IMPLEMENTASI ALGORITMA C4.5 UNTUK KLASIFIKASI PRODUK LARIS SEPEDA MOTOR HONDA PADA CV CENDANA MOTOR CEPIRING

  • Tabitha Salsabilla Stikubank University
  • Sulastri Sulastri Stikubank University

Abstrak

CV Cendana Motor Cepiring merupakan salah satu perusahaan penjualan sepeda motor merek Honda di Kabupaten Kendal. Persaingan penjualan sepeda motor yang ketat menuntut perusahaan untuk menentukan strategi penjualan yang tepat untuk dapat menaikkan penjualan dan pemasaran produk agar dapat menarik minat para konsumen. Dalam mengetahui ketertarikan konsumen terhadap produk motor Honda, maka dilakukan penelitian mengenai prediksi produk laris sepeda motor Honda dari setiap wilayah kecamatan di Kabupaten Kendal. Metode penelitian yang digunakan adalah algoritma C4.5 decision tree dengan prosesnya menggunakan lima langkah pada KDD (Knowledge Discovery in Databases). Dari penelitian ini, menghasilkan klasifikasi dengan akurasi sebesar 99% yang menunjukkan bahwa algoritma C4.5 cocok digunakan untuk mengukur perkiraan penjualan sepeda motor Honda terlaris.

Kata Kunci: Data Mining, Klasifikasi, Algoritma C4.5, Decision Tree

Referensi

N. Azwanti, “Analisa Algoritma C4.5 Untuk Memprediksi Penjualan Motor Pada Pt. Capella Dinamik Nusantara Cabang Muka Kuning,” Inform. Mulawarman J. Ilm. Ilmu Komput., vol. 13, no. 1, p. 33, 2018, doi: 10.30872/jim.v13i1.629.

J. Eska, “Penerapan Data Mining Untuk Prediksi Penjualan Wallpaper Menggunakan Algoritma C4.5,” vol. 2, 2018, doi: 10.31227/osf.io/x6svc.

A. S. Sunge, H. Fidiawan, P. Studi, T. Informatika, S. Tinggi, and T. Pelita, “Data Mining, Penjualan Produk, Decision Tree, Algoritma C4.5 . ,” vol. 9, pp. 97–103, 2019.

L. Elvitaria and M. Havenda, “Luluk Elvitaria, 2) Muhammad Havenda,” vol. 2, no. 2, pp. 110–124, 2017.

J. A. D. I. Swara, “Aplikasi Data Mining Menggunakan Metode Decision Tree Untuk Pemantauan Distribusi Penjualan Sepeda Motor Di Pd . Wijaya Abadi Bandung,” pp. 1–8.

D. A. Kurnia et al., “KLASIFIKASI PRODUK PENJUALAN BROWNIES MENGGUNAKAN Jurnal Sistem Informasi dan Manajemen,” vol. 9, no. 3, 2021.

I. Sutoyo, “Implementasi Algoritma Decision Tree Untuk Klasifikasi Data Peserta Didik,” J. Pilar Nusa Mandiri, vol. 14, no. 2, p. 217, 2018, doi: 10.33480/pilar.v14i2.926.

A. F. Izzulhaq and Sulastri, “Klasifikasi Penjualan Aplikasi Android,” Proceeding SENDIU, vol. 72, no. 6, pp. 978–979, 2020.

M. Algoritma, “Klasifikasi Diagnosa Penyakit Paru-Paru Pada Klinik Raditya Medical,” vol. 12, no. 1, pp. 1894–1905, 2020.

A. K. Lalo, P. Batarius, and Y. C. H. Siki, “Implementasi Algoritma C4.5 Untuk Klasifikasi Penjualan Barang di Swalayan Dutalia,” J. Tek. Inform. UNIKA St. Thomas, no. June, pp. 1–12, 2021, doi: 10.54367/jtiust.v6i1.1089.

N. Dicky and W. N. Gunadi, “Algoritma Data Mining Dan Pengujian,” Penerbit CV Budi Utama, Yogyakarta. 2019.

A. Muhammad and N. Muhammad, “Data Mining – Algoritma dan Implementasi,” Penerbit Andi, 2020.

Diterbitkan
2022-07-10
Bagian
Articles
PDF
Abstrak views: 886
downloads: 1058