APLIKASI E-COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN USER EXPERIENCE PADA PT. JAYA UTAMA BEARING

  • Jacky Setiawan Universitas Dinamika
  • Ayouvi Poerna Wardhanie Dinamika University
  • Endra Rahmawati Universitas Dinamika

Abstrak

Salah satu kunci sukses dalam membangun e-commerce yang dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi penggunanya adalah dengan mengetahui kebutuhan pengguna itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah aplikasi toko online berbasis website yang dapat meningkatkan user experience, khususnya pada perusahaan Jaya Utama Bearing yang bergerak di bidang penjualan barang industri dan sparepart automative agar memiliki infomasi produk yang detail dan jelas, konsumen mudah melakukan transaksi secara online, memiliki desain visual yang menarik, dan mempermudah perusahaan dalam mengelola dan menyimpan laporan penjualan. Berdasarkan hasil wawancara kepada 30 customer dengan menggunakan User Experience Questionnaire ditemukan bahwa pada website sebelumnya untuk faktor daya tarik, kejelasan, efisiensi, ketepatan, stimulasi dan kebaruan memiliki hasil below average bahkan bad sehingga menyebabkan penurunan pendapatan akibat loyalitas konsumen menghilang. Dalam merancang bangun e-commerce ini menggunakan metode System Development Life Cycle dengan model Waterfall yang terdiri atas lima tahap yakni communication, planning, modelling, construction, dan deployment. Hasil dari penelitian ini adalah adanya fitur katalog yang dapat difilter berdasarkan kategori sehingga dapat menampilkan informasi produk secara detail, fitur pembelian produk, fitur chat untuk mengakomodasi pertanyaan pelanggan sebelum membeli, fitur review atau feedback setelah transaksi pembelian, dan fitur pencatatan laporan penjualan. Peneliti juga melakukan perbandingan website sebelum dan sesudah menggunakan UEQ dengan 30 responden yang sama, dimana terlihat bahwa nilai untuk ke enam faktor mengalami peningkatkan yang sebelumnya below average menjadi above average dan bad menjadi good.

Kata Kunci: toko online, website, user experience, user experience questionnare, waterfall

Referensi

R. R.Rerung, E-Commerce. Yogyakarta: Deepublish, 2018.

S. Handayani, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis E-commerce Studi Kasus Toko Kun Jakarta,” ILKOM Jurnal Ilmiah, vol. 10, no. 2, pp. 182–189, Aug. 2018.

Basiroh, D. Asmarajati, and W. Fatmafury, “Pengaruh User Interface Toko Online Terhadap Kenyamanan Pengguna Studi Kasus Pada E-Commerce Wonosobo Mall,” JURNAL DEVICE, vol. 10, no. 1, pp. 33–37, 2020.

R. A. Negoro, A. Triayudi, and A. Iskandar, “Implementasi E-Commerce Clothing Line Menggunakan Metode Design Thinking dan System Usability Scale,” Jurnal Riset Komputer), vol. 10, no. 1, pp. 2407–389, 2023, doi: 10.30865/jurikom.v10i1.5634.

A. Muqoddas, A. Farantika Yogananti, and H. Bastian, “Usability User Interface Desain pada Aplikasi Ecommerce (Studi Komparasi Terhadap Pengalaman Pengguna Shopee, Lazada, dan Tokopedia),” ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, vol. 6, no. 1, pp. 73–82, 2020, [Online]. Available: http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/andharupa

D. A. Saputra, “Pengaruh Customer Experience dan Complaint Handling Terhadap Customer Satisfaction pada Nasabah Pembiayaan Murabahah di BMT La Tahzan Indonesia Lampung Selatan,” Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2020.

P. Zukhruf Dinata, M. Ainul Urwah, M. Reza Rahmawan, E. Junaeti, and P. Korespondensi, “Perancangan UI/UX pada web e-commerce ‘Hallo Coffee’ menggunakan metode user-centered design,” Jambura Journal of Informatics, vol. 5, no. 1, pp. 45–58, 2023, doi: 10.37905/jji.v412.17511.

K. Angelina, E. Sutomo, and V. Nurcahyawati, “Desain UI UX Aplikasi Penjualan dengan Menyelaraskan Kebutuhan Bisnis menggunakan Pendekatan Design Thinking,” TEMATIK, vol. 9, no. 1, pp. 70–78, Jun. 2022, doi: 10.38204/tematik.v9i1.915.

I. A. Insani and R. Adhitama, “Analisis dan Perancangan UI/UX Aplikasi Penjualan Online Berbasis Web Menggunakan Metode User Centered Design (UCD) Studi Kasus Lapak Jajan Pwt,” LEDGER : Journal Informatic and Information Technology, vol. 1, no. 3, pp. 1–9, Oct. 2022, doi: 10.20895/ledger.v1i3.736.

R. S. Pressman, Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi Buku 1, 1st ed. Yogyakarta: ANDI, 2015.

R. Y. Endra and D. S. Aprilita, “E-report Berbasis Web Menggunakan Metode Model View Controller Untuk Mengetahui Peningkatan Perkembangan Prestasi Anak Didik,” Explore - Jurnal Sistem Informasi dan Telematika, vol. 9, no. 1, pp. 15–22, 2018.

A. N. Aniesiyah, H. Tolle, and H. Muslimah Az-Zahra, “Perancangan User Experience Aplikasi Pelaporan Keluhan Masyarakat Menggunakan Metode Human-Centered Design,” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. 11, pp. 5503–5511, Nov. 2018, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

A. G. Hartzani, “Evaluasi User Experience pada Dompet Digital OVO Menggunakan User Experience Questionnaire UEQ,” UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Jakarta, 2021.

M. A. Kushendriawan, H. B. Santoso, P. O. H. Putra, and M. Schrepp, “Evaluating User Experience of a Mobile Health Application Halodoc using User Experience Questionnaire and Usability Testing,” Journal of Information System), vol. 17, no. 1, pp. 58–71, 2021.

I. A. Aziz, B. Setiawan, R. Khanh, G. Nurdiyansyah, and Y. Yulianti, “Pengujian Black Box pada Aplikasi Sistem Kasir Berbasis Website Menggunakan Teknik Equivalence Partitions,” Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi, vol. 3, no. 2, pp. 82–89, 2020.

S. Arifiani, “Pembentukan Data Uji Menggunakan Algoritma Optimisasi Koloni Semut dan Pendekatan Teknik Pengujian Kotak Abu-Abu ,” Doctoral Dissertation, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2016.

Diterbitkan
2023-07-12
Bagian
Articles
PDF
Abstrak views: 148
downloads: 160