SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PEMETAAN WARGA NEGARA ASING

  • Reni Yunita Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Samsudin Samsudin Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Raissa Amanda Putri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Abstrak

WNA (Warga Negara Asing) di data pada sebuah intansi pemerintah yaitu Kantor Imigrasi Kelas II Tanjung Balai Asahan pada bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian. Informasi yang tersedia di Imigrasi tersebut hanya sebatas data yang berbentuk tabel yang berisikan informasi dari WNA tersebut, dan tidak tersedia gambaran yang jelas secara geografis mengenai lokasi WNA. Sehingga dibutuhkan suatu sistem informasi geografis mengenai persebaran WNA. Penelitian ini menggunakan Leaflet untuk visualisasi peta. Adanya Sistem informasi geografis ini dapat memberikan informasi mengenai WNA kepada masyarakat guna menyosialisasikan keberadaan WNA, dan juga dapat melaporkan keberadaan WNA yang belum terdaftar, serta dapat mendukung pelayanan keimigrasian terhadap pengawasan WNA.

Kata Kunci: Sistem Informasi Geografis, Warga Negara Asing, Leaflet, Quantum GIS.

Referensi

Muhammad Arif, Ilka Zufria, and Ali Ikhwan. 2020. “Penerapan Metode Multilevel Feedback Queue Pada Sistem Informasi Pemesanan Paket Haji Dan Umrah Di PT.Aubaine Kabuhayan.” Journal of Islamic Science and Technology 5(2): 12.

Muslihudin, O. (2016). analisis dan perancangan sistem informasi menggunakan model terstruktur dan UML (pp. 3–4). CV Andi Offset.

Kurniawan, A., Suendri, & Triase. (2019). Sistem Informasi Geografis Pemetaan Lokasi Panti Asuhan di Kota Medan. Journal of Islamic Science and Technology, 4(2), 119.

Samsudin. (2018). Penentuan Penerimaan Remunerasi Dosen Dengan Rule Based Reasoning. Repository UINSU.

Maniah, & Hamidin, D. (2017). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi (p. 111). Deepublish Publisher.

Dj, W. N. M., & Cahyono, A. B. (2016). Perancangan Sistem Informasi Geografis Zona Nilai Tanah Berbasis Web Menggunakan Leaflet Javascript Library. Jurnal Teknik ITS, 5(2), A810.

Kurniawan, A., Suendri, & Triase. (2019). Sistem Informasi Geografis Pemetaan Lokasi Panti Asuhan di Kota Medan. Journal of Islamic Science and Technology, 4(2), 119.

Franto. (2020). Metode Pemetaan Potensi Mineralisasi Tiah Primer Dengan Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis (pp. 60–63). Scopindo.

Haekal Azief Haridhi. (2020). Buku Ajar Sistem Informasi Geografis Kelautan (2nd ed., p. 37). Syiah Kuala University Press.

Hamidi Jasim. (2016). Hukum Keimigrasian Bagi Orang Asing di Indonesia (p. 45). Sinar Grafika.

Diterbitkan
2022-01-11
Bagian
Articles
PDF
Abstrak views: 792
downloads: 540