PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS IT UNTUK SISWA SD MUHAMMADIYAH TAMANTIRTO
Abstract
Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah Tamantirto Bantul merupakan salah satu lembaga pendidikan sekolah dasar dibawah naungan yayasan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kasihan. Kendala yang sering dihadapi di SD tersebut adalah kurangnya motivasi belajar siswa saat pembelajaran tatap muka. Pengabdian ini mengusulkan solusi berupa pelatihan pembuatan video bahan ajar menggunakan Microft Power Point dan Youtube. Pemilihan Microsoft Power Point sebagai aplikasi penunjang pembuatan video karena interface aplikasi ini dirasa sudah lebih familiar terutama dikalangan guru namun penggunaanya masih belum maksimal. Pada pelatihan ini guru dikenalkan dengan tools record slide show untuk membuat video dari slide presentasi yang telah disiapkan. Dari pelatihan ini para guru mendapatkan keterampilan baru yang diharapkan dapat menumbuhkan dan memotivasi para guru untuk saling berkolaborasi memberikan inovasi baru dalam membuat sebuah media pembelajaran yang efektif bagi siswa.
References
Yusrizal, Y., I. Safiah, and N. Nurhaidah, Kompetensi Guru dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (Tik) di SD Negeri 16 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2017. 2(2).
Khayroiyah, S. and A.S. Nasution, Penggunaan TIK Dan Internet Sebagai Media Belajar Untuk Meningkatkan Kinerja Guru. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2018. 3(1).
Husain, C., Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tarakan. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 2014. 2(2).
Sri S. Dewantik H, A.M., Edi Waluyo, Penerapan Pembelajaran Berbasis Komputer Sebagai Dasar Pengenalan Teknologi Informasi Pada Guru Taman Kanak-Kanak Di Kota Semarang. Jurnal Abdimas, 2010. 14(2).
Indra, Z., N. Zamin, and J. Jaafar. A clustering technique using single pass clustering algorithm for search engine. in 2014 4th World Congress on Information and Communication Technologies (WICT 2014). 2014.
Purnomo, H., Implementasi Reward Dan Punishment Untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Agama Dan Perubahan Perilaku Siswadi Sd Muhammadiyah 3 Kota Cirebon. FKIP e-PROCEEDING, 2016: p. 46-51.
Anisah, A.S., Pola asuh orang tua dan implikasinya terhadap pembentukan karakter anak. Jurnal Pendidikan UNIGA, 2017. 5(1): p. 70-84.
Lidyasari, A.T., Pola Asuh Otoritatif Sebagai Sarana Pembentukan Karakter Anak Dalam Setting Keluarga. Tersedia di Http://staff. new. uny. ac. id> upload> penelitian. [diakses pada 2 Desember 2017], 2013.
Safitri, Y. and E. Hidayati, Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Tingkat Depresi Remaja di SMK 10 November Semarang. Jurnal Keperawatan Jiwa, 2013. 1(1).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. Copyright of all journal manuscripts is held by the Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin.Formal legal provisions to access digital articles of electronic journal are subject to the provision of the Creative
2. Commons Attribution-ShareAlike license (CC BY-NC-SA), which means that Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin is rightful to keep, transfer media/format, manage in the form of databases, maintain, and
3. publish articles.Published manuscripts both printed and electronic are open access for educational, research, and library purposes. Additionally, the editorial board is not responsible for any violations of copyright law.
licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.