METODE ROUGH SET UNTUK MENGANALISA PROBLEMATIKA GURU DALAM MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER

  • Wita Yulianti Dosen tetap Teknik Informatika, FakultTeknik,Universitas Abdurrab

Abstract

Perkembangan teknologi informasi berbagai bentuk, salah satunya dalam bidang Artificial Intellegence berupa data mining. Data mining adalah proses yang mempekerjakan satu atau lebih teknik pembelajaran komputer (mechine learning) untuk menganalisis data dan mengekstraksi pengetahuan (knowledge) secara otomatis. Data mining digunakan untuk menganalisa problem guru dalam menggunakan media pembelajaran berbasis komputer. Untuk mengetahui problem guru dalam menggunakan media pembelajaran berbasis komputer, maka penelitian ini menggunakan perhitungan dalam bentuk data mining dengan metode rough set. Menerapkan data mining rough set untuk menggali pengetahuan, yang merupakan sumber informasi dalam pengambilan keputusan. Dengan metode roughset ini permasalahan yang terjadi pada guru dapat teratasi dalam menggunakan media pembelajaran berbasis komputer. Setiap sekolah dapat mengetahui perkembangan gurunya dalam menggunakan media pembelajaran yang teknologi komputer.

Author Biography

Wita Yulianti, Dosen tetap Teknik Informatika, FakultTeknik,Universitas Abdurrab

Dosen tetap Teknik Informatika, FakultTeknik,Universitas Abdurrab dan Kepala Laboratorium Komputer Universitas Abdurrab

Keywords: data mining, rough set, komputer, media pembelajaran, guru

References

Aprialdo, R., et al, (2012). “Data Mining untuk Application Scoring Menggunakan Pemodelan Naïve Bayespada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk”.

Arsyad, A., (2014). “Media Pembelajaran”, PT. RajaGrafindo Persada, Yogyakarata, 2014.

Buaton, R., (2014). “15 Metode Menyelesaikan Data Mining, Sistem Pakar Dan Sistem Pendukung Keputusan”, Medan, 2014.

Chourasia, S., (2013). “Survey Paper on Improved Methods of ID3 Decision Tree Classification”, International Journal of Scientific and Research Publication, Volume: 2, Issue: 12, December 2013, ISSN: 2250-3153.

Fahinu, (2005). “Pembelajaran Berbasis Komputer”, Departemen Pendidikan Nasional, Lec Garut, 2005.

Harjanto, A., (2012). “Rancang Bangun Computer Assisted Instruction (CAI) Sebagai Media Pembelajaran Dalam Mata Pembelajaran Fisika Sekolah Menengah Atas (Tesis)”, Universitas Diponegoro, Semarang, 2012.

Helly T, K., (2010). “Pembelajaran Fisika Menggunakan Multimedia Dan Media Interaktif Berbasis Komputer Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi Dan Modalitas Belajar Siswa (Tesis)”, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, 2010.

Icsan, Q., (2014). “Penerapan Data Mining Frekwensi Pembelian Elpiji 3 Kg Menggunakan Software Roseta (Studi Kasus: Ud. Maju Jaya Tanjung Morawa)”, Pelita Informatika Budi Darma, Volume: VII, Nomor: 2, Agustus 2014, ISSN : 2301-9425.

Justiati, (2012). “Perbedaan Motivasi Mengajar Guru Yang Telah Sertifikasi Dengan Yang Belum Sertifikasi Di Kota Pekanbaru (Skripsi)”, Universitas Abdurrab, Pekanbaru, 2012.

Kierczak, M., (2009). “General Features”, (http://www.lcb.uu.se/tools/rosetta/), tanggal akses: 02 Juli 2015.

Niarsa, A., (2013). “Studi Kompetensi Guru Dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) di SD Negeri 01 Ledok Kecamatan Sambong Kabupaten Blora (Skripsi)”, Universitas Negeri Semarang, Semarang, 2013.

Nurhayati, (2014). “Metode Rough Set Untuk Melihat Perilaku Suami Yang Menjadi Akseptor Kb Vasektomi”, Majalah Ilmiah Informasi dan Teknologi Ilmiah (INTI), Volume : III, Nomor: 2, Juni 2014, ISSN : 2339-210X.

Prabowo, et al, (2013). “Penerapan Data Mining Dengan Matlab”, Rekayasa Sains, Bandung, 2013.

Prasmono, A., (2010). “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Komputer Multimedia Dan Digital Video Disc Terhadap Prestasi Belajar Listening Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Di Kabupaten Wonogiri (Tesis)”, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, 2010.

Rahman J, R., et al, (2008). “Optimalisasi Macromedia Flash Untuk Mendukung Pembelajaran Berbasis Komputer Pada Program Studi Ilmu Komputer FMIPA UPI”, Pendidikan Ilmu Komputer FMIPA UPI, Indonesia Community of Information and Communication Technology, Volume: 1, Nomor: 2, Desember 2008, ISSN: 1979-9264.

Rough Set (https://derienct.wordpress.com/2011/09/03/rough set/), tanggal akses: 07 Februari 2015.

ROSETTA Development Team (http://www.lcb.uu.se/tools/rosetta/), tanggal akses: 02 Juli 2015.

Suherman, Y., “Jenis, Karakteristik Dan Prinsip Pengembangan Media”, Universitas Putra Indonesia.

Susanto, A., (2003-2009). “Pengenalan Komputer”, IlmuKomputer.Com, (http://nyoman.staf.narotama.ac.id/files/2012/01/arief_pengenalankomputer.pdf), tanggal akses: 07 Februari 2015.

Susilawati, N., (2014). “Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Komputer Dengan Program Flash Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Hidrokarbon (Alkana, Alkena, Alkuna) (Skripsi)”, UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, 2014.

Tampubolon, K., et al, (2013). “Implementasi Data Mining Algoritma Apriori Pada Sistem Persediaan Alat-Alat Kesehatan”, Majalah Ilmiah Informasi dan Teknologi (INTI), Volume: 1, Nomor: 1, Oktober 2013, ISSN: 2339-210X

Wirdasari, D., et al, (2011). “Penerapan Data Mining Untuk Mengolah Data Penempatan Buku di Perpustakaan SMK TI PAB 7 Lubuk Pakam Dengan Metode Association Rule”, Jurnal SAINTIKOM, Volume: 10, Nomor: 2, Mei 2011.

Yunefizar, (2003). “Tutorial Komputer dan Jaringan”, IlmuKomputer.Com, (http://kambing.ui.ac.id/onnopurbo/library/library-ref-ind/ref-ind-3/physical/yuhefizar-komputer.pdf), tanggal akses: 07 Februari 2015

Published
2016-01-10
How to Cite
Yulianti, W. (2016). METODE ROUGH SET UNTUK MENGANALISA PROBLEMATIKA GURU DALAM MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER. Rabit : Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Univrab, 1(1), 19-25. https://doi.org/10.36341/rabit.v1i1.16
Section
Articles
PDF (Bahasa Indonesia)
Abstract views: 459
downloads: 166