STRATEGI SUKSES PENULISAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU SMA SANTA MARIA PEKANBARU
DOI:
https://doi.org/10.36341/jpm.v8i2.5569Kata Kunci:
Pelatihan; Guru; Penelitian Tindakan KelasAbstrak
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan jenis penelitian yang dilakukan oleh guru untuk memperbaiki praktik pembelajaran di dalam kelas, mewujudkan pembelajara5n yang efektif, dan sekaligus sebagai upaya untuk meningkatkan profesionalisme guru. Hasil pengamatan awal objek penelitian menemukan bahwa tidak semua guru SMA Santa Maria Pekanbaru mampu merancang PTK karena kurangnya pemahaman mengenai langkah-langkah dalam melakukan PTK dan tata cara penulisan karya ilmiah, kurangnya motivasi dan daya juang dalam melakukan PTK. Kegiatan pelatihan penulisan PTK pada guru SMA Santa Maria Pekanbaru dilaksanakan pada bulan Maret 2024 yang dihadiri sebanyak 48 orang. Kegiatan PKM dimaksudkan untuk memberikan informasi kepada guru mengenai pentingnya PTK bagi guru agar dapat memecahkan persoalan pendidikan dan membantu peningkatan mutu pendidikan. Pelatihan ini mencakup beberapa tahapan yakni perencanaan, pemaparan materi dan diskusi peserta terhadap topik PTK. Hasil kegiatan pengabdian menginformasikan bahwa pemahaman guru mengenai PTK meningkat dan sudah melakukan diskusi terkait dengan topik PTK dimana hasil akhirnya terdapat sebanyak 6 (enam) tim guru yang sudah memiliki topik PTK.
Unduhan
Referensi
D. Arianto, and S. Fuady, “Penelitian Tindakan Kelas Bagi Mahasiswa STIT Misbahul Ulum Gumawang,” JePKM (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), vol.5, no.01, pp. 42-49, 2024. Retrieved from https://jurnal.insanprimamu.ac.id/index.php/mengabdi/article/view/372
A. Azizah, “Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran,” Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, vol.3, no.1, pp. 15–22, 2021. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475.
H., A. Halim, and K. Pontas, “Pengembangan dan Penerapan Modul Pembelajaran Materi Teori Dasar Bentuk Muka Bumi Untuk meningkatkan Kognitif Mahasiswa Pendidikan MIPA FKIP UNIGHA SIGLI, Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, vol.3, no.2, pp. 22-34, 2015.
S. Haryati, S. Sukarno, and S. Siswanto, “Strategi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB),” Transformasi dan Inovasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol.1, no.1, pp. 18–23. 2021. https://doi.org/10.26740/jpm.v1n1.p18-23.
N. Illahi, “Peranan Guru Profesional Dalam Peningkatan Prestasi Siswa Dan Mutu Pendidikan Di Era Milenial,” Jurnal Asy-Syukriyyah, vol.21, no.1, pp. 1–20, 2020. https://doi.org/10.36769/asy.v21i1.94.
P. Jana, “Pembinaan Olimpiade Matematika Kelas VA CI SD Negeri Ungaran I Yogyakarta,” J-Dinamika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol.2, no.2, pp. 125-12, 2017.
S. Gemawati, M. M, R. Marjulisa, A. Putri, and I. T. Ali, “Pelatihan Microsoft Office Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Di Desa Mekong,” Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, vol.8, no.1, pp. 40-47, 2024. https://doi.org/10.36341/jpm.v8i1.5253.
E. Tari, H. A. E. Lao, L. I. D. Koroh, and M. Ch. Liufeto, “Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Di Sekolah Menengah Teologi Kristen Waikabubak,” Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, vol.6, no.1, pp. 45-50, 2022. https://doi.org/10.36341/jpm.v6i1.2715.
Y. Miaz, Z. Zuardi, and R. F. Putera, “Pelatihan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru Sekolah Dasar,” Publikasi Pendidik, vol.10, no.1, pp. 19–25, 2020, https://doi.org/10.26858/publikan.v10i1.10395.
S. Susetyo, R. Basuki, and N. Noermanzah, “Peningkatan Profesionalisme Guru Bahasa Indonesia di Kabupaten Musirawas Sumatera Selatan Melalui Pelatihan Menulis Artikel Jurnal Ilmiah,” ABDI Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, vol. 2, no. 1, pp. 28–34, 2020, https://doi.org/10.24036/abdi.v2i1.35.
A. Sumarsono, and S., “Peningkatan Kompetensi Penelitian Tindakan Kelas Melalui Metode Pelatihan, Penerapan dan Pendampingan bagi Guru Sekolah Satu Atap Wasur di Kabupaten Merauke,” Sarwahita : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol.16, no. 2, pp. 1-10, 2019, https://doi.org/10.21009/sarwahita.162.06.
S. Widodo, I, Santia, S, J, and Y. Katminingsih, “Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Berbasis Penelitian Tindakan Kelas Pada MGMP Matematika SMP Kota Kediri,” Kontribusi, vol.4, no.1, pp. 160-169, 2023, https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i1.306.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
1. Copyright of all journal manuscripts is held by the Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin.Formal legal provisions to access digital articles of electronic journal are subject to the provision of the Creative
2. Commons Attribution-ShareAlike license (CC BY-NC-SA), which means that Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin is rightful to keep, transfer media/format, manage in the form of databases, maintain, and
3. publish articles.Published manuscripts both printed and electronic are open access for educational, research, and library purposes. Additionally, the editorial board is not responsible for any violations of copyright law.
licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.