IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI DATA PELAKU USAHA PERIKANAN BUDIDAYA PADA DINAS PERIKANAN KOTA KUPANG

IMPLEMENTATION OF THE DATA INFORMATION SYSTEM FOR AQUACULTURE BUSINESS ACTORS AT THE FISHERIES OFFICE OF THE CITY OF KUPANG

  • Frensile Susanti Ndoen Universitas Nusa Cendana
  • Meiton Boru Universitas Nusa Cendana
  • Clarissa E. A. Pah Universitas Nusa Cendana

Abstrak

Pelaku usaha perikanan budidaya pada Dinas perikanan kota Kupang tahun 2022 tercatat sebanyak 649 orang yang terbagi dalam 55 kelompok pelaku usaha dengan 566 anggota dan 83 pelaku usaha perorangan. Proses pengolahan data pelaku usaha perikanan budidaya yang dioperasikan melalui Microsofts Office Excel (Ms. Excel) belum optimal karena sering ditemukan beberapa kendala yaitu terjadinya duplikat data, sulit menghitung jumlah seluruh pelaku usaha,  sulit merekap data dalam jumlah yang banyak karena data yang disimpan tersebar dalam beberapa file excel sehingga menyulitkan petugas untuk pembuatan laporan data pelaku usaha perikanan budidaya. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini membuat sebuah sistem untuk membantu petugas dalam mengelola data pelaku usaha perikanan budidaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Waterfall karena kelebihannya adalah kualitas dari sistem yang dihasilkan akan baik karena pelaksanaannya dilakukan secara bertahap. Sistem ini menghasilkan laporan data kelompok, data pelaku usaha, data usaha, data kolam data bantuan, data produksi, data tanda usaha, data pelatihan, dan histogram jumlah pelaku usaha berdasarkan jenis kelamin, jumlah usaha penerima Kartu Pelaku Usaha Bidang Kelautan Dan Perikanan (KUSUKA), jumlah usaha per papan nama kelompok, jumlah pelaku usaha per kecamatan, jumlah usaha per kecamatan dan skor rangkuman jumlah pelaku usaha perikanan budidaya. Hasil pengujian black box yang dilakukan oleh 3 responden terhadap 12 menu menunjukkan bahwa semua fungsional sistem berfungsi sesuai dengan yang diharapkan.

Kata Kunci: Sistem Informasi, Pelaku Usaha Perikanan Budidaya, Waterfall

Referensi

L. Laisina, M. Haurissa, and Z. Hatala, “Sistem Informasi Data Jemaat Gpm Gidion Waiyari Ambon Dan Jemaat Gpm Halong Anugerah Ambon,” J. SIMETRIK, vol. 8, no. 2, p. 139, Dec. 2018.

H. B. Santoso, C. Malvin, and R. Delima, “Pengembangan Sistem Informasi Pendataan Petani Dan Kelompok Tani,” Semin. Nas. Sist. Inf. Indones., p. 10, 2017.

A. A. Wahid, “Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi,” J. Ilmu-Ilmu Inform. Dan Manaj. STMIK, p. 6, 2020.

A. Kristanto, Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya (Edisi Revisi 2), 2nd ed. Yogyakarta: GAVA MEDIA, 2022.

U. Rusmawan, Teknik Penulisan Tugas Akhir dan Skripsi Pemrograman. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2019.

Misrawati Aprilyana Puspa And A. Mulawati Mas Pratama, “Aplikasi Sistem Informasi Kelompok Tani Pada Dinas Pertanian Kabupaten Pohuwato Berbasis Android,” Dec. 2020.

M. Junaidi And L. D. Rohana, “Sistem Pengolahan Nilai Untuk Kurikulum PAUD Berbasis Desktop Dengan Model Waterfall Pada Kelompok Bermain AL-AMIN Desa Kedewan,” SIMETRIS, Vol. 15, No. 1, P. 6, 2021.

G. W. Sasmito, “Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal,” J. Inform., Vol. 2, No. 1, P. 7, 2017.

M. G. D. Amin, A. H. Brata, And F. Amalia, “Pengembangan Sistem Informasi Pelayanan Dan Pendataan UMKM Provinsi Riau (Studi Kasus: Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil Dan Menengah Provinsi Riau)”.

N. Aini, S. A. Wicaksono, And I. Arwani, “Pembangunan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web Menggunakan Metode Rapid Application Development (RAD) (Studi Pada : SMK Negeri 11 Malang)”.

A. Krismadi, A. F. Lestari, A. Pitriyah, I. W. P. A. Mardangga, M. Astuti, And A. Saifudin, “Pengujian Black Box Berbasis Equivalence Partitions Pada Aplikasi Seleksi Promosi Kenaikan Jabatan,” J. Teknol. Sist. Inf. Dan Apl., Vol. 2, No. 4, P. 155, Oct. 2019.

Diterbitkan
2023-07-10
Bagian
Articles
PDF
Abstrak views: 204
downloads: 144