STRATEGI SUKSES PENULISAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU SMA SANTA MARIA PEKANBARU

Penulis

  • Teddy Chandra Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Evelyn Wijaya Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Stefani Chandra Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Suyono Suyono Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia
  • Andi Andi Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36341/jpm.v8i2.5569

Kata Kunci:

Pelatihan; Guru; Penelitian Tindakan Kelas

Abstrak

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan jenis penelitian yang dilakukan oleh guru untuk memperbaiki praktik pembelajaran di dalam kelas, mewujudkan pembelajara5n yang efektif, dan sekaligus sebagai upaya untuk meningkatkan profesionalisme guru. Hasil pengamatan awal objek penelitian menemukan bahwa tidak semua guru SMA Santa Maria Pekanbaru mampu merancang PTK karena kurangnya pemahaman mengenai langkah-langkah dalam melakukan PTK dan tata cara penulisan karya ilmiah, kurangnya motivasi dan daya juang dalam melakukan PTK. Kegiatan pelatihan penulisan PTK pada guru SMA Santa Maria Pekanbaru dilaksanakan pada bulan Maret 2024 yang dihadiri sebanyak 48 orang. Kegiatan PKM dimaksudkan untuk memberikan informasi kepada guru mengenai pentingnya PTK bagi guru agar dapat memecahkan persoalan pendidikan dan membantu peningkatan mutu pendidikan. Pelatihan ini mencakup beberapa tahapan yakni perencanaan, pemaparan materi dan diskusi peserta terhadap topik PTK. Hasil kegiatan pengabdian menginformasikan bahwa pemahaman guru mengenai PTK meningkat dan sudah melakukan diskusi terkait dengan topik PTK dimana hasil akhirnya terdapat sebanyak 6 (enam) tim guru yang sudah memiliki topik PTK.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

D. Arianto, and S. Fuady, “Penelitian Tindakan Kelas Bagi Mahasiswa STIT Misbahul Ulum Gumawang,” JePKM (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), vol.5, no.01, pp. 42-49, 2024. Retrieved from https://jurnal.insanprimamu.ac.id/index.php/mengabdi/article/view/372

A. Azizah, “Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran,” Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, vol.3, no.1, pp. 15–22, 2021. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475.

H., A. Halim, and K. Pontas, “Pengembangan dan Penerapan Modul Pembelajaran Materi Teori Dasar Bentuk Muka Bumi Untuk meningkatkan Kognitif Mahasiswa Pendidikan MIPA FKIP UNIGHA SIGLI, Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, vol.3, no.2, pp. 22-34, 2015.

S. Haryati, S. Sukarno, and S. Siswanto, “Strategi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB),” Transformasi dan Inovasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol.1, no.1, pp. 18–23. 2021. https://doi.org/10.26740/jpm.v1n1.p18-23.

N. Illahi, “Peranan Guru Profesional Dalam Peningkatan Prestasi Siswa Dan Mutu Pendidikan Di Era Milenial,” Jurnal Asy-Syukriyyah, vol.21, no.1, pp. 1–20, 2020. https://doi.org/10.36769/asy.v21i1.94.

P. Jana, “Pembinaan Olimpiade Matematika Kelas VA CI SD Negeri Ungaran I Yogyakarta,” J-Dinamika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol.2, no.2, pp. 125-12, 2017.

S. Gemawati, M. M, R. Marjulisa, A. Putri, and I. T. Ali, “Pelatihan Microsoft Office Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Di Desa Mekong,” Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, vol.8, no.1, pp. 40-47, 2024. https://doi.org/10.36341/jpm.v8i1.5253.

E. Tari, H. A. E. Lao, L. I. D. Koroh, and M. Ch. Liufeto, “Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Di Sekolah Menengah Teologi Kristen Waikabubak,” Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, vol.6, no.1, pp. 45-50, 2022. https://doi.org/10.36341/jpm.v6i1.2715.

Y. Miaz, Z. Zuardi, and R. F. Putera, “Pelatihan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru Sekolah Dasar,” Publikasi Pendidik, vol.10, no.1, pp. 19–25, 2020, https://doi.org/10.26858/publikan.v10i1.10395.

S. Susetyo, R. Basuki, and N. Noermanzah, “Peningkatan Profesionalisme Guru Bahasa Indonesia di Kabupaten Musirawas Sumatera Selatan Melalui Pelatihan Menulis Artikel Jurnal Ilmiah,” ABDI Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, vol. 2, no. 1, pp. 28–34, 2020, https://doi.org/10.24036/abdi.v2i1.35.

A. Sumarsono, and S., “Peningkatan Kompetensi Penelitian Tindakan Kelas Melalui Metode Pelatihan, Penerapan dan Pendampingan bagi Guru Sekolah Satu Atap Wasur di Kabupaten Merauke,” Sarwahita : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol.16, no. 2, pp. 1-10, 2019, https://doi.org/10.21009/sarwahita.162.06.

S. Widodo, I, Santia, S, J, and Y. Katminingsih, “Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Berbasis Penelitian Tindakan Kelas Pada MGMP Matematika SMP Kota Kediri,” Kontribusi, vol.4, no.1, pp. 160-169, 2023, https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i1.306.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-02-28

Cara Mengutip

Chandra, T., Wijaya, E., Chandra, S., Suyono, S., & Andi, A. (2025). STRATEGI SUKSES PENULISAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU SMA SANTA MARIA PEKANBARU. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 8(2), 162–169. https://doi.org/10.36341/jpm.v8i2.5569

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama