Pembuatan Game Puzzle Online Dengan Prinsip Kooperatif Berbasis Android

  • Tofan Bimantara Universitas Mercu Buana
  • Sri Dianing Asri Universitas Mercu Buana

Abstrak

Perkembangan game online di Indonesia sangat pesat dan sangat diminati oleh banyak kalangan dari anak-anak sampai dewasa. Game online sangat digemari karena  adanya sistem PVP(player vs player) dimana pemain bisa melawan pemain lain secara online. Game PVP membuat para pemainya menjadi lebih kompetitif yang memaksa pemain bermain lebih intensif agar mendapatkan level atau peringkat lebih tinggi. intensif bermain berpengaruh pada agresivitas pemain sehingga membuat perilaku kurang menghargai sesama pemain seperti mengeluarkan kata-kata makian kepada pemain lain.  online juga memiliki sistem yang tidak cocok untuk anak kecil seperti adanya microtransaction dan sistem gacha. hal tersebut berakibatkan banyak anak melakukan transaksi tanpa sepengetahuan orang tuanya bahkan menghabiskan sampai puluhan juta rupiah. belum lagi sistem gacha  yaitu pembelian item secara acak dimana penggunanya belum tentu mendapatkan item yang diinginkan.  oleh karena itu penulis ingin membangun aplikasi game dengan prinsip kooperatif  yang pantas dimainkan anak-anak. Dalam pembuatan aplikasi game “Astam Eva” ini menggunakan metode MDLC(Multimedia Development Life Cycle). MDLC sendiri memiliki tahapan-tahapan yaitu Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, dan Distribution

Kata Kunci: Kooperatif, Game, Puzzle, Multiplayer

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

M. Fikri, “Rancangan Bangun Aplikasi Game Battleship Multiplayer pada Jaringan LAN,” p. 95, 2013.

L. Grace, “Game Type and Game Genre Game Type,” 2005.

Photon, “Introduction.” [Online]. Available: https://doc.photonengine.com/en-us/pun/current/getting-started/pun-intro.

G. Designing, “The Top 10 Video Game Engine.” [Online]. Available: https://www.gamedesigning.org/career/video-game-engines.

Unity, “The world’s leading real-time creation platform.” [Online]. Available: https://unity3d.com/unity/.

T. Ponit, “C# Tutorial.” [Online]. Available: https://www.tutorialspoint.com/csharp/.

S. E., Basis Data Dalam Tinjauan Konseptual. 2011.

Sqlite, “About Sqlite.” [Online]. Available: https://www.sqlite.org/about.html.

F. Masya and B. Aryadi, “Permainan 2 Player Gaza Wars pada Jaringan Lokal,” vol. III, no. 1, pp. 70–77, 2011.

F. Masya and ; Elvina, “Pengembangan Aplikasi Permainan Scrabble Dua Bahasa Menggunakan Java,” pp. 133–138, 2010.

K. M. Mulyono, “Pembuatan Game Labirin Dengan Menggunakan Blender 3D,” J. Dasi, vol. Volume 13, no. Nomor 2, 2012.

W. Pratama, “Game Adventure Misteri Kotak Pandora,” J. Telemat., vol. 7, no. 2, pp. 13–31, 2014.

Y. Ekasari, “Merancang Game Petualangan ‘Binggo’ Menggunakan Unity 3D Game Engine,” Merancang Petualangan “Binggo” Menggunakan Unity 3D Engine, pp. 1–20, 2012.

Pamungkas. dkk, “Penerapan Algoritma A* ( A Star ) Pada Game Edukasi The Maze Island Berbasis Android,” Penerapan Algoritm., no. x, pp. 1–11, 2011.

M. R. Rahadi, K. I. Satoto, and I. P. Windasari, “Perancangan Game Math Adventure Sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android,” J. Teknol. dan Sist. Komput., vol. 4, no. 1, p. 44, 2016.

M. Kurniawan and F. S. Jumeilah, “Penerapan Algoritma Depth-First Search Sebagai Maze Generator pada Game Labirin Menggunakan Unity 3D,” no. x, pp. 1–10, 2015.

G. A. Kusuma and E. Sudarmilah, “Pengembangan Permainan Labirin untuk Membantu Perkembangan Motorik Anak,” J. Fak. Tek. Univ. Khairun, vol. 03, no. 2354 – 8924, pp. 46 – 89 |, 2016.

M. A. B. Asyakur, “Hubungan antara Intensitas Bermain Game Online Dengan Agresifitas Pada Komunitas Gaming Surabaya” 2017.

Diterbitkan
2020-01-09
Bagian
Articles
PDF
Abstrak views: 777
downloads: 602