PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK BERBASIS PENDAMPINGAN PADA UMKM HAULA FROZEN FOOD DI DESA KEMIRI
ENHANCING PRODUCT SALES THROUGH MENTORSHIP AT HAULA FROZEN FOOD MSME IN KEMIRI VILLAGE
DOI:
https://doi.org/10.36341/jpm.v8i2.5750Kata Kunci:
UMKM, Pemasaran Digital, PendampinganAbstrak
UMKM Haula Frozen Food di Desa Kemiri, Kabupaten Karawang menghadapi kendala dalam pemasaran digital, yang berdampak pada keterbatasan jangkauan pasar dan rendahnya volume penjualan. Untuk mengatasi permasalahan ini, dilakukan kegiatan pendampingan yang bertujuan meningkatkan efektivitas pemasaran dan penjualan melalui strategi berbasis digital. Pendampingan ini menggunakan metode Participatory Action Research (PAR) yang melibatkan pelaku UMKM secara aktif dalam setiap tahap perencanaan dan implementasi. Program yang dilaksanakan mencakup pembuatan identitas visual, seperti logo, brosur, dan banner untuk memperkuat citra merek, serta penyusunan Standard Operating Procedure (SOP) E-Commerce. Selain itu, UMKM didampingi dalam optimalisasi penggunaan platform digital seperti WhatsApp Business, Tiktok Shop, dan Shopee sebagai sarana pemasaran dan penjualan. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam omset sebesar 62,5%, volume penjualan sebesar 68,18%, jangkauan pasar yang lebih luas, serta kesadaran merek bagi konsumen. Pendampingan yang dilakukan secara intensif juga memastikan pelaku UMKM dapat secara mandiri mengelola strategi pemasaran digital mereka, sehingga meningkatkan daya saing usaha di era digital serta mendukung pertumbuhan bisnis secara berkelanjutan.
Unduhan
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
1. Copyright of all journal manuscripts is held by the Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin.Formal legal provisions to access digital articles of electronic journal are subject to the provision of the Creative
2. Commons Attribution-ShareAlike license (CC BY-NC-SA), which means that Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin is rightful to keep, transfer media/format, manage in the form of databases, maintain, and
3. publish articles.Published manuscripts both printed and electronic are open access for educational, research, and library purposes. Additionally, the editorial board is not responsible for any violations of copyright law.
licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.