FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PROMOSI DAN INFORMASI WISATA PULAU CINTA

Pulau Cinta, SEM, Proposisi, Informasi

  • sukri sukri Universitas Abdurrab
  • Widya Rahmalina Universitas Abdurrab

Abstrak

Sektor pariwisata merupakan sektor yang potensial dikembangkan sebagai usaha pendapatan asli daerah, maka program pengembangan dan pendayagunaan sumber daya dan potensi pariwisata daerah diharapkan dapat memberikan sumbangan bagi pembangunan ekonomi. Salah satu parawisata yang dapat menunjang perekonomian daerah yang terdapat di Riau adalah Pulau Cinta yang terdapat di Desa Teluk Jering kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Jumlah pengungung di Pulau Cinta mencapai 9000 Orang setiap bulan. Untuk mempertahankan jumlah kunjungan dengan tercapainya target yang di inginkan, maka perlu suatu analisa faktor yang mempengaruhi promosi dan informasi agar pengunjung tetap mengunjungi pulau cinta. Promosi dan informasi merupakan faktor yang akan menjadi peran penting dan pendukung untuk menambah pengunjung mengunjungi Pulau Cinta. Dengan demikian dapat digunakan model Structure Equation Modeling (SEM) untuk menentukan faktor yang mempengaruhi promosi dan informasi yang menjadi unggulan di pulau Cinta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model SEM yang dibangun dapat diterima karena memenuhi beberapa uji kelayakan model yang menyatakan bahwa model good-fit. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa faktor daya tarik seperti keindahan alam dan kebersihan dan faktor penunjang berupa sarana dan prasarana berpengaruh positif terhadap promosi dan informasi. Sedangkan faktor keamanan, aksesbilitas, dan infrastruktur patut mendapat perhatian dari pengelola wisata

Kata Kunci: Pulau Cinta, SEM, Proposisi, Informasi
Diterbitkan
2019-01-10
Bagian
Articles
PDF
Abstrak views: 620
downloads: 514

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##