REVIEW APLIKASI KREDIVO MENGGUNAKAN ANALISIS SENTIMEN DENGAN ALGORITMA SUPPORT VECTOR MACHINE

  • Agustin Agustin STMIK Amik Riau
  • Sahli Andrean STMIK Amik Riau
  • Susanti Susanti STMIK Amik Riau
  • Rahmiati Rahmiati STMIK Amik Riau
  • Hamdani Hamdani STMIK Amik Riau

Abstract

Kredivo adalah aplikasi kredit instan yang memberikan kemudahan untuk beli sekarang dan bayar nanti. Aplikasi ini juga dikenal dengan kartu kredit digital dimana peminjam dapat menggunakannya untuk belanja cicilan online. Selain digunakan untuk keperluan berbelanja, peminjam juga dapat mencairkan dalam bentuk uang tunai. Namun, tidak semua penggunanya merasa puas dengan pelayanan tersebut, terdapat banyak komentar yang salah satunya disampaikan melalui fitur ulasan aplikasi kredivo pada google play store. Oleh sebab itu, pada penelitian ini peneliti mencoba melakukan analisis sentimen review aplikasi kredivo pada google play store menggunakan algoritma support vector machine. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil analisis sentimen dengan mengklasifikasikan review menjadi positif atau negatif serta melihat seberapa tinggi nilai akurasi yang dihasilkan algoritma support vector machine. Dari pengujian yang dilakukan terhadap 10000 data review pengguna aplikasi kredivo pada google play store dengan pembagian data training dan testing 80:20, didapat bahwa review yang mengandung sentimen positif sebanyak 59% dan mengandung sentimen negatif sebanyak 41%. Evaluasi hasil klasifikasi dengan pengujian confusion matrix diperoleh nilai akurasi sebesar 87%, nilai precision sebesar 84%, nilai recall sebesar 85%, dan nilai f1 score sebesar 85%.

Keywords: kredivo, sentimen, support vector machine

References

P. Arsi And R. Waluyo, “Analisis Sentimen Wacana Pemindahan Ibu Kota Indonesia Menggunakan Algoritma Support Vector Machine ( Svm ) Sentiment Analysis On The Discussion Of Relocating I Ndonesia ’ S Capital City Using The Support Vector Machine ( Svm ),” Vol. 8, No. 1, Pp. 147–156, 2021, Doi: 10.25126/Jtiik.202183944.

F. F. Irfani, “Analisis Sentimen Review Aplikasi Ruangguru Menggunakan Algoritma Support Vector Machine,” Pp. 258–266, 2000.

A. Erfina Et Al., “Analisis Sentimen Aplikasi Pembelajaran Online Di Play Store Pada Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Algoritma Support Vector Machine,” Vol. 2020, No. Semasif, Pp. 145–152, 2020.

D. S. Utami And A. Erfina, “Analisis Sentimen Pinjaman Online Di Twitter Menggunakan Algoritma Support Vector Machine ( Svm ),” Pp. 299–305, 2021.

Z. Arisandi, Diki; Indra, “Mengidentifikasi Hoax Pada Hasil Pencarian Berita Online Dengan Teknik Web Scraping Dan Algoritma C4.5,” Rabit J. Teknol. Dan Sist. Inf. Univrab, Vol. 6, No. 2, Pp. 130–137, 2021.

D. T. Anggraeni, “Peramalan Harga Saham Menggunakan Metode Autoregressive Dan Web Scrapping Pada Indeks Saham Lq45 Dengan Python,” Rabit J. Teknol. Dan Sist. Inf. Univrab, Vol. 5, No. 2, Pp. 138–145, 2020.

U. Hendriyanto, Muhammad Diki ; Ridha, Azhari Ali ; Enri, “Analisis Sentimen Ulasan Aplikasi Mola Pada Google Play Store Menggunakan Algoritma Support Vector Machine Sentiment,” Vol. 5, 2022.

S. Khairunnisa And S. Al Faraby, “Pengaruh Text Preprocessing Terhadap Analisis Sentimen Komentar Masyarakat Pada Media Sosial Twitter ( Studi Kasus Pandemi,” Vol. 5, No. April, Pp. 406–414, 2021, Doi: 10.30865/Mib.V5i2.2835.

A. C. Fauzan And K. Hikmah, “Implementasi Algoritma Naive Bayes Dalam Analisis Polarisasi,” Vol. 7, No. 2, Pp. 122–128, 2022.

J. A. Septian, T. M. Fahrudin, And A. Nugroho, “Analisis Sentimen Pengguna Twitter Terhadap Polemik Persepakbolaan Indonesia Menggunakan Pembobotan Tf - Idf Dan K - Nearest Neighbor,” Pp. 43–49.

M. K. Anam, T. Arita, And M. Bambang, “Sentiment Analysis For Online Learning Using The Lexicon-Based Method And The Support Vector Machine Algorithm,” Vol. 15, No. 2, Pp. 290–302, 2023.

B. R. Pratama, M, O; Satyawan, W; Jannati, R;Pamungkas And E. N. Syahputra, M, “The Sentiment Analysis Of Indonesia Commuter Line Using Machine Learning Based On Twitter Data The Sentiment Analysis Of Indonesia Commuter Line Using Machine Learning Based On Twitter Data,” Iop Conf. Ser. J. Phys. Conf. Ser., 2019, Doi: 10.1088/1742-6596/1193/1/012029.

A. Rahman, Oryza, Habibie; Abdillah, Gunawan; Komarudin, “Klasifikasi Ujaran Kebencian Pada Media Sosial Twitter Menggunakan Support Vector Machine,” J. Resti (Rekayasa Sist. Dan Teknol. Informasi), Vol. 5, No. 1, Pp. 17–23, 2021.

A. R. Isnain Et Al., “Sentimen Analisis Publik Terhadap Kebijakan Lockdown Pemerintah Jakarta Menggunakan Algoritma Svm,” Vol. 2, No. 1, Pp. 31–37, 2021.

D. Sinaga And C. Jatmoko, “Analisis Sentimen Untuk Mengetahui Kesan Player Game Mobile Legends Menggunakan Naïve Bayes Classifier,” Vol. 0, Pp. 540–547, 2020.

Qadrini L, Sepperwali A, And Aina A, “Decision Tree Dan Adaboostpada Klasifikasi Penerima Program Bantuan Sosial,” Decis. Tree Dan Adab. Pada Klasifikasi Penerima Progr. Bantu. Sos., Vol. 2, No. 7, Pp. 1959–1966, 2021.

Published
2023-12-27
How to Cite
[1]
A. Agustin, S. Andrean, S. Susanti, R. Rahmiati, and H. Hamdani, “REVIEW APLIKASI KREDIVO MENGGUNAKAN ANALISIS SENTIMEN DENGAN ALGORITMA SUPPORT VECTOR MACHINE”, rabit, vol. 9, no. 1, pp. 39-49, Dec. 2023.
Section
Articles
PDF (Bahasa Indonesia)
Abstract views: 213
downloads: 131