PEMBERDAYAAN EKONOMI LOKAL MELALUI PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN BAGI IBU RUMAH TANGGA SEKITAR UIN SATU TULUNGAGUNG
LOCAL ECONOMIC EMPOWERMENT THROUGH PROCESSING AGRICULTURAL PRODUCTS FOR HOUSEWIVES AROUND UIN SATU TULUNGAGUNG
DOI:
https://doi.org/10.36341/jpm.v8i2.5779Kata Kunci:
Pemberdayaan Ekonomi, Pengolahan, Pemasaran dan Pengemasan ProdukAbstrak
Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan keluarga, khususnya ibu rumah tangga, melalui pelatihan pengolahan keripik pisang. Pelatihan ini mengajarkan teknik pengolahan pisang menjadi keripik yang renyah dan bernilai ekonomi tinggi, dengan memanfaatkan potensi buah pisang yang melimpah di sekitar. Menggunakan metode Asset Based Community Development (ABCD), program ini berfokus pada pemberdayaan komunitas dengan memanfaatkan aset lokal dan meningkatkan keterampilan produksi. Selain pelatihan teknis, peserta juga mendapatkan pendampingan dalam aspek pemasaran dan pengemasan produk. Melalui sesi mentorship dari ahli pemasaran, ibu rumah tangga diberikan wawasan tentang strategi pemasaran digital dan pentingnya branding produk. Hasilnya, peserta berhasil meningkatkan kualitas produk, memperbaiki pengemasan, dan memasarkan produk melalui berbagai saluran, termasuk media sosial. Program ini berdampak positif terhadap peningkatan pendapatan keluarga peserta, menciptakan peluang usaha baru, dan memperluas pasar. Dengan pendekatan yang komprehensif, program ini diharapkan dapat menciptakan keberlanjutan ekonomi di tingkat lokal dan meningkatkan kesejahteraan ibu rumah tangga.
Unduhan
Referensi
I. . Fadlina, “Perencanaan Pembangunan Pertanian Berkelanjutan di Kota Batu (Kajian tentang Pengembangan Pertanian Organik di Kota Batu),” Universitas Brawijaya, 2013. [Online]. Available: http://repository.ub.ac.id/155991/
L. Limbong, “ANALISIS KONTRIBUSI SEKTOR PERTANIAN TERHADAP NILAI PDRB KABUPATEN DAIRI PROVINSI SUMATERA UTARA,” Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, 2021.
N. MN, “MENGGALI DAN MENGEMBANGKAN POTENSI DAERAH DALAM PERWUJUDAN OTONOMI DAERAH ‘Perspektif Konseptual,’” Econ. J. Indones., pp. 267–280, 2008.
D. Pitaloka, “HORTIKULTURA: POTENSI, PENGEMBANGAN DAN TANTANGAN,” G-Tech J. Teknol. Terap., vol. 1, no. 1, 2017.
Maryuni, “SISTEM PEMBERDAYAAN EKONOMI KECIL: Industri Pangan dan Industri Kreatif,” Banjarmasin, 2017.
S. Maihani and Elfiana, “Pemasaran Produk Pertanian Berbasis Agribisnis Dalam Upaya Percepatan Pertumbuhan Ekonomi Pedesaan,” Lentera J. Ilm. Sains dan Teknol., vol. 16, no. 18, 2016.
Suyanti and A. Supriyadi, Pisang, Budi Daya, Pengolahan, dan Prospek Pasar. Depok: Penebar Swadaya, 2008.
T. Y. N, Agung, and Yos, “Analisis Nilai Tambah Keripik Gedebog Pisang Industri Rumah Tangga Raffi Snack di Kabupaten Klaten,” JASE J. Agribusiness, Soc. Econ., vol. 4, no. 2, 2024.
Daryanto, Menggunakan, Merawat, dan Memperbaiki Peralatan Dapur. Rawamangun: PT. Bumi Aksara, 2022.
M. Indrasari, Pemasaran & Kepuasan Pelanggan. Surabaya: UP Unitomo Press, 2019.
A. Shodiqin, A. P. KA, S. Suneki, M. Yunus, and I. Y. Kartika, “Inovasi Produksi Packaging Manajemen Usaha dan Digital Marketing Berbasis Environmental Sustainability Bagi Petani Garam Jono,” J. Pengabdi. Masy. Multidisiplin, vol. 8, no. 1, pp. 68–74, Oct. 2024, doi: 10.36341/jpm.v8i1.5285.
A. F. Akh fawaid, M. Makruf, and L. Lutfiyanto, “Pelatihan Rebranding dan Digitalisasi Marketing Berbasis Website pada UMKM Nyi Leha Batik,” J. Pengabdi. Masy. Multidisiplin, vol. 7, no. 2, pp. 176–186, Feb. 2024, doi: 10.36341/jpm.v7i2.4015.
N. M. A. G. R. Astiti, Pentingnya Kemasan dalam Pemasaran Produk. Surabaya: Surabaya, 2023.
Khusniah, Riza. dkk. “Pelatihan Pengemasan Produk, Pembentukan dan Pendampingan Kelompok Usaha Wanita Binaan Politeknik Negeri Batam di Kampung Melayu,” MID Publ. J. Sustain. Community Dev., vol. 2, no. 2, 2024.
Anita, dkk. “Pelatihan Pembuatan Kerupuk ‘Debog Pisang’ dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga di Desa Konang Kecamatan Glagah Lamongan Jawa Timur,” E-Amal J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 2, pp. 197–204, 2021.
A. A. Ajibulloh, A. I. Mahendra P, and N. Yudhistira, “Pelatihan Pemasaran pada UMKM Sumber Sehat sebagai Cara Untuk Memperkenalkan Produk,” J. Pengabdi. Masy. Multidisiplin, vol. 7, no. 1, pp. 16–24, Oct. 2023, doi: 10.36341/jpm.v7i1.3458.
Darmawati, dkk. “Pemanfaatan Hasil Perkebunan Pisang di Desa Tanjung menjadi Olahan Keriping Pisang Lumer,” J. Pengabdi. Masy. Bangsa, vol. 2, no. 6, pp. 2395–2399, 2024.
Septiarti, Serafin Wisni. dkk. Pendampingan Masyarakat. Madiun: CV. Bayfa Cindekia Indonesia, 2024.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
1. Copyright of all journal manuscripts is held by the Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin.Formal legal provisions to access digital articles of electronic journal are subject to the provision of the Creative
2. Commons Attribution-ShareAlike license (CC BY-NC-SA), which means that Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin is rightful to keep, transfer media/format, manage in the form of databases, maintain, and
3. publish articles.Published manuscripts both printed and electronic are open access for educational, research, and library purposes. Additionally, the editorial board is not responsible for any violations of copyright law.
licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.