PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK BERBASIS PENDAMPINGAN PADA UMKM HAULA FROZEN FOOD DI DESA KEMIRI

ENHANCING PRODUCT SALES THROUGH MENTORSHIP AT HAULA FROZEN FOOD MSME IN KEMIRI VILLAGE

Penulis

  • Laela Rahma Adila Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Rabhi Fathan Muhammad Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.36341/jpm.v8i2.5750

Kata Kunci:

UMKM, Pemasaran Digital, Pendampingan

Abstrak

UMKM Haula Frozen Food di Desa Kemiri, Kabupaten Karawang menghadapi kendala dalam pemasaran digital, yang berdampak pada keterbatasan jangkauan pasar dan rendahnya volume penjualan. Untuk mengatasi permasalahan ini, dilakukan kegiatan pendampingan yang bertujuan meningkatkan efektivitas pemasaran dan penjualan melalui strategi berbasis digital. Pendampingan ini menggunakan metode Participatory Action Research (PAR) yang melibatkan pelaku UMKM secara aktif dalam setiap tahap perencanaan dan implementasi. Program yang dilaksanakan mencakup pembuatan identitas visual, seperti logo, brosur, dan banner untuk memperkuat citra merek, serta penyusunan Standard Operating Procedure (SOP) E-Commerce. Selain itu, UMKM didampingi dalam optimalisasi penggunaan platform digital seperti WhatsApp Business, Tiktok Shop, dan Shopee sebagai sarana pemasaran dan penjualan. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam omset sebesar 62,5%, volume penjualan sebesar 68,18%, jangkauan pasar yang lebih luas, serta kesadaran merek bagi konsumen. Pendampingan yang dilakukan secara intensif juga memastikan pelaku UMKM dapat secara mandiri mengelola strategi pemasaran digital mereka, sehingga meningkatkan daya saing usaha di era digital serta mendukung pertumbuhan bisnis secara berkelanjutan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-02-28

Cara Mengutip

Adila, L. R., & Muhammad, R. F. (2025). PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK BERBASIS PENDAMPINGAN PADA UMKM HAULA FROZEN FOOD DI DESA KEMIRI: ENHANCING PRODUCT SALES THROUGH MENTORSHIP AT HAULA FROZEN FOOD MSME IN KEMIRI VILLAGE. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 8(2), 234–243. https://doi.org/10.36341/jpm.v8i2.5750

Terbitan

Bagian

Articles