ANALISIS FAKTOR PENGARUH TERHADAP KEPERCAYAAN MANAJEMEN PENGGUNAAN BASIS DATA DALAM LAYANAN BISNIS UMKM DI INDONESIA

ANALYSIS OF INFLUENCE FACTORS ON MANAGEMENT TRUST IN USING DATABASES IN MSME BUSINESS SERVICES IN INDONESIA

Penulis

  • Muhamad Dody Firmansyah Universitas Internasional Batam
  • Henry Yono Zhang Universitas Internasional Batam

DOI:

https://doi.org/10.36341/rabit.v10i1.5634

Kata Kunci:

Big Data, Teknologi, Data base, kualitatif, Spss

Abstrak

Kepercayaan manajemen terhadap pemanfaatan basis data dalam layanan bisnis berperan penting dalam mendukung pertumbuhan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) di Indonesia. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan manajemen terhadap penggunaan basis data pada layanan bisnis UMKM di Indonesia. Faktor-faktor yang ditinjau meliputi keamanan data, keandalan, reputasi, integritas, dan keterbukaan. Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini adalah sulitnya membangun kepercayaan terhadap penggunaan basis data, terutama dampaknya dalam dunia bisnis yang semakin kompetitif. Penelitian ini menggunakan metode campuran yang terdiri dari metode kuantitatif dan kualitatif untuk memperoleh hasil yang lebih komprehensif. Total data kuantitatif yang diperoleh dari kuesioner berjumlah 290 responden dan data kualitatif yang diperoleh dari wawancara berjumlah 40 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode cluster random purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak SPSS untuk menganalisis hubungan data antar variabel yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara kuantitatif keamanan data, keandalan, reputasi dan keterbukaan mempunyai pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan kepercayaan manajemen, sedangkan integritas tidak mempunyai pengaruh yang signifikan. Secara kualitatif, keamanan data dan reputasi berpengaruh terhadap kepercayaan pengguna, sedangkan keandalan, integritas, dan keterbukaan tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan. Penelitian ini dapat memberikan pemahaman penting bagi UMKM di Indonesia bahwa peningkatan keamanan data dan reputasi dapat meningkatkan kepercayaan manajemen terhadap penggunaan basis data dalam layanan bisnis. Penelitian ini diharapkan dapat membantu UMKM mengoptimalkan pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan layanan bisnis mereka.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Muhamad Dody Firmansyah, Universitas Internasional Batam

Sistem Informasi

Referensi

D. R. Wardhani, “Dukungan Database dalam Membangun Website Dinamis yang Interaktif,” Fakt. Exacta, vol. 4, no. 1, pp. 29–36, 2011, [Online]. Available: https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor_Exacta/article/view/33.

W. U. Gea, R. Rahmatillah, M. A. Hasanah, I. Andinata, and Nurbaiti, “Pemanfaatan Basis Data, Perangkat Lunak dalam Meningkatkan Produktivitas Perusahaan,” J. Sains dan Teknol., vol. 3, no. 3, pp. 239–244, 2023, doi: 10.47233/jsit.v3i2.925.

S. Nur Islami and M. Dody Firmansyah, “Evaluasi UI/UX dari Aplikasi Ikmas dengan Menggunakan Metode Design Thinking dan Pengujian Pengguna,” Rabit J. Teknol. dan Sist. Inf. Univrab, vol. 9, no. 1, pp. 29–38, 2024, doi: 10.36341/rabit.v9i1.4116.

S. T. Nurhayati, M. Irwan, and P. Nasution, “Database Management System pada Perusahaan,” J. Akunt. Keuang. dan Bisnis, vol. 1, no. 2, pp. 62–64, 2023, [Online]. Available: https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jakbs/index.

Z. Indra and L. Trisnawati, “Pengembangan Intelligent Data Collector untuk Analisis Big Data Artikel Berita Online,” Rabit J. Teknol. dan Sist. Inf. Univrab, vol. 3, no. 1, pp. 47–57, 2018, doi: 10.36341/rabit.v3i1.388.

A. Sudarso, “Pemanfaatan Basis Data, Perangkat Lunak dan Mesin Industri dalam Meningkatkan Produksi Perusahaan (Literature Review Executive Support System (Ess) for Business),” J. Manaj. Pendidik. dan Ilmu Sos., vol. 3, no. 1, pp. 1–14, 2022, doi: 10.38035/jmpis.v3i1.

R. Randy Saputra, A. Sukmaaji, and E. Rahmawati, “Penerapan Metode Gross Pajak pada Aplikasi Penggajian Berbasis Web pada UMKM Kantin Tante,” Rabit J. Teknol. dan Sist. Inf. Univrab, vol. 9, no. 1, pp. 120–130, 2024, doi: 10.36341/rabit.v9i1.3651.

A. Primadewi, T. A. Purnomo, and D. Sasongko, “Analisa Perancangan Sistem Pengelolaan Data UMKM berdasarkan Business Intelligence Development Model Framework,” J. Sist. Komput. dan Inform., vol. 3, no. 2, pp. 209–215, 2021, doi: 10.30865/json.v3i2.3587.

A. Wahab, M. Razak, and M. Hidayat, “Pengaruh Modal Usaha, Promosi dan Manajemen Usaha terhadap Keberhasilan Usaha pada UMKM di Kabupaten Memuju,” Bisnis Kewirausahaan JBK, vol. 13, no. 2, pp. 198–211, 2024, [Online]. Available: https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/jbk.

A. N. Jannah and E. Triyanto, “Analisis Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Informasi Akuntansi Berbasis E- Commerce Pada Umkm,” J. Akunt., vol. 16, no. 1, pp. 8–15, 2021, doi: 10.37058/jak.v1i1.2800.

Yulianingsih, “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan UMKM Melalui Pendekatan Faktor Internal dan Faktor Eksternal,” J. Sos. Hum., vol. 12, no. 1, pp. 98–108, 2021.

I. Fathni, Basri, S. Zulaika, and R. S. Dewi, “Pengaruh Kebijakan Privasi, dan Tingkat Kepercayaan Pada Platform Digital terhadap Perilaku Pengguna dalam Melindungi Privasi Online di Indonesia,” Sanskara Huk. dan HAM, vol. 2, no. 02, pp. 118–126, 2023, doi: 10.58812/shh.v2i02.305.

Nurhatinah, “Pengaruh Keamanan, Privasi, dan Reputasi terhadap Kepercayaan Konsumen Online Shopping di Kota Padang,” J. Ecogen, vol. 1, no. 1, pp. 206–217, 2018, doi: 10.24036/jmpe.v1i1.4740.

J. Adityansyah, “Pengaruh Reputasi dan Kualitas Layanan terhadap Kepercayaan Pelanggan PT. Artindo Megah Steel,” J. Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan, vol. 3, no. 1, pp. 15–20, 2023, doi: 10.55606/jumbiku.v3i1.1072.

N. Afiah, “Pengaruh Keamanan, Reputasi dan Pengalaman terhadap Trust Pengguna Internet untuk Bertransaksi Secara Online,” JEKPEND J. Ekon. dan Pendidik., vol. 1, no. 2, pp. 58–65, 2018, doi: 10.26858/jekpend.v1i2.7256.

D. Firmansyah, “Pengaruh Pengalaman, Privasi, Reputasi, dan Keamanan Terhadap Kepercayaan (Trust) Pengguna Internet Dalam Melakukan Transaksi Jual Beli Online (studi empiris pada masyarakat di surakarta),” Dr. Diss. Univ. Muhammadiyah Surakarta, pp. 1–15, 2017.

D. Kehagias, M. Jankovic, M. Siavvas, and E. Gelenbe, “Investigating the Interaction between Energy Consumption, Quality of Service, Reliability, Security, and Maintainability of Computer Systems and Networks,” SN Comput. Sci., vol. 2, no. 23, pp. 1–6, 2021, doi: 10.1007/s42979-020-00404-8.

T. Terui, Y. Minamiyama, and K. Yamaji, “Possibility and Prevention of Inappropriate Data Manipulation in Polar Data Journal,” Proc. - 2019 8th Int. Congr. Adv. Appl. Informatics, IIAI-AAI 2019, no. January 2017, pp. 395–399, 2019, doi: 10.1109/IIAI-AAI.2019.00087.

C. Wiencierz and M. Lünich, “Trust in open data applications through transparency,” New Media Soc., vol. 24, no. 8, pp. 1751–1770, 2022, doi: 10.1177/1461444820979708.

Kelvin and M. D. Firmansyah, “Analisis Faktor Pengaruh Terhadap Kepuasan Penggunaan Jasa Logistik Online: Studi Kasus Maxim di Kota Batam,” J. Sisfokom (Sistem Inf. dan Komputer), vol. 11, no. 3, pp. 357–366, 2022, doi: 10.32736/sisfokom.v11i3.1506.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-01-30

Cara Mengutip

[1]
M. D. Firmansyah dan H. Y. Zhang, “ANALISIS FAKTOR PENGARUH TERHADAP KEPERCAYAAN MANAJEMEN PENGGUNAAN BASIS DATA DALAM LAYANAN BISNIS UMKM DI INDONESIA: ANALYSIS OF INFLUENCE FACTORS ON MANAGEMENT TRUST IN USING DATABASES IN MSME BUSINESS SERVICES IN INDONESIA”, rabit, vol. 10, no. 1, hlm. 139–157, Jan 2025.

Terbitan

Bagian

Articles