IMPLEMENTASI DESAIN INFORMASI VISUAL MELALUI INSTAGRAM MENGGUNAKAN METODE MDLC

IMPLEMENTATION OF VISUAL INFORMATION DESIGN VIA INSTAGRAM USING THE MDLC METHOD

  • Sri Mulyani Universitas Stikubank
  • Alif Budi Santoso BASARNAS Semarang
  • Hersatoto Listiyono Universitas Stikubank Semarang

Abstrak

Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan atau dikenal sebagai BASARNAS dalam melaksanakan tugas dan fungsi pokok di bidang pencarian dan pertolongan (search and rescue/SAR) membutuhkan media informasi dengan jangkauan yang luas agar semakin banyak masyarakat atau publik yang merasakan dampak dan manfaatnya. Penelitian ini lebih berfokus pada implementasi desain informasi yang lebih mudah dan menarik bagi masyarakat yang dapat diakses melalui media sosial Instagram. Desain informasi yang disajikan secara visual dengan menggunakan metode MDLC yang dikembangkan oleh Luther Sutopo diharapkan mampu menjawab tantangan yang dihadapi BASARNAS Semarang dalam hal menyebarkan informasi terkait dengan tugas, kegiatan dan even kepada masyarakat luas. Pada kegiatan penelitian ini dilakukan pengujian dengan menyebar kuesioner kepada 100 orang responden untuk menggali tanggapan atas desain informasi yang telah diunggah ke Instagram. Hasilnya mengungkapkan bahwa secara keseluruhan desain visual informasi yang disajikan menarik, mudah dimengerti. Warna yang digunakan kontras, dan Logo BASARNAS mudah ditemukan dalam desain tersebut.

Kata Kunci: desain, visual, informasi, BASARNAS, MDLC.

Referensi

Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang, “Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang,” Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang, 2016. https://semarang.basarnas.go.id/ (diakses Nov 12, 2022).

M. A. Hanindharputri, I. G. B. B. B. Ariesta, dan S. Utami, “Konten Visual Instagram Sebagai Upaya Branding Desa Wisata Saat Pandemi Covid-19,” J. Bhs. Rupa, vol. 6, no. 1, hal. 90–98, 2022, doi: 10.31598/bahasarupa.v6i1.1079.

S. Mayasari dan C. Indraswari, “Efektivitas Media Sosial Instagram Dalam Publikasi HUT Museum Nasional Indonesia (MNI) Kepada Masyarakat,” J. Komun., vol. 9, no. 2, hal. 190–196, 2018, [Daring]. Tersedia pada: https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom/article/view/4326.

A. J. Paskalina, A. Nirwana, dan D. P. Nugroho, “Perancangan Konten Visual Sebagai Media Promosi Pada Sosial Media Instagram Kafe Regina Di Kabupaten Tulungagung,” Sainsbertek J. Ilm. Sains Teknol., vol. 2, no. 1, hal. 159–175, 2021, doi: 10.33479/sb.v2i1.138.

T. A. Nugroho dan F. C. Azzahra, “Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Promosi Social Commerce Usaha Bro.Do,” J. Pustaka Komun., vol. 5, no. 1, hal. 136–149, 2022, doi: 10.32509/pustakom.v5i1.1883.

I. K. A. M. Putra dan K. A. D. Astina, “Pemanfaatan Media Instagram Multiple Post Sebagai Sarana Edukasi Berbasis Visual Bagi Warganet,” J. Nawala Vis., vol. 1, no. 2, hal. 113–121, 2019, [Daring]. Tersedia pada: https://jurnal.std-bali.ac.id/index.php/nawalavisual.

N. Thifalia dan S. Susanti, “Produksi Konten Visual Dan Audiovisual Media Sosial Lembaga Sensor Film,” J. Common, vol. 5, no. 1, hal. 39–55, 2021, doi: 10.34010/common.v5i1.4799.

L. Anisah dan P. A. Sunarya, “Desain Komunikasi Visual Sebagai Media Informasi,” Cerita, vol. 4, no. 1, hal. 76–85, 2018.

T. P. S. Aldina Ramadhanti Pramestiningrum, “Komunikasi Visual: Feed Instagram @Yurezakina Dalam Membangun Self-Image,” vol. 02, no. 03, hal. 1–23, 2022.

S. Sukri dan W. Rahmalina, “Faktor Yang Mempengaruhi Promosi Dan Informasi Wisata Pulau Cinta,” Rabit J. Teknol. dan Sist. Inf. Univrab, vol. 4, no. 1, hal. 40–48, 2019, doi: 10.36341/rabit.v4i1.557.

D. Septian, Y. Fatman, S. Nur, U. Islam, dan N. Bandung, “Implementasi Mdlc (Multimedia Development Life Cycle) Dalam Pembuatan Multimedia Pembelajaran Kitab Safinah Sunda,” J. Comput. Bisnis, vol. 15, no. 1, hal. 15–24, 2021.

Mustika, “Rancang Bangun Aplikasi Sumsel Museum Berbasis Mobile Menggunakan Metode Pengembangan Multimedia Development Life Cycle (Mdlc),” J. Mikrotik, vol. 8, no. 1, hal. 1–14, 2018.

Diterbitkan
2023-07-10
Bagian
Articles
PDF
Abstrak views: 339
downloads: 333