersifat teoretis dan kurang menarik. Metode pengajaran yang konvensional sering kali membuat siswa sulit menghubungkan teori dengan penerapan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi fisika siswa dengan memanfaatkan media film fiksi ilmiah sebagai alat bantu pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Padalarang dengan melibatkan 63 siswa kelas XII peminatan IPA. Program ini dirancang dengan pendekatan yang mencakup pemberian materi secara sistematis, sesi diskusi yang membangun pemahaman konseptual, serta demonstrasi melalui tayangan film fiksi ilmiah yang relevan dengan topik listrik dan magnet. Penggunaan film dalam pembelajaran bertujuan untuk memberikan pengalaman visual yang lebih konkret sehingga siswa dapat lebih mudah memahami aplikasi konsep fisika dalam berbagai fenomena teknologi modern. Pendekatan berbasis film fiksi ilmiah ini efektif dalam meningkatkan minat siswa terhadap fisika, yang ditunjukkan melalui partisipasi aktif dalam diskusi dan respons positif melalui kuesioner evaluasi. Hal ini juga dibuktikan dengan hasil analisis data yang menunjukkan peningkatan rata-rata nilai pretest sebesar 35.71 menjadi 57.94 pada posttest, dengan nilai N-Gain keseluruhan 0.35 yang termasuk dalam kategori sedang. Dengan demikian, penggunaan media film fiksi ilmiah dapat menjadi alternatif inovatif dalam pembelajaran fisika yang lebih menyenangkan dan efektif.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-02-27

Cara Mengutip

Mauluda, A. D., Ulya, N., & Nurhanivah, D. (2025). EDUKASI FISIKA MELALUI FILM FIKSI ILMIAH DALAM KEGIATAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT: PHYSICS EDUCATION THROUGH SCIENCE FICTION FILM IN COMMUNITY SERVICE ACTIVITIES. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 8(2), 117–126. https://doi.org/10.36341/jpm.v8i2.5538

Terbitan

Bagian

Articles