APLIKASI TOKO ONLINE DENGAN PAYMENT GATEWAY UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN MENGGUNAKAN METODE WATERFALL

Authors

  • Winanti Winanti Universitas Insan Pembangunan Indonesia
  • Agil Pamungkas Universitas Insan Pembangunan Indonesia
  • Yunni Silvrihartini Universitas Insan Pembangunan Indonesia
  • Nur Aini Universitas Insan Pembangunan Indonesia
  • Beby Tiara Universitas Insan Pembangunan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36341/rabit.v10i1.5033

Keywords:

Aplikasi, Toko Online, website, Waterfall

Abstract

Toko XYZ yang menjual berbagai produk rumah tangga dan merupakan usaha keluarga yang sampai saat ini belum memiliki sistem yang terkomputerisasi yang dapat digunakan untuk melakukan jual beli secara online. Selama ini toko masih melakukan penjualan menggunakan metode konvensional, promosi dari pertemanan, dari mulut ke mulut dan menggunakan update status whanshapp. Jangkauan yang masih terbatas menghasilkan penjualan yang relative rendah. Penjualan belum dilakukan secara online baik menggunakan sistem penjualan maupun dengan media social. Tujuan dari pembuatan paper ini adalah untuk membangun aplikasi toko online berbasis website agar jangkauan pemasaran lebih luas lagi dan penjualan semakin meningkat serta sistem terintegrasi dengan payment gateway. Metode pengembangan menggunakan waterfall yang dimulai dari analisa kebutuhan, desain sistem, penulisan dalam bentuk coding pemograman dan pengujian serta implementasi. Pengujian sistem dilakukan dengan menggunakan metode black box testing untuk mengetahui kesesuaian sistem dengan kebutuhan user. Sistem dapat membantu penjualan produk Toko XYZ dengan jangkauan yang lebih luas. Sistem dibangun berbasis website dan untuk kedepannya disarankan sistem untuk dikembangkan berbasis mobile.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-01-10

How to Cite

[1]
W. Winanti, A. Pamungkas, Y. Silvrihartini, N. Aini, and B. Tiara, “APLIKASI TOKO ONLINE DENGAN PAYMENT GATEWAY UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN MENGGUNAKAN METODE WATERFALL”, rabit, vol. 10, no. 1, pp. 22–28, Jan. 2025.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)