DETEKSI DINI DAN PENCEGAHAN GANGUAN PEMUSATAN PERHATIAN DAN HIPERAKTIF (GPPH) PADA ANAK TK ‘AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL (ABA) PURBAYAN KOTAGEDE YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.36341/jpm.v8i2.5701Kata Kunci:
Perkembangan anak, Deteksi Dini, Pemusatan Perhatian.Abstrak
Pengabdian Masyarakat telah dilakukan pada bulan September 2024 tentang pemeriksaan dan pencegahan gangguan pemusatan perhatian yang sudah dilaksanakan di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) Purbayan Kotagede Yogyakarta, kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman orang tua dalam mendeteksi gangguan pemusatan perhatian pada anak, serta merupakan upaya bersama anatara dosen dan pihak sekolah beserta orang tua dalam rangka mewujudkan kepedulian, kesadaran, pemahaman dan keterampilan masyarakat terhadap gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivfitas (GPPH). Pemerintah berperan aktif dalam deteksi, stimulasi, dan intervensi tumbuh kembang anak melalui beberapa program seperti program Deteksi Dini Tumbuh Kembang (DDTK) untuk mendeteksi perkembangan anak sejak dini, program SDIDTK untuk stimulasi dan intervensi, serta kebijakan terkait untuk mendukung pelaksanaan program-program tersebut. Kegiatan tersebut sebagai bagian dari upaya promotif, preventif dan pemberdayaan masyarakat dalam pencegahan gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktif (GPPH). Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan sosialisasi/ workshop dengan menggunakan metode ceramah, diskusi dan pelatihan bagaimana melakukan pemeriksaan gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktif pada anak. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa pemahaman guru sekolah dan orang tua meningkat dari 20% peserta menjadi 80% dalam mendeteksi perkembangan pemusatan perhatian, dan 20% peserta yang lain sudah faham sebelumnya terkait dengan GPPH
Unduhan
Referensi
Fadlillah, Desain Pembelajaran PAUD. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. 2014.
Indri Ariani, Raisya Nafilah Lubis, Salsabila Henrita Sari, Yohana Fransisca, Fauziah Nasution, Perkembangan Motooik Pada Anak Usia Dini, Jurnal pendidikan dan konseling Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, 2022.
Heri Rahyubi, TeorriTeori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik, Bandung : Nusa Media, 2012
M.Khaironi, Perkembangan Anak Usia Dini, Jurnal Golden Age Hamzanwadi University Vol. 3 No. 1, Hal. 1-12 E-ISSN : 2549-7367, Juni 2018.
Naqiyah, Sutijono, Laksmiwati, Studi Kasus Tentang Konsentrasi Belajar pada anak ADHD (Attention Hyperactivity Disorder) di SDIT At-Taqwa Surabaya dan SDN V Babatan Surabaya, 2018.
Rachmad Mulyono, Menangani Anak Hiperaktif. Edisi kedua. Jakarta: Studia Press, 2007
World Health Statistics monitoring health for the SDGs, sustainable development goals. In WHO (Vol. 66). https://www.fairportlibrary.org/images/files/RenovationProject/Concept_cost_es timate_accepted_031914.pdf, 2018.
Depkes RI. Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. Jakarta: Departemen Kesehatan RI, 2013.
Ika Tristanti, ndanah, Teguh Imam Prasetyo, Kejadian Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas (GPPH) Pada anak pra sekolah di RSUD DR Loekmonohadi Kudus, Indonesia Jurnal kebidanan volume 4 nomor 1, 2020
Friandry Windisany Thoomaszen, Philia h. Octavianus, Berti Tobani, Omri Boki, Resint Febriyanti Tade, Merlin Kapitan, Sadrakh Mesakh Lawalu, Devi Novita Sheldena, Psikoedukasi Tentang Asesmen Dan Penanganan Anak Autisme Pada Terapis dan Staff Plan Naimata, Jurnal Pengabdian Masyarakat Musltidisiplin, volume 7 No 3 Hal ; 240-252, 2024.
Listiana Masyita Dewi, Muhamad Tegar Aji Pangestu, Feby indika Briliana, Faris Hasabi, Maulida Rahmah, Hetty Soelakmi Bekti, Gavin Editya Mukti, Devy Ayu Ningtyas, Ratu Anggini Nima Sundari, Firstiara Alifah Putriasari, Mohammad Alifiya Devano, Pediansyah Farras Ramdhan Suharo, Skrining Tumbuh Kembang Anak Pada Siswa KB Intan Permata Aisyiyah Makamhaji, Jurnal Pengabdian Masyarakat Musltidisiplin, volume 6 No 1 Hal ; 51-57, 2022.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. Copyright of all journal manuscripts is held by the Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin.Formal legal provisions to access digital articles of electronic journal are subject to the provision of the Creative
2. Commons Attribution-ShareAlike license (CC BY-NC-SA), which means that Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin is rightful to keep, transfer media/format, manage in the form of databases, maintain, and
3. publish articles.Published manuscripts both printed and electronic are open access for educational, research, and library purposes. Additionally, the editorial board is not responsible for any violations of copyright law.
licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.