PENGARUH SERVANT LEADERSHIP PADA MANAJER PROYEK & KEPUASAN KERJA TERHADAP PROJECT SUCCESS FACTOR

  • Rayhan Mustofa Kartiyasa Universitas Indonesia
  • Ayomi Dita Rarasati Universitas Indonesia

Abstract

Proyek didefinisikan sebagai runtutan tugas yang harus diselesaikan untuk mencapai suatu hasil tertentu. Menurut Project Management Institute (PMI), istilah Proyek mengacu pada "setiap usaha dengan awal dan akhir yang pasti", meliputi berbagai macam industri, termasuk proyek konstruksi. Manajer proyek pada suatu proyek memiliki pengaruh terhadap kinerja pada pelaksanaan suatu proyek. Dengan demikian jenis kepimimpinan pada seorang manajer proyek juga akan berdampak terhadap kesuksesan proyek konstruksi. Lalu kepuasan kerja pada tim proyek merupakan perasaan/pendapat tim proyek akan pekerjaan mereka. Pada penelitian ini dilakukan analisa untuk mengukur pengaruh gaya kepemimpinan servant pada manajer proyek serta kepuasan kerja tim proyek, terhadap keberhasilan proyek dalam hal kinerja jadwal, kinerja biaya, kinerja kualitas, dan kepuasan pemangku kepentingan, terutama pada proyek-proyek konstuksi di Indonesia. Penlitian dilakukan dengan melakukan survey kuantitatif terhadap profesional proyek umum maupun proyek konstruksi di Indonesia dan kemudian hasil survey akan diolah dengan metode Structural Equation Modelling.

References

R. Turner, J. R. Turner, and R. Müller, “The Project Manager’s Leadership Style as a Success Factor on Projects: A Literature Review.” [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/258568476

V. H. Vroom and A. G. Jaago, “The role of the situation in leadership,” American Psychologist, vol. 62, no. 1, pp. 17–24, Jan. 2007, doi: 10.1037/0003-066X.62.1.17.

S. P. , ; Judge. , T. A. Robbins, Organizational behavior. New Jersey: Pearson Prentice Hall, 2007.

C. J. Davis, Servant Leadership and Followership. Kansas: Palgrave Macmillan, 2017.

Project Management Institute and Project Management Institute, A guide to the project management body of knowledge (PMBOK guide).

G. J. Ritz, Total construction project management. McGraw-Hill, 1994.

R. K. Greenleaf, L. C. Spears, S. R. Covey, and P. M. Senge, “Servant leadership : a journey into the nature of legitimate power and greatness,” p. 370.

-dirk van Dierendonck and lMKE Heeren, “TOWARD A RESEARCH MODEL OF SERVANT-LEADERSHIP”.

J. A. Conger, R. N. Kanungo, and S. T. Menon, “Charismatic leadership and follower e€ects.”

J. A. Conger and R. N. Kanungo, “Charismatic Leadership in Organizations: Perceived Behavioral Attributes and Their Measurement,” 1994. [Online]. Available: http://www.jstor.orgURL:http://www.jstor.org/stable/2488215http://www.jstor.org/stable/2488215?seq=1&cid=pdf-reference#references_tab_contents

L. J. Konczak, D. J. Stelly, and M. L. Trusty, “Defining and measuring empowering leader behaviors: Development of an upward feedback instrument,” Educ Psychol Meas, vol. 60, no. 2, pp. 301–313, 2000, doi: 10.1177/00131640021970420.

S. Harter, “Authenticity,” Handbook of positive psychology, pp. 382–394.

P. E. Spector, “Job Satisfaction : Application , Assessment , Causes , and Consequences The Nature of Job Satisfaction,” The Nature of Job Satisfaction, pp. 1–6, 1997.

R. Kreitner, “Organizational Behavior by Kreitner and Kinicki 9th Edition Ch3 and 4.pdf,” 2010, Accessed: Dec. 11, 2022. [Online]. Available: https://books.google.com/books/about/Organizational_Behavior.html?id=J-oePwAACAAJ

S. Azash, R. Safare, and M. S. Kumar, “THE MOTIVATIONAL FACTORS AND JOB SATISFACTION: A STUDY ON SELECTED PUBLIC AND PRIVATE SECTOR BANK EMPLOYEES IN KADAPA DISTRICT, ANDHRA PRADESH,” 2011.

Fred. Luthans, “Organizational behavior : an evidence-based approach,” p. 574, 2011.

Published
2023-06-26
Section
Articles
PDF (Bahasa Indonesia)
Abstract views: 146
downloads: 162