CBC IMPLEMENTASI LOGIKA FUZZY DENGAN INFERENSI TSUKAMOTO PADA DETEKSI KEGAGALAN SISTEM TRANSFER CAKE BREAKER CONVEYOR (CBC)

  • Alkadri Masnur STMIK Amik Riau
  • M.Khairul Anam STMIK Amik Riau Program Studi Teknik Informatika
Keywords: Kata kunci: Cake Breaker Conveyor,CBC, As-Screw, Fuzzy Tsukamoto

Abstract

Abstrak

Pabrik Kelapa Sawit merupakan industri  bahan baku yang mengolah tandan buah segar (TBS) kelapa sawit menjadi CPO (Crude Palm Oil) minyak mentah kelapa sawit.  Satu Unit Pabrik Kelapa Sawit  memiliki stasiun kempa/press, lebih spesifik pada motor transfer (cangkang dan ampas kelapa sawit). Untuk 1 unit Cake Breaker Conveyor (CBC) dengan panjang 30 meter, melayani 4 mesin press. Ampas dan cangkang kelapa sawit yang akan ditransfer masih berupa gumpalan padat akibat proses pengepresan dan memiliki suhu 98oC, dengan beban yang relatif berat dan suhu yang tinggi maka screw CBC sering mengalami kegagalan transfer  akibat putusnya As Screw. Jika terjadi kegagalan transfer maka cangkang dan ampas kelapa sawit akan menumpuk pada titik pembuangan mesin press, selain itu umpan bahan bakar boiler tergangu karena cangkang dan ampas kelapa sawit tidak terkirim ke tungku bahan bakar.  Untuk menentukan titik putusnya As Screw pada posisi yang tepat diperlukan sebuah metode yang dapat menemukan putusnya As-screw pada  unit CBC. Logika Fuzzy Tsukamoto dapat membantu memperhitungkan dimana titik  As-screw putus pada CBC, dengan menggunakan input waktu dan kecepatan putaran motor CBC deteksi menggunakan rotary encoder, output yang digunakan adalah titik dimana As-screw putus pada CBC sepanjang 30 meter. Penelitian ini diharapkan menjadi salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan yang terjadi pada pabrik kelapa sawit khususnya pada stasiun kempa.

 

Published
2019-01-10
How to Cite
Masnur, A., & Anam, M. (2019). CBC IMPLEMENTASI LOGIKA FUZZY DENGAN INFERENSI TSUKAMOTO PADA DETEKSI KEGAGALAN SISTEM TRANSFER CAKE BREAKER CONVEYOR (CBC). Rabit : Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Univrab, 4(1), 1-7. https://doi.org/10.36341/rabit.v4i1.596
Section
Articles
PDF (Bahasa Indonesia)
Abstract views: 155
downloads: 133