PENDAMPINGAN DAN PEMANFAATAN MEDIA MARKETPLACE DAN PEMBUKUAN KEUANGAN SECARA ONLINE
Abstract
Salah satu daerah di Yogyakarta yang terletak di daerah Imogiri, terdapat sebuah minuman unik dan menyehatkan, yakni Wedang Uwuh. Wedang adalah kata dalam bahasa Jawa yang berarti minuman, sedangkan uwuh berarti sampah. Minuman ini dinamakan demikian karena bahan-bahan yang berupa dedaunan mirip dengan sampah. Warung Maremi memiliki potensi untuk berkembang yaitu pembelian produknya sudah mencapai luar pulau meskipun hanya melalui orang ke orang. Sehingga permasalahan dari unit Wedang Uwuh Maremi ini ada di bagian pemasaran dari produknya karena pemilik mitra ini hanya memiliki whatsapp dan belum memiliki e-commerce lain. Seperti yang kita semua ketahui, virus Covid-19 membuat kita terbatas untuk melakukan apapun. Adanya pandemi berdampak buruk bagi semua aspek yang ada di negara ini bahkan seluruh dunia ini. Salah satu aspek yang sangat berdampak karena wabah ini adalah aspek ekonomi. Virus Covid-19 membuat pemerintah harus mengeluarkan peraturan Pembatasan Sosial Skala Besar, dimana orang-orang yang tidak punya kepentingan dilarang keras untuk keluar rumah, dan jika ada kepentingan mendesak masyarakatpun harus mematuhi peraturan protokol yang ada dengan menggunakan masker dan saling menjaga jarak. , para pemilik UMKM harus memutar otak dan mencari cara agar produk mereka tetap mendapatkan perhatian dan minat dari konsumen. Sehingga pola pemasaran pun berubah terlebih ketika diberlakukan social distancing dan Pembatasan Sosial Skala Besar.
References
Rahmati. (2009). Pemanfaatan E-commerce Dalam Bisnis Di Indonesiahttp://citozcome.blogspot.com/2009/05/pemanfaatan-e-commerce-dalam-bisnis-di.html. Diakses tanggal 06 Agustus 2011.
Indonesia, C. (n.d.). Retrieved from https://www.cnbcindonesia.com/tech/20190516203654-37-73077/ini-toko-online-yang-paling-sering-dikunjungi-orang-ri
Books, D. (n.d.). Retrieved from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/10/22/inilah-10-e-commerce-dengan-pengunjung-terbesar
Sastika. (2017). ANALISIS KUALITAS LAYANAN DENGAN MENGGUNAKAN E-SERVICE QUALITY UNTUK MENGETAHUI KEPUASAN PELANGGAN BELANJA ONLINE SHOPPE.
Adityo, F. (2017). Implementasi Integrated Marketing Communication (IMC) Pada PT Tokopedia Dalam Mempertahankan Pelanggan.
Copyright (c) 2022 Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. Copyright of all journal manuscripts is held by the Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin.Formal legal provisions to access digital articles of electronic journal are subject to the provision of the Creative
2. Commons Attribution-ShareAlike license (CC BY-NC-SA), which means that Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin is rightful to keep, transfer media/format, manage in the form of databases, maintain, and
3. publish articles.Published manuscripts both printed and electronic are open access for educational, research, and library purposes. Additionally, the editorial board is not responsible for any violations of copyright law.
licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.