IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY PADA MEDIA PENGENALAN PRODI SISTEM INFORMASI FST UINSU MEDAN

  • Mohammad Badri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ali Ikhwan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Raissa Amanda Putri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Abstrak

Salah satu program studi di Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Sumatera Utara Medan adalah Program Studi Sistem Informasi. Pada saat Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) atau yang biasanya disebut masa orientasi, pengenalan lingkungan kampus berupa fasilitas, gedung dan ruangan tidak begitu jelas dikarenakan hanya menggunakan video baik saat pengenalan secara langsung ataupun daring seperti masa pandemi saat ini, sehingga mahasiswa baru tidak dapat mengetahuinya secara detail. Aplikasi Augmented Reality (AR) dapat menjadi solusi untuk membuat pengenalan yang lebih jelas lagi ketimbang video. Metode pada aplikasi AR yang digunakan yaitu Markerless Augmented Reality (User Defined Target). Aplikasi ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman C# dan metode pengembangan Rapid Application Development. Tujuan dari penelitian dan pembuatan aplikasi ini yaitu memudahkan penggunanya (mahasiswa baru) untuk mendapatkan informasi mengenai lingkungan kampus. Pengguna dapat dengan mudah melihat fasilitas yang ada di Program Studi Sistem Informasi, denah gedung kampus IV UINSU Medan dan denah ruangan FST UINSU Medan secara langsung dari smartphone mereka dimana saja dan kapan saja tanpa harus bertanya ke bagian petugas di sekitar kampus. Informasi yang disampaikan pada aplikasi ini baik, mudah dan lancar digunakan serta pengujian mendapatkan hasil yang baik.

Kata Kunci: Augmented Reality, Media Pengenalan, Prodi Sistem Informasi, User Defined Target.

Referensi

A. K. Pamoedji, Maryuni, dan R. Sanjaya, Mudah Membuat Game Augment Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) dengan Unity 3D. Bandung: Elex Media Komputindo, 2017.

A. Ismayani, Membuat Sendiri Aplikasi Augmented Reality. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2020.

Z. C. Rawis, V. Tulenan, dan B. A. Sugiarso, “Penerapan Augmented Reality Berbasis Android Untuk Mengenalkan Pakaian Adat Tountemboan,” J. Tek. Inform., vol. 13, no. 1, hal. 30–37, 2018.

A. H. Pujabaladika dan L. Anifah, “Marker Based Tracking Augmented Reality pada Brosur Jurusan Teknik Informatika Universitas Negeria Surabaya,” JINACS (Journal Informatics Comput. Sci., vol. 01, no. 03, hal. 150–156, 2020.

D. Aji Pangestu, I. Fitri, dan Fauziah, “Augmented Reality Sebagai Media Pengenalan Dan Promosi Universitas Nasional,” J. Teknol. Inf., vol. 4, no. 1, hal. 35–42, 2020.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2016.

J. R. Sagala, “Model Rapid Application Development (RAD) Dalam Pengembangan Sistem Informasi Penjadwalan Belajar Mengajar,” J. Mantik Penusa, vol. 2, no. 1, hal. 87–90, 2018.

R. A. Putri, T. Triase, M. D. Irawan, A. B. Nasution, A. Muliani, dan M. Fakhriza, “Pelatihan Peningkatan Kemampuan Desain Grafis Siswa SMA Panti Asuhan Bani Adam As,” J. Abdi Mas Adzkia, vol. 1, no. 2, hal. 108, 2021.

A. Ikhwan, Sriani, dan D. Nofriansyah, “Penerapan Algoritma Apriori Untuk Menganalisa Transaksi Penjualan Untuk Promo Produk Furniture Jepara,” in Konferensi Nasional Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2015, no. 1, hal. 19–24.

M Teguh Prihandoyo, “Unified Modeling Language (UML) Model Untuk Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web,” J. Inform. J. Pengemb. IT, vol. 3, no. 1, hal. 126–129, 2018.

Samsudin, “Perancangan Aplikasi Interactive Learning Berbasis Multimedia,” J. Iqra’, vol. 09, no. 01, hal. 126–142, 2015.

Jubilee, Blender Untuk Pemula. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2016.

Diterbitkan
2022-07-10
Bagian
Articles
PDF
Abstrak views: 801
downloads: 579