APLIKASI PENGUKURAN KUALITAS LAYANAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KEPEGAWAIAN (SIMPEG) KOTA PEKANBARU MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0

Authors

  • Abdul Bari' Universitas Hang Tuah Pekanbaru
  • Abdi Muhaimin Universitas Hang Tuah Pekanbaru
  • Herianto Herianto Universitas Hang Tuah Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.36341/rabit.v10i1.5037

Keywords:

Application, Online Questionnaire, SIMPEG, Webqual 4.0, Laravel.

Abstract

Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Pekanbaru merupakan perangkat daerah yang memiliki tugas memberikan pelayanan kepegawaian pada ASN dan dalam implementasinya turut menggunakan aplikasi yang disebut SIMPEG. Saat ini belum ada sistem pengukuran untuk mengetahui seberapa efektif penerapan SIMPEG tersebut, sehingga tidak ada dasar prioritas evaluasi dan perbaikan sistem kedepannya. Sedangkan hal itu sangat dibutuhkan sebagai salah satu bukti dukung dalam audit dan penilaian implementasi IT pada perangkat daerah. Oleh karena itu, perlu dibangun sebuah aplikasi pengukuran kualitas layanan SIMPEG Kota Pekanbaru yang menyediakan kuesioner online untuk menghasilkan nilai kualitas layanan sistem. Metode yang digunakan ialah Webqual 4.0 yang dianggap lebih efektif untuk pengukuran layanan karena merupakan versi terakhir dan pengukuran didasarkan pada pengalaman pengguna. Sistem dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP, basis data MySQL dan framework Laravel 11. Penelitian ini menghasilkan aplikasi pengukuran kualitas layanan SIMPEG Kota Pekanbaru dengan metode Webqual 4.0 berbasis web. Hasil perhitungan akhir dengan 100 orang sebagai responden pada periode Juni 2024 sebesar 89,29%. Hasil perhitungan pada aplikasi menunjukkan persentase nilai yang sama dengan perhitungan yang dilakukan secara manual. Hasil pengukuran memperlihatkan nilai tertinggi ke terendah dari poin kuesioner yang menjadi dasar untuk dilakukan perbaikan atau peningkatan kualitas layanan sistem. Sehingga dengan ini, pelayanan kepegawaian terkait penggunaan SIMPEG Kota Pekanbaru bisa meningkat dan menjadi lebih baik. Hasil pengukuran juga dapat dicetak dan dijadikan dokumen pendukung pada saat audit implementasi sistem oleh tim auditor.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-01-10

How to Cite

[1]
A. Bari’, A. Muhaimin, and H. Herianto, “APLIKASI PENGUKURAN KUALITAS LAYANAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KEPEGAWAIAN (SIMPEG) KOTA PEKANBARU MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0”, rabit, vol. 10, no. 1, pp. 29–40, Jan. 2025.

Issue

Section

Articles